KimKim Kardashian: Hollywood bisa disebut anomali. Karena belum pernah ada game selebritis yang bisa sesukses ini. Sejak dirilis pada 25 Juni 2014 silam, Kim Kardashian: Hollywood langsung jadi hits. Game yang bisa diunduh cuma-cuma itu paling banyak diunduh di Apple App Store dan Google Play, mendapatkan rating bintang 5 dari ribuan pemain.

Bahkan, gara-gara Kim Kardashian: Hollywood itu pula saham Glu Mobile Inc selaku penciptanya naik hingga 42%.
CEO Glu Niccolo de Masi menyebut game tersebut sebagai pencapaian terbaik mereka tahun ini. ”Sebetulnya kami tidak terlalu terkejut. Selain Kim sangat berbakat, dia juga sangat cocok dengan mesin game yang memang kami desain secara khusus,” katanya.

Di Kim Kardashian: Hollywood pemain memang tidak berperan sebagai Kim. Namun, sebagai pendatang baru (disebut E-list) yang berusaha menanjak menjadi selebriti papan atas (A-list). Kim di game tersebut akan menjadi pemandunya. ”Berkencan dengan orang terkenal akan membuatmu mendapatkan fans,” contoh saran Kim.

Game yang ditujuka untuk remaja perempuan tersebut memang gratis. Tapi, begitu merasakan asyiknya, akan mudah untuk membeli berbagai item yang disediakan dengan metode “pembelian di dalam aplikasi”. Mulai sekadar pakaian baru, hingga “energi” yang dibutuhkan untuk meningkatkan status sosial pemain di Hollywood.

786924306582614820Yang termahal adalah paket USD99.99 atau Rp1,1 juta untuk mendapatkan 175.000 virtual dollar di game. Metode game free to play dengan model bisnis in-app purchases memang menguntungkan dibandingkan iklan.Tapi, sangat menantang karena hanya 3-4 persen pemain saja yang melakukannya. Untuk lebih tinggi dari itu, game harus benar-benar adiktif dan menarik.

786924309096276260De Masi menyebut game tersebut akan sangat menarik bagi fans Kim Kardashian. ”Entah fans yang hanya follower di Twitter atau Instagram, hingga yang cuma menonton show Kim. Mereka bisa berinteraksi dengan Kim sesukanya,” katanya.
Tracie Egan Morrissey, pemain game dari blog Jezebel mengatakan bahwa ia menghabiskan lebih dari Rp5 juta di Kim Kardashian: Hollywood dan bermain selama berhari-hari. ”Akhirnya di game saya menjadi selebriti A-list dengan 50 juta fans,” katanya lega.

Kim 2Glu Mobile yang berbasis di San Francisco memang sudah melantai di bursa saham sejak 2007. Tapi, kinerja perusahaan yang merilis 12-14 game setauhn itu terus menurun, dari USD14.67 pada 2011 menjadi USD6 di 2012.
Analis Douglas Creutz dari Cowen & Co memperkirakan Kim Kardashian: Hollywood minimal bisa merengguk angka USD200 juta (Rp2,4 triliun) secara total dari bisnis in-app purchases dan iklan. Jangan terkejut, karena memang industri mobile game sangat bergairah.

Peneliti TechNavio memperkirakan bahwa pasar mobile game global akan menembus angka USD24,3 miliar pada 2016 dari hanya USD9,3 miliar di 2012. Perusahaan game lainnya, King Digital Entertainment Plc, berhasil membukukan pendapatan sebesar USD1,9 miliar pada 2013 yang sebagian besar di dapat lewat satu game saja: Candy Crush Saga.

Iklan