-Fotografi digital merubah cara kita untuk mengabadikan momen. Kini berfoto tidak hanya mudah, tapi juga cepat, dan berkualitas. Puluhan, bahkan ratusan foto digital bisa diambil dalam sehari dari smartphone, tablet, bahkan kamera digital. Tapi, dengan kemudahan itupun masih memunculkan masalah baru. Bagaimana mengatur dan mengorganisir foto yang banyak sekali itu supaya mudah disimpan dan ditemukan seandainya membutuhkan. Nah berikut adalah tipsnya:

Setting Waktu
Sepele tapi penting: selalu setel waktu di kamera atau smartphone dengan tepat. Sehingga akan mudah jika dikemudian hari Anda melakukan pencarian berdasarkan urutan waktu.

Pilih dan Hapus
Sebuah momen buka bersama bisa terdiri dari puluhan foto. Padahal, banyakmomen yang sama dan sebagian malah tidak fokus. Begitu sampai rumah, segera seleksi foto terbaik dan hapus yang sekiranya jelek.

Pengaturan Folder
An Apple iPad is pictured showing live television channels through software application for Verizon FiOS TV customers during a demonstration in New YorkMulai disiplin dalam mengatur folder foto. Anda bisa mengatur folder berdasarkan tanggal atau tahun (2014), momen (liburan), dan lainnya. Ini akan memudahkan dalam pencarian.

Selalu Salin
Anda bisa menyalin foto di dua tempat, offline dan online. Dua-duanya penting. Simpan foto offline di laptop atau komputer rumah dan selalu salin di HDD eksternal setiap sebulan sekali sebagai cadangan. Backup foto online juga dapat dilakukan secara otomatis melalui Google Photo, atau situs seperti Dropbox dan Flickr.

Aplikasi Manejemen Foto
Ada sejumlah aplikasi manajemen foto yang dapat diunduh secara gratis dan sangat berguna. Pengguna Macintosh bisa memanfaatkan iPhoto atau Picasa keluaran Google. Sementara pengguna Windows 8 silahkan memanfaatkan aplikasi Windows Live Photo Gallery.

Cetak Berkala
Tidak ada salahnya Anda mencetak foto secara berkala, misalnya setiap 6 bulan atau setahun sekali. Pilih foto yang Anda anggap terbaik dan silahkan pajang di rak di dinding atau buku foto yang bisa dilihat di ruang keluarga.

Kebiasaan
Seperti halnya memersihkan rumah atau berkebun, mengatur foto butuh kedisipilinan dan kesabaran. Apalagi jika foto Anda jumlahnya ribuan dan Anda sering traveling. Tapi, percayalah hal itu terbayar ketika Anda bisa tersenyum-senyum sendiri ketika melihat foto-foto Anda 5 tahun, atau bahkan satu dekade silam. Seperti kata pepatah, “things end. But memories last forever”.

Iklan