All in One PC - Desktop Mobile yang Mendukung Produktivitas Kerja AndaTren perangkat tipis tidak berhenti sampai di laptop, tablet atau smartphone. Dalam tiga tahun terakhir minat masyarakat terhadap All-In-One PC juga semakin tinggi.

Mengapa membeli PC rakitan yang besar dan bulky di rumah, ketika kita tidak selalu menggunakan aplikasi butuh performa tinggi. Mengapa membeli laptop yang mahal jika hanya dipakai di meja kantor, sementara dengan harga sama bisa mendapat Desktop PC dengan spesifikasi yang lebih baik dan layar lebih besar.

Itulah sedikit alasan mengapa orang memilih All-In-One (AIO) PC. Walau popularitasnya baru terasa 5 tahun terakhir, tapi AIO sebenarnya sudah ada sejak 1972. Sayangnya, saat itu dunia lebih tertarik pada model Desktop.

AIO terus berkembang dari masa ke masa. Desain terbarunya berbentuk seperti sebuah monitor yang lebar. Tapi, yang justru tidak diketahui banyak orang adalah ‘monitor’ tersebut juga berisi CPU yang menjalankan fungsi layaknya sebuah komputer. Artinya, prosesor, RAM, HDD, dan perangkat lainnya sudah jadi satu di monitor itu.

”Dari sisi desain, PC all-in-one menyederhanakan kesan komputer yang semrawut dengan meniadakan kabel-kabel yang menghubungkan CPU dengan hardware lainnya,” ujar Hermawan Sutanto, Marketing Director Intel Indonesia.

All in One PC - Desktop Mobile yang Stylish Menyediakan Berbagai Fitur Untuk Hiburan KeluargaKarena tidak ada kabel beserakan, tidak ada CPU yang besar, maka AIO terlihat sebagai perangkat komputasi yang simpel dan menarik. Apalagi jika dipadu dengan kibor dan mouse nirkabel. ”Selain fungsi, konsumen saat ini juga menginginkan desain yang menarik,” papar Hermawan.

Pada umumnya, PC AIO memiliki tampilan monitor lebih terang, tidak berbunyi saat dioperasikan, serta mempunyai performa setara PC desktop standar. Menurut Hermawan, ini dimungkinkan melalui prosesor Intel Core generasi keempat Haswell yang memiliki performa sangat tinggi.

Nah, disinilah menariknya. Kehadiran layar sentuh, sistem operasi Windows 8, serta prosesor Haswell memungkinkan monitor PC AIO yang tipis digunakan layaknya sebuah tablet. Misalnya digunakan untuk bermain game secara bersama-sama.

Sebab, beberapa PC AIO saat ini juga telah dilengkapi baterai yang sudah dirakit di dalamnya. Jadi, PC AIO tidak hanya berfungsi sebagai sebuah Desktop, tapi menjadi tablet berukuran besar yang bisa dibawa kemana-mana.
Lenovo Flex 20 adalah salah satu contohnya. “Dengan prosesor Intel, perangkat PC AIO ini memiliki performa tinggi, tapi juga hemat energi. Menggunakan baterai, kita bisa menggunakannya secara nirkabel,” jelas Hermawan lagi.
All in One PC - Desktop Mobile yang Stylish Menyediakan Berbagai Hiburan Keluarga
Keluarga, lanjut Hermawan, menjadi pihak paling diuntungkan dari PC AIO. Tidak hanya bisa digunakan media untuk berinteraksi dengan sesama anggota keluarga, tapi juga memiliki tampilan indah saat dipajang dirumah dibandingkan PC tradisional. ”Rumah yang indah membutuhkan perangkat yang indah pula. Perangkat indah membutuhkan performa yang sama indahnya. Perangkat AIO mampu menjawab itu semua,” ucap Hermawan.

Iklan