SPAIN-TECHNOLOGY-MOBILE-WORLD-CONGRESSSulit untuk tidak tertarik dengan penyegaran yang dilakukan Sony pada model flagship Xperia Z2. Perombakannya spesifikasinya total, sedangkan penambahan fiturnya menyeluruh.

Xperia Z2 diluncurkan dalam jeda tak terlalu lama dengan pendahulunya, Z1, yang resmi menyapa pasar pada Oktober 2013. Bedanya hanya 6 bulan (peluncuran Z2 di Indonesia terlambat 1 bulan). Bahkan Xperia Z3 pun sudah diprediksi akan menyapa pasar dalam 6 bulan kedepan.

Tapi, jangan dikira hal ini lantas membuat harga ponsel Sony jatuh. Justru sebaliknya, Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita mengatakan bahwa keluarga produk paling premium Sony, Xperia Z, justru sangat likuid.

”Lihat saja Xperia Z yang masih terus diminati pasar hingga 14 bulan. Padahal, normalnya lifecycle ponsel adalah 10 bulan,” ujar Ika.

Penerus Xperia Z, Xperia Z1, juga mendapat respon sangat baik. Begitu pula model terbaru Z2 yang pemesanan selama pre-order pada 5 Mei-12 Mei 2014 silam mencapai lebih dari 1.000 unit. Penjualan perdana Z2 pada Sabtu (17/5) silam pun terpaksa ditutup sebelum waktunya. ”Karena animonya luar biasa,” beber Ika.

Permintaan Xperia Z2 secara global memang sangat tinggi. Begitu tingginya, hingga jadwal rilis Xperia Z2 di beberapa negara, termasuk Indonesia terpaksa harus mundur selama satu bulan.

Menurut Ika, Xperia Z2 yang dibanderol Rp8.499.000 itu memang memiliki daya tarik lebih tinggi dibanding model sebelumnya. Terutama karena dua hal. Pertama adalah peningkatan spesifikasi yang cukup drastis dibanding model sebelumnya. Misalnya penggunaan prosesor baru, layar lebih besar, bodi lebih ringan, baterai meningkat menjadi 3.200 mAh, hingga teknologi isolasi suara yang hanya ada di produk earphone premum.

Kedua, penawaran konten yang diberikan Sony termasuk lebih unggul dibanding kompetitor berkat sinergi dengan Sony Entertainment. Misalnya saja fasilitas unduh film blockbuster gratis lewat fitur Privilage Movies, konten esklusif album terbaru Xscape milik Michael Jackson, juga bebas unduh 500.000 lagu gratis selama 6 bulan lewat Sony Music Jive.

Langkah Sony di Indonesia, sudah semakin mantap. Saat ini mereka sudah menduduki posisi dua pasar smartphone di Indonesia setelah Samsung. Tahun ini, mereka juga akan gencar memasarkan wearable device seperti SmartWear.

”Tahun ini Sony Mobile berkomitmen memberi pengalaman lebih besar, lebih berani dan lebih baik lagi ke konsumen,” tandas Oky Gunawan, Deputy Head of Market Sony Mobile Communications Indonesia. Danang arradian

Fitur Unggulan Sony Xperia Z2

Kamera
Sony-Xperia-Z2-Waterproof Kamera Xperia Z2 memiliki tiga fitur pembeda dibanding kompetitor. Pertama, kamera 20.7 MP dengan autofocus dan LED flash jauh diatas rata-rata smartphone premium yang berkisar antara 8 MP hingga 12 MP.
Kamera tersebut menggunakan sensor citra CMOS Exmor RS tipe 1/2.3 yang prima di pencahayaan rendah. Terutama ketika dipadu lensa G berbukaan f2.0 dan fitur steady shot (image stabilizer) yang mampu meredam goyangan.
Kedua, Z2 juga mampu merekam video 4K (3840×2160/30p) yang mengusung detail 4 kali lebih tinggi dibanding resolusi HD. Terakhir, dukungan aplikasi bawaan kamera Z2 yang disebut “+ apps” sangat banyak dan beragam. Mulai efek Augmented Reality (AR) hingga sinergi langsung dengan aplikasi seperti Evernote.

Layar
sony-xperia-z2 layar Layar 5,2 inci Z2 sedikit lebih besar dari Z1 yang 5 inci. Teknologi Triluminos HD dan LED Live colour diadopsi dari TV Bravia terbaru. Layar menggunakan resolusi X-Reality 1080 x 1920 piksel dan kepadatan 424 ppi itu optimal dalam ketajaman dan kontras. Teknologi sentuhnya memakai panel In-plane switching (IPS) LCD, lebih baik dibanding TFT yang dipakai Xperia Z dan Z1. IPS Mempertahankan ketajaman kayar kendati dilihat dari sudut berbeda.

Desain
Sony-Xperia-Z2 designDesain khas Omni-Balance keluarga Xperia Z mencapai level baru pada Z2. Layar Z2 lebih besar, tapi beratnya justru lebih ringan 7 gram dibanding Z1, juga termasuk tipis dengan ketebalan hanya 8,2 mm. Rangka-nya sangat kokoh karena mengusung frame aluminium tunggal. Bezel tipis dan simetris, serta lapisan tempered glass hitam di depan dan belakang menambah kesan premium.

Peredam Suara
xperia-z2-nc31em-dnc-headset-mdr-f5998a7cb7a1a1fe77228bb4eb774fc0-620 Z2 mengusung speaker stereo ganda dan software ClearAudio+ untuk memaksimalkan fitur musik. Headset peredam derau digital MDR-NC31EM membantu mengurangi 98% suara ambiens (memangkas suara sekeliling). Ada juga fitur S-Force Front Surround yang maksimal saat dipakai menonton film atau game.

Performa Tinggi
snapdragon-800-series-chip-960_678x452Z2 adalah ponsel dengan performa terbaik di pasar saat ini. Prosesornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 801 terbaru dengan CPU Krait quad core 2,3 GHz, GPU Adreno 330 untuk performa cepat dan grafis kaya. Didukung pula oleh RAM 3GB, koneksi LTE 4G, serta baterai 3.200 mAh.

Anti Air dan Debu
sony-xperia-z2-smartphone-water-spill,K-9-429705-22 Sertifikasi IP55 dan IP58 memang sudah jadi fitur andalan Xperia Z2, yang bahkan ditiru Samsung Galaxy S5. Nyatanya, fitur tersebut sangat digemari karena memberikan kenyamanan bagi pengguna. Mereka tidak takut lagi sewaktu ponsel terekspose air. Z2 bisa “direndam” di air sedalam 1 meter selama 30 menit.

Dukungan SmartWear
Sony SmartbandSony Mobile Communications Indonesia Indonesia pernah memboyong Smartwatch 2 melalui toko aksesoris Wellcomm Shop Peminatnya ternyata cukup baik. Selanjutnya, vendor asal Jepang itu berniat serius di perangkat wearable mereka yang disebut SmartWear. Perangkat seperti Smartband, misalnya, akan segera dijual di Indonesia. “Kebutuhannya sudah ada,” kata Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita.

PlayStation
footer Salah satu fitur menarik Xperia Z2 bagi penggemar game adalah bagaimana perangkat tersebut bersinergi dengan PlayStation. Z2 bisa terhubung langsung dengan kontroler DualShock 3 milik PlayStation 3.

Konten Eksklusif
michael-jackson-xscape-tracklist-1 Pengguna Z2 berkesempatan untuk mengunduh lagu terbaru milik mendiang King of Pop Michael Jackson yang bertajuk ”Xscape”. Juga, konten eksklusif lain yang disediakan Sony seperti mengunduh 6 film blockbuster di Privilage Movies, dan koleksi 500.000 lagu di Sony Music Jive yang bisa diunduh gratis selama 6 bulan.

Iklan