Oculus-Rift-2Head mounted display (HMD) adalah langkah baru terhadap integrasi teknologi virtual reality yang bisa di akses oleh konsumen. Dengan virtual reality, konsumen bisa merasakan bagaimana langsung berada di dalam sebuah game atau aplikasi tertentu.

Solusi perangkat HMD mulanya dilakukan oleh Oculus Rift buatan Palmer Luckey. Oculus Rift dipakai seperti sebuah kacamata. Di dalamnya ada sebuah layar, dan dapat dihubungkan ke mesin game seperti PlayStation 4. Ternyata, respon antusias dari para gamer terhadap Oculus Rift membuat banyak pihak mulai melirik HMD ini.

Termasuk diantaranya Sony, si pembuat PS 4. Sony baru saja mengenalkan prototip HMD yang disebut dengan Project Morpheus. Perangkatnya terlihat sangat futuristik. Desainnya melengkung serta memiliki layar yang menampilkan gambar berdefinisi tinggi (1080 p). perangkat tersebut terhubung ke PS4 lewat kabel.

Klaim Sony, Project Morpheus adalah hasil pengembangan selama tiga tahun. Dalam waktu yang tidak lama lagi mereka akan segera merilis “developer kit”, memungkinkan para pengembang game untuk bisa mengintegrasikan Project Morpheus ke dalam game-game terbaru PlayStation 4.

Kapan teknologi VR ini akan tersedia? Saat ini baik Project Morpheus dan Oculus Rift masih terus dikembangkan. Oculus Rift sudah dua kali mengalami perubahan besar. Saat Oculus Rift DK2 sudah bisa dibeli dengan harga USD350. Adapun Sony sendiri mengklaim bahwa Project Morpheus tidak akan dirilis tahun ini.

Meski demikian, dipastikan bahwa mulai tahun ini akan semakin banyak produk HMD yang akan rilis ke pasar. Dengan semakin banyak produk, pasar mulai terbentuk, kompetisi terjadi, maka harga pun bisa ditekan dan konsumen diuntungkan.

Siapa tahu dalam beberapa tahun lagi HMD tidak hanya bisa digunakan untuk PS4 saja, melainkan juga smartphone ataupun berbagai fungsi lainnya.

 

Sony Project Morpheus

Project-Morpheus-16

  • –       Masih berbentuk prototip.
  • –       Tidak akan dirilis pada 2014.
  • –       Headset-nya memakai LCD 1920x 1080
  • –       Memiliki Field of view 90 derajat
  • –       Terintegrasi dengan PlayStation Camera dan PlayStation Move. Terhubung via HDMI dan USB.

 

Oculus Rift DK2

oculus-rift-0113-de

  • –       Oculus Rift Development Kit 2 adalah generasi kedua HMD virtual reality yang dijual untuk pengembang aplikasi.
  • –       Sudah tersedia mulai 19 Maret 2014 dengan harga USD350.
  • –       Headset-nya memakai layar beresolusi 1920 x 1080
  • –       Memiliki Field of view 100 derajat
  • –       Dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat. Mulai komputer, PlayStation 4, mobil, dan masih banyak lagi.

 

 

 

 

Iklan