DSC_0025Memboyong CLA-Class ke Indonesia menjadi salah satu strategi PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) untuk menyegarkan pasar sedan premium tahun ini yang cenderung stagnan. Diharapkan model ini semakin akan membuka ruang pasar baru di segmen mid luxury.

CLA-Class termasuk model Mercedes-Benz paling gres. Baru dikenalkan perdana di seluruh dunia di North American International Auto Show (NAIAS) pada Januari 2013 silam.

Tapi, sebenarnya platform-nya sendiri diadopsi dari CLS-Class, yakni sedan coupe empat pintu yang populer dengan desain sporty premium-nya itu. Bedanya, jika CLS-Class mengusung mesin besar dan harga premium, CLA-Class dikonsepkan sebagai kendaraan mewah berukuran sedang.

Tentu saja, CLA-Class menawarkan keunggulannya sendiri. Dengan coefficient drag hanya 0.22, CLA-Class memiliki aerodinamika yang terbaik di dunia. Ini tidak hanya membuat mobil jadi lebih cepat, tapi juga lebih irit.

Target marketnya sedikit berbeda dibandingkan pengguna C-Class biasa. “Pembeli CLA-Class adalah pengusaha atau profesional yang sudah mapan dan berusia muda. Antara 30-40 tahun. Mereka suka tampilan sporty dan performa tinggi, juga sentuhan mewah ala Mercedes-Benz,” ujar Dr. Claus Weidner, Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia.

Ada dua model CLA yang didatangkan PT MBI ke Indonesia. Yakni CLA 200 Urban dengan banderol harga Rp639 juta dan CLA 200 Sport yang dibanderol Rp699. Kedua model itu memiliki perbedaan cukup signifikan dari sisi interior, eksterior, maupun kaki-kaki. Salah satunya karena CLA 200 Sport memiliki sentuhan AMG.

Dengan harga yang kompetitif, performa tinggi, dan desain modern yang sporty, Claus optimistis bahwa kedua model CLA-Class terbaru ini akan menggairahkan pasar sedan mid-luxury.                     

Diatas kertas, CLA-Class dilengkapi mesin 1.595 cc, 4 silinder yang mampu memompa daya hingga 115kW [156hp]. Daya ditransfer ke roda depan melalui transmisi otomatis 7G-DCT (dual clutch transmission). Dengan bobot 1.430 kg, CLA dapat melesat dari 0 – 100km/h dalam 8,5 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar 5.2L/100 km (digabungkan).

Desain avant-garde coupé-nya membedakan seri CLA dibandingkan dengan seri C-Class biasa. Terlihat lebih modern, sporty, juga “garang”.

Coupe 4 Pintu Jadi Daya Tarik CLA-Class

Seharusnya istilah “coupe” digunakan untuk mendefinisikan sedan dengan 2 pintu. Namun, pada perkembangannya tidak ada definisi baku terhadap bentuk “coupe”. Sebab, pada perkembangannya masing-masing pabrikan memiliki definisi sendiri-sendiri.

Seringkali mobil coupe berupa variasi sport dari mobil sedan saloon dengan bagian dalam berisi hanya dua kursi atau 2+2 kursi (dua di depan dan dua di belakang). Nah, pabrikan seperti Mercedes Benz menciptakan klasifikasi coupe baru dengan 4 pintu lewat model CLS-Class yang dilanjutkan dengan varian terbaru CLA-Class yang resmi diluncurkan di Jakarta, Kamis (13/4).

Dari bentuk bodinya, CLA-Class memang memiliki desain coupe. Ini terlihat lewat atapnya yang rendah, juga kursi dibagian belakang yang relatif lebih sempit jika dibandingkan sedan 4-pintu biasa. Walau memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2, namun desain coupe sebenarnya tidak untuk digunakan secara rutin (setiap hari).

Meski demikian, karena konsep 4 pintu itu, maka penumpang bisa dengan mudah masuk ke dalam mobil. Ini berbeda dengan mobil coupe yang disebut “egois”. Karena penumpang belakang harus masuk ke dalam mobil dengan cara melipat bangku depan terlebih dahulu.

Karena itulah, Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia Dr. Claus Weidner menilai, konsep Coupe 4 Pintu di CLA 200 Urban dan Sport akan sangat menarik bagi konsumen Indonesia.

”Konsumen mendapat dua benefit sekaligus. Yakni, bodi menyerupai coupe yang membuat tampilan terlihat lebih sporty. Tapi juga tidak menyusahkan seandainya ada teman, rekan bisnis, atau kerabat yang juga ingin menumpang,” katanya.

CLA-Class akan memberikan pilihan baru bagi konsumen untuk membeli mobil di segmen mid-luxury. Harganya tidak jauh berbeda dengan C-Class, tapi desain dan tampilan CLA-Class lebih cantik dan sporty. Mobil tersebut dibanderol mulai Rp639 juta (off the road).

Langkah untuk menghadirkan mobil baru seperti CLA-Class dilakukan PT Mercedes Benz Indonesia (MBI) untuk membuat pasar sedan premium tetap bergairah. Dalam dua tahun terakhir PT MBI telah menambah dua kelas mobil baru yang dirakit di pabrik mereka yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Yakni, ML-Class dan GL Class. Sejak 1981, pabrik tersebut telah merakit model sedan C-Class, E-Class, dan S-Class.

Saat ini Mercedes-Benz tetap menguasai penjualan kendaraan premium di Indonesia. Pada periode Januari-November 2013 silam penjualan mereka mencapai 4.100 unit, diikuti oleh BMW dengan 2.210 unit, dan Lexus 612 unit.

Inilah Beda Mercedes Benz CLA-Class Urban dan Sport

PT Mercedes Benz Indonesia (MBI) memboyong dua model CLA-Class sekaligus ke Indonesia, yakni CLA-Class Urban dan CLA-Class Sport. Kedua model ini dianggap paling cocok mengikuti standar bahan bakar konsumen di Indonesia. Kedepannya, bukan tidak mungkin PT MBI juga ikut memboyong model CLA 250 ataupun CLA 45 AMG ke Indonesia.

Nah, untuk sementara waktu, kita lihat dulu perbedaan antara CLA-Class Urban dan CLA-Class Sport yang sudah bisa dibeli di pasar Indonesia. Nah, berikut ini perbedaannya:

CLA 200 Urban

DSC_0019Harga: Rp639 juta (off the road)

–       Desain depannya memiliki kisi-kisi radiator berlian dengan pin hitam.

–       Di bagian belakang menggunakan diffuser crom dengan knalpot kembar.

–     Jok menggunakan Artico man-made leather/corumba fabric

–     Velg memakain 18 inci, 5 twin-spoke light alloy wheels

–     trim bergelombang warna silver

CLA 200 Sport

DSC_0026Harga: Rp699 juta (off the road)

Desain

–       Desain depannya memiliki kisi-kisi radiator berlian dengan pin krom.

–       Diffuser sewarna dengan kendaraan, knalpot kembar

–       Kaliper rem roda depan dengan aksara Mercedes-Benz.

–       Jok menggunakan Artico man-made leather/dinamica microfiber dengan jahitan warna merah.

–       18 inch AMG 5-twin spoke light alloy wheels

–       Trim aluminium dengan garis-garis halus.

–       3-spoke multifunction sports steering wheel.

Fitur Utama CLA 200

CLA 200 menggunakan 4 silinder dengan kapasitas mesin 1.595 cc. Mobil tersebut memiliki torsi maksimal 250 Nm pada 4.000 RPM, dengan tenaga 156 hp. Kecepatan 0-100 km/jam diraih dalam 8,5 detik. Sementara konsumsi bahan bakar rata-ratanya mencapai 5.5-5.2 km/liter untuk rute kombinasi. Tapi, sebenarnya CLA 200 juga memiliki sejumlah keunggulan lain. Berikut beberapa diantaranya:

Lampu depan bi xenon

Memberikan visibilitas baik di jalanan tanpa efek menyilaukan.

Kursi pengemudi elektrik dengan memori

Mampu menyimpan tiga posisi berbeda untuk kursi pengemudi yang disesuaikan secara elektrik.

Audio 2.0 dengan CD Changer

Sistem multimedia yang menggabungkan hiburan dan informasi.

Air conditioning system

Terintegrasi dengan sistem pemanasan, ventilasi, dan pendinginan.

Iluminated door still panel

Memberikan karakter eksklusif

7G-DCT Otomatis

Tuas direct select dan paddle pergeseran kemudi untuk kenyamanan berkendara.

Attention Assist

Memberikan keselamatan berkendara dengan memantau perilaku mengemudi untuk mengawasi tanda-tanda mengantuk.

Active Parking Assist

Memandu kendaraan masuk dan keluar ruang parker paralel.

Iklan