Jkt_Jazz Modifikasi_astrabonardo 1Istilah ”Blacktop” mengingatkan pada gitar bass hitam keluaran Fender yang memang dikhususkan untuk musik Jazz. Instrumen khas tersebut dikenal dengan suara agresif, tebal, dan berat. Kesamaan itu agaknya dimiliki oleh Honda Jazz RS Black Top.

Aryo Prayoga, 31, memandang lekat mobil di hadapannya. All New Honda Jazz RS dengan velg hitam 16 inci yang kontras dengan warna bodi berkelir putih. Mobil tersebut memang bukan Jazz RS biasa. Melainkan model Black Top yang memiliki penambahan fitur cukup signifikan di sektor eksterior, interior, serta fitur keselamatan.

Ibarat kuda jantan stallion, Jazz RS Black Top tampak menonjol dibanding model Jazz lain yang dipamerkan di booth Honda di Hall D3, JIExpo, Jakarta itu. ”Kelihatan garang dan agresif,” ungkap Aryo, yang bekerja di perusahaan oil and gas di kawasan SCBD, Jakarta.

Aryo mengaku memiliki sejarah manis dengan Honda Jazz keluaran 2004. Mobil itu menemaninya menghabiskan masa akhir kuliah di Bandung. Ia sempat menjual mobilnya, menempuh pendidikan S2 dan bekerja selama beberapa tahun di Amerika, sebelum kembali ke Indonesia.

Kini, pria pehobi sepeda dan traveling yang telah berkeluarga itu berencana untuk kembali membeli sebuah Jazz. ”Selain ingin membangkitkan memori lama, saya juga ingin terlihat lebih muda,” katanya sambil tertawa. Ia tertarik dengan Jazz RS Black Top karena dirilis terbatas. ”Ibarat mainan, ini collector’s item,” tawanya kembali meledak.

Hanya 300 Unit
Jkt_Jazz Modifikasi_astrabonardo 2Jazz RS Black Top memang dirilis terbatas. Hanya tersedia 300 unit di seluruh Indonesia. Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida mengatakan, mobil seharga Rp268 juta (lebih mahal 20 juta dari model RS standar) tersebut ditujukan bagi konsumen yang menginginkan Jazz yang lebih unik, agresif, aman, sekaligus sporty.

Keunikan Jazz RS Black Top bisa dilihat dari tampilannya. Paduan warna two tone crystal black di bagian atap dan bodi white orchid membuatnya terlihat lebih agresif dan sporty. Atap belakangnya terlihat catchy dengan antena berbentuk sirip hiu warna hitam. Bagian kaki-kaki, seperti yang disebutkan diatas, mendapat sentuhan istimewa berupa velg Modulo hitam 16 inci. Ada juga penambahan aksesoris standar side skirt dan rear spoiler.

Interior mobil pun banyak mengalami penambahan. AS Seatbelt Warning akan mengingatkan penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman. Ada pula Grab Rail di sisi pengemudi. Tapi yang paling menarik adalah sistem audio 7 inci yang dapat melakukan mirroring iPhone 5 dan 5s. Artinya, tampilan menu di iPhone terlihat di layar di dashboard mobil. Pengguna dapat memanfaatkan langsung aplikasi yag ada di iPhone seperti Waze, Google Maps, YouTube hingga browser internet di layar mobil.

Keamanan Jazz RS Black Top juga lebih lengkap dibanding Jazz RS standar. Karena sudah dibekali fitur Vehicle Stability Assist, Emergency Stop Signal, serta Side Curtain Airbags dan Side Airbags. Jika ditotal, mobil ini memiliki 6 airbags.

Pemimpin Satu Dekade
Perjalanan sukses Honda Jazz tak tepisahkan dengan perkembangan Honda sendiri. Sejak hadir di Indonesia pada 2004, Jazz telah memicu tren baru mobil hatchback di pasar automotif nasional, menjadi tolak ukur dalam hal ukuran, tampilan, teknologi dan safety.

Hingga saat ini, mobil yang telah dipasarkan di 160 negara di seluruh dunia itu telah terjual sebanyak 5,16 juta unit (global) dan 234.516 unit di seluruh Indonesia (terhitung sejak Agustus 2014). Selama satu dekade, Jazz tidak tergoyahkan sebagai market leader di kelas hatchback.

Jazz generasi ketiga yang diluncurkan pada Juni 2014 silam juga dinilai mampu meneruskan ”legacy” dari model sebelumnya. Selain mengsung desain lebih sporty dan tegas, juga memiliki lebih banyak fitur “cool”. Mulai kabin lebih lapang dan fleksibel, hingga transmisi CVT berteknologi baru yang lebih responsif dan irit.

Pada Agustus 2014 silam, penjualan Honda Jazz tembus 3.103 unit, meningkat dari rata-rata 2000-an unit per bulan. Di sepanjang 2014 Jazz telah meraih 12.866 unit dengan pangsa pasar 35% di kelasnya. Ahli bidang automotif Suhari Sargo mengatakan, Honda Jazz memiliki reputasi dan imej yang sangat mapan. Itulah alasan mengapa mobil tersebut terus dipilih oleh konsumen.

Iklan