originalSemua layanan cloud ini punya tujuan sama: memberikan solusi penyimpanan virtual yang bisa Anda akses dimana saja (selama terhubung ke internet), dan antarmuka serupa ketika Anda menyimpan file di USB thumb drive atau HDD eksternal.

Tapi, mengapa Anda harus memiliki layanan penyimpanan cloud? Ada banyak alasannya. Pertama adalah kepraktisan. Semua pekerjaan yang Anda simpan di-cloud lewat komputer kantor bisa langsung diakses di komputer rumah. Tidak perlu ribet memindahnya ke USB yang mudah hilang atau HDD eksternal yang ribet dibawa-bawa.

Kedua adalah keamanan. Bayangkan jika mendadak ponsel Anda rusak (mati total) atau bahkan hilang. Padahal di dalamnya banyak foto-foto pribadi penting yang belum di-backup ke komputer. Hal ini tidak akan terjadi seandainya Anda mem-backup foto-foto pribadi itu ke server cloud.

Rata-rata layanan cloud memberikan layanan mereka secara cuma-cuma. Sebagian mungkin merasa cukup. Tapi, ada juga yang merasa kurang. Terutama jika produksi dan konsumsi konten mereka tinggi. Nah, dari banyaknya penyedia layanan cloud, mana yang paling baik? Berikut adalah perandingannya:

iCloud
Bagaimana cara mudah untuk mensinkronkan konten dari iOS ke OS X (laptop/desktop Mac)? Jawabnya adalah iCloud. iCloud akan mem-backup data berupa foto, email, hingga dokumen yang ada di iPhone. Anda bisa mengakses data tersebut di laptop. Atau, seandainya iPhone Anda rusak dan harus di-reset, data di iCloud tinggal di restore.
Pada mulanya Anda mendapatkan 5 GB. Ini pun sudah banyak. Tapi jika Anda memiliki banyak sekali dokumen, maka bisa membeli tambahan space. Dropbox sangat direkomendasikan untuk penggun iOS dan iOS X.

Dropbox
Dropbox adalah layanan cloud storage yang banyak diadopsi konsumen. Layanan ini sangat mudah dan nyaman. Di desain dalam folder-folder sederhana, tampilannya tidak berbeda dengan HDD. Aplikasi tersebut juga tersedia dalam berbagai sistem operasi mobile ataupun Desktop. Tinggal drag and drop saja. Banyak aplikasi yang mendukung dropbox, dan mudah juga untuk berbagi file berukuran besar dengan orang lain.

Google Drive
Layanan cloud Google Drive mungkin tidak sepopuler Gmail. Padahal layanan ini cukup bandel, dan bahkan bisa dengan mudahnya tersinkronisasi ke Gmail. Jika dalam keseharian Anda banyak memanfaatkan layanan Google, maka tidak ada salahnya untuk memakai Google Drive. Apalagi, baru-baru ini Google juga menurutkan harga. Konsumen bisa mendapat 15 GB gratis, dan hanya USD1.99 per bulan untuk 100 GB (sebelumnya USD4.99), USD9.99 untuk 1 TB (sebelumnya USD49.99) dan USD99.99 untuk 10 TB.

Microsoft One Drive

Ini adalah penyimpanan yang sangat cocok bagi pengguna Windows. Baik Windows Phone ataupun Windows 8. Terutama jika Anda memiliki akun Microsoft juga menggunakan Office 2013—semua file akan tersinkronisasi cepat—di SkyDrive. SkyDrive juga memiliki aplikasi mobile untuk Windows Phone, iOS, serta Android.

Google Drive Microsoft OneDrive Dropbox iCloud
Free Space 15 GB* 7 GB 2 GB 10 GB
50 GB – $25 – –
100 GB $24 $50 $99 $60 or $120**
200 GB – $100 $199 –
250 GB – – – –
500 GB – – $499 –
1 TB $120 – – –

Iklan