Jkt_Mobilio RS_Astra Bonardo 3Mengusung label ”RS”, perombakan yang terjadi pada Honda Mobilio tidak sebatas kosmetik (facelift). Hampir semua desainnya berubah, hampir semua fiturnya ditambah. Inilah mobil yang mendefinisikan ulang bagaimana cara orang membayangkan sebuah MPV.

”RS” adalah label yang sebelumnya tersemat pada Honda Jazz. Label yang memiliki makna ”Everyday Sports” itu hanya disematkan pada mobil yang memiliki tampilan dan performa sporty, fitur lebih tinggi, serta utilitas untuk penggunaan sehari-hari.

Honda Mobilio sebenarnya sudah punya versi mewah, Prestige. Lalu, mengapa harus ada versi RS? Jawabnya, karena mamang tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

Awal bulan ini PT Toyota Astra Motor melakukan upgrade New Avanza Luxury dan New Avanza Veloz Luxury dengan sentuhan baru pada eksterior dan interior. Begitupun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sudah terlebih dulu merilis Suzuki Ertiga Sporty pada Maret 2014 silam.

Ini mengisyaratkan ada fragmentasi di market LMPV Indonesia. Ada segmen konsumen yang menginginkan varian yang lebih mewah, lebih elegan, lebih sporty, serta lebih banyak fitur. Dan segmen itu jelas jumlahnya tidak kecil.

Nah, PT Honda Prospect Motor (HPM) ingin ambil bagian di segmen tersebut lewat modal ini: menawarkan mobil yang mengalami perubahan tidak hanya sebatas kosmetik (facelift), melainkan menyeluruh (full model change).

Saat mendesain ulang mobil ini, misalnya, Large Project Leader (LPL) Honda Mobilio Atsushi Arisaka harus kembali turun lapangan untuk melakukan riset di pasar Indonesia. Berbagai masukan dari konsumen Indonesia lah adalah salah satu modal utamanya dalam Mendesain Mobilio RS yang sporty sekaligus elegan itu.

”Honda Mobilio RS memiliki kelasnya sendiri di pasar MPV,” ujar Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy.

Dari pandangan sekilas pun sudah terlihat bagaimana eksterior Mobilio RS berubah menjadi sangat sporty. Lihat saja penambahan berbagai aero kit seperti bemper depan dan belakang, side under spoiler, serta tailgate spoiler. Desain baru chrome grille jelas membedakan tipe RS dengan model lainnya. Begitu pun velg alloy wheel 15 inci yang sangat stylish.

Tapi, fitur paling menonjol Mobilio RS ada pada desain lampu depan baru yang kini menggunakan Projector Headlight dengan LED Light Guide yang banyak digunakan di mobil mewah. Masuk ke kabin, ada kesan ini: sporty, mewah, dan canggih.

Kesan sporty terlihat dari jok dan interior yang kini disepuh warna hitam. Sementara kesan mewah dan canggih muncul dari layar monitor 6.1 inci, tuas kemudi dengan tombol audio, kamera belakang, speaker dengan Tweeter, serta sistem pengunci otomatis. Mobil yang tersedia dalam 7 warna itu ibarat Honda Mobilio standar yang mendapat sentuhan ”Pimp My Ride” dari PT HPM.

Honda Mobilio RS ditargetkan terjual hingga 20 ribu unit hingga akhir 2014 nanti. Target itu tentu tidak berlebihan mengingat total penjualan Honda Mobilio sendiri saat ini masih ”ngebut”.

Di segmen LMPV yang telah di dominasi model lama, Mobilio tidak hanya diterima dengan baik. Namun menjadi model terlaris. Mobil tersebut sudah terjual 35.550 unit pada Januari-Mei 2014, mengakomodir 22 persen market share LMPV di Indonesia, menjadi market leader di kota seperti Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Honda Mobilio RS sendiri menarik konsumen yang sedikit berbeda dibanding model Mobilio sebelumnya. ”Targetnya adalah pria, berkeluarga, dengan pendapatan Rp220 juta pertahun yang ingin tampil sporty dan mewah,” ujar Jonfis. Atau, bisa juga pemilik LMPV yang ingin melakukan upgrade terhadap mobilnya.

Dengan banderol Rp203,5 juta (manual) dan Rp214 juta (CVT), Mobilio RS sangat kompetitif dibandingkan kompetitornya. ”Bedanya bisa Rp60 juta-Rp70 juta dengan MPV standar,” katanya. Melalui Honda Mobilio, PT HPM terbukti mampu mengoyak pasar LMPV dibawah Rp200 juta. Nah, dengan Mobilio RS yang dipasarkan di rentang Rp200 jutaan, sulit menyebut bahwa segmen MPV dibawah Rp300 juta tidak akan terpengaruh.

Mengenal Honda Mobilio RS
Jkt_Mobilio RS_Astra Bonardo 2Konsep
Honda Mobilio RS mengusung konsep sebuah MPV elegan dengan tampilan mewah, performa sporty, serta fitur canggih.

Penamaan RS
Label RS di produk Honda digunakan untuk varian berkonsep ”Everyday Sports”. Yakni kombinasi tampilan dan performa sporty dengan fitur lebih tinggi dan utilitas untuk penggunaan sehari-hari. Konsep tersebut terlebih dulu diadopsi oleh Honda Jazz RS.

Desain
03 Rear - 1 Perancangan Honda Mobilio RS berasal dari Honda R&D, berdasarkan masukan dari kebutuhan target market di Indonesia.

Segmentasi
Honda Mobilio RS
Rp214 juta CVT dan Rp203.5 juta MT

Honda Mobilio Prestige CVT
Rp200 juta

Honda Mobilio E
Rp191,5 juta CVT dan Rp181 juta MT

Honda Mobilio S
Rp161,5 juta MT

Mobilio RS menargetkan LMPV upgrader yang ingin beralih ke MPV.
Pasar LMPV 2004-2013 : 1.728.194 unit
Pasar LMPV 2013 : 332.971 unit

Kompetitor:
Toyota Avanza Luxury
Suzuki Ertiga Sporty

Target Penjualan:
Selama Januari-Mei 2014, Honda Mobilio terjual 35.550 unit, posisi kedua segmen low MPV dengan pangsa pasar 22%. Honda Mobilio RS sendiri ditargetkan terjual 20.000 unit hingga akhir 2014. Hingga akhir Mei 2014, penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menembus 65.000 unit, naik 56% dari tahun lalu. Kontribusi terbesar berasal dari Honda Mobilio.

Pembaruan Honda Mobilio RS
Honda Mobilio RS disebut “full model change”, bukan facelift (perubahan minim). Berikut adalah alasannya:

Exterior
• Projector Headlight + LED Lightguide
• Chrome Grill
• Sporty Front Bumper
• Sporty Under Spoiler
• Sporty Rear Bumper
• Roof Moulding Garnish
• New Design 15” Alloy Wheel

Interior
• Black Color Interior
• Advanced AV system with 6.1” touchscreen
• Steering Swith Audio Control
• Tweeter Speakers
• Rear Camera
• Auto Lock System by Speed
Audio Panel

Front chrome grill

Mobilio Auto Trans

layarKATALOG

Twitter

depan b KATALOG_New

cockpit AT transmission

Brifcase bagage

Audio Swicth Control

Iklan