SPAIN-TECHNOLOGY-MOBILE-WORLD-CONGRESS-NOKIAAkhirnya Nokia Indonesia membawa lini produk Nokia X yang menggunakan sistem operasi Android ke Indonesia. Bagaimana prediksinya?

Nokia X yang pertama diumumkan oleh Stephen Elop di Mobile World Congress (MWC) 2014 silam langsung mengundang perhatian. Banyak yang penasaran terhadap ponsel yang mencampur Android, Nokia, dan Microsoft itu.

Kamis (27/3) silam, Nokia Indonesia akhirnya mengumumkan bahwa keluarga Nokia X akan secara resmi di jual di Indonesia pada 12 April 2014 mendatang. Nokia X dibanderol Rp1,6 juta.
Kendati demikian, dua model keluarga Nokia X lainnya, Nokia X+ dan Nokia XL belum akan dipasarkan di Indonesia.

Kehadiran Nokia X ini akan membawa kesegaran baru bagi Nokia di Indonesia. Vendor yang pernah memimpin pasar Indonesia itu babak belur lewat datangnya smartphone Android.

Sistem operasi Windows Phone, walau di Indonesia terus tumbuh, tapi hanya bagian kecil dari Android yang diperkirakan tahun ini semakin dominan. Nama besar Nokia, sistem operasi Android, fitur bernilai tambah Microsoft, serta harga yang terjangkau seharusnya sudah bisa membuat konsumen tertarik.

Ponsel yang hadir dengan pilihan warna merah, hijau, cyan, kuning, dan putih itu ditujukan untuk segmen pasar menengah ke bawah, yang sangat besar dan menjanjikan.

Presiden Direktur Nokia Indonesia William Hamilton-Whyte menjelaskan ada perbedaan antara Android yang digunakan di Nokia X dengan smartphone Android yang ada di pasaran, dimana Nokia hanya memanfaatkan lisensi Android Open Source Project (AOSP) dari Google yang bisa digunakan siapa saja secara gratis karena bersifat terbuka (open source).

Ada tiga hal yang harus dicatat disini. Pertama, karena Nokia tidak membeli lisensi layanan Google Mobile Service (GMS), maka layanan Google seperti Gmail, Youtube, Google Maps, Hangouts, Play Store, hingga jejaring sosial Google+ tidak secara otomatis terinstall di ponsel tersebut.

Sebaliknya, modifikasi yang dilakukan Nokia di Nokia X justru lebih banyak membenamkan fitur-fitur milik Microsoft dan Nokia yang sudah ada. Sebut saja Skype, Nokia Mix Radio, HERE Maps, hingga OneDrive.

Kedua, karena tidak bisa mengakses Play Store, maka pengguna Nokia X akan mengunduh aplikasi Android (yang telah dikurasi Nokia) di Nokia Store.

Sistem Nokia X tidak mendukung application programming interface (API) buatan Google. Sehingga aplikasi-aplikasi Android yang sebelumnya memanfaatkan API Google harus dimodifikasi terlebih dulu agar menggunakan API buatan Nokia. Dampaknya, banyak aplikasi di Play Store yang tidak tersedia di Nokia X.

Ketiga, secara user interface, modifikasi yang dilakukan Nokia terhadap Android 4.1.2 (Jelly Bean) di Nokia X mengarah ke desain Windows Phone dengan ikon kotak-kotak. Pengguna sedikit banyak harus membiasakan diri lagi.
Kendati demikian, Marketing Director Nokia Indonesia Jolaine Boyd menilai bahwa kehadiran Nokia X akan membuat banyak pengguna tertarik serta menaikkan pamor Nokia yang lama tenggelam.

“Ini saat tepat untuk memberi pilihan baru bagi smartphone Android terjangkau. Respon pasar Indonesia terhadap smartphone masih sangat tinggi,” ujarnya.

Hal serupa diungkapkan Product Manager Nokia Indonesia Wirda Haryany. “Belakangan Nokia lebih populer dengan feature phone di daerah-daerah. Nokia X diharapkan menggantikan peran tersebut dan pengguna kembali mencintai merk ini,” tambahnya.

Spesifikasi Nokia X
The Nokia X is shown at its unveiling at the Mobile World Congress in Barcelona
Sistem operasi: Android 4.1.2 (Jelly Bean) yang telah dimodifikasi oleh Nokia.
Dimensi: 115,5 mm (panjang), 63 mm (lebar), 10,4 mm (tebal), dan berat 128,7 gram
Layar: 4 inci WVGA (800 x 480)
Kamera: 3 MP (2.048×1.536 piksel).
Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4
RAM: 512 MB
Memori internal: 4 GB
Kartu memori: MicroSD 32 GB
Harga: Rp1.6 juta

Android Rasa Nokia dan Microsoft
– Jajaran Nokia X ada tiga: Nokia X, Nokia X Plus, dan Nokia XL. Baru Nokia X yang dirilis di Indonesia.

Toko aplikasi Nokia Store.
– Gerbang untuk mengunduh aplikasi Android di Nokia X, karena tidak ada Google Play. Pengguna juga bisa mengunduh aplikasi dengan cara lain.

Nilai Tambah Nokia X
Bonus media penyimpanan data online OneDrive 10 GB
Pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) sudah pre-loaded
Nokia Mix Radio
HERE Maps
Fastlane, fitur akses cepat ke aplikasi favorit
Sentuhan desain Nokia dan warna-warni
Harga terjangkau

Nilai Minus Nokia X
– Spesifikasinya terbilang sangat inferior jika dibandingkan kompetitor di harga yang sama.
– Desain UX ala “metro” yang kotak-kotak akan terasa asing bagi mereka yang terbiasa dengan Android.
– Sistem operasinya dikeluhkan kurang responsif.
– Hanya sebagian aplikasi di Google Play yang ada di Nokia Store.

Iklan