DCIM113GOPROTelevisi Ultra High Definition (UHD) berukuran 78 inci dengan layar melengkung, mesin cuci dan AC yang dapat dikendalikan oleh smartphone, serta tablet dan kamera dengan beragam ukuran dan fitur menjadi highlight utama perhelatan Samsung Forum 2014 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Kamis (20/2).

Samsung Forum merupakan konferensi tahunan yang digelar untuk memamerkan portofolio produk terbaru Samsung di kategori seperti TV, home appliance, printer, serta mobile device yang bakal diluncurkan sepanjang 2014.

”Pasar Asia Tenggara terus tumbuh. Kami ingin berkontribusi dengan cara menggabungkan inovasi yang kami miliki dengan apa yang dibutuhkan oleh pasar lokal di Asia,” ujar Presiden dan CEO Samsung Asia Moon Soo Kim.

Di kategori televisi, misalnya, Kim mengatakan bahwa televisi berlayar lengkung akan menjadi tren industri di masa depan. Pada akhir 2017, misalnya, permintaan TV UHD diprediksi mencapai 60 juta unit. ”Pasar TV UHD akan meroket, membentuk industri TV secara keseluruhan,” paparnya.

Untuk itu, Samsung memamerkan TV UHD berlayar lengkung U9000 dengan ukuran 78 inci. TV tersebut memiliki aberasi kurva (curvature) sebesar 4,2 meter, diklaim memberikan daya pandang (field of view) lebih lebar dan sensasi efek panoramik. ”Seolah-olah Anda melihat TV 3D tanpa perlu mengenakan kacamata. Film dan tayangan video yang ditonton akan jauh lebih baik dari sebelumnya,” ujar Kim lagi.

DCIM113GOPROSamsung juga berusaha menyempurnakan ekosistem TV UHD dengan membenamkan prosesor quad core, perangkat UHD Evolution Kit dan UHD Video Pack, serta dukungan aplikasi Samsung Apps yang kini sudah lebih dari 1000 aplikasi. ”Konsumen akan mendapatkan kontrol lebih terhadap hiburan mereka dirumah,” paparnya.

Di kategori home appliance, Samsung percaya diri lewat produk kulkas Food ShowCase dan mesin cuci WW9000. Menurut VP Consumer Electronics Samsung Singapura Stanley Goh, kulkas terbaru Samsung di desain dalam beberapa zona sekaligus. Ada family zone untuk menyimpan daging dan sayuran hingga kids zone untuk meletakkan kebutuhan anak seperti jus atau yoghurt. ”Kulkas berfungsi untuk menyimpan berbagai makanan penting, tapi terkadang justru sulit ditemukan,” papar Goh yang menyebut produk tersebut baru tersedia pada April 2014.

Adapun WW9000 adalah mesin cuci front loader yang tidak hanya memiliki desain cantik, namun sangat canggih karena semua fungsi-nya diatur melalui layar sentuh 5 inci. “Dengan memilih menu Auto Optimal Wash, mesin cuci secara otomatis akan mengatur seberapa banyak deterjen ataupun pelembut yang dibutuhkan,” papar Goh. ”Dan seandainya proses mencuci selesai, pengguna bisa langsung mendapat notifikasi lewat smartphone mereka,” tambahnya.

Khusus untuk mobile device, semua perangkat jagoan Samsung pada 2014 bisa langsung dicoba. Ada tablet Galaxy NotePro yang 12.1 inci yang kini sudah bisa dipesan (pre-order) di Indonesia, Galaxy TabPro 10.1 dan TabPro 8.4 inci untuk kalangan profesional, Kamera NX30 dan Galaxy Camera 2, hingga tablet Galaxy Tab Lite.

Sejumlah produk di Samsung Forum 2014 memang sudah pernah dipamerkan di Consumer Electronics Show 2014. Tapi, di pameran inilah para jurnalis dapat langsung merasakan (hands-on) langsung dengan berbagai produk Samsung yang sebagian besar akan dirilis di Indonesia itu. Apa saja?

Galaxy GamePad

Inilah upaya Samsung untuk membawa sensasi game konsol pada smartphone. GamePad terhubung lewat bluetooth, dan memiliki sejumlah game berbagai genre yang sudah di sesuaikan dengan controller tersebut. Mulai Asphalt 8, Dead Trigger, Need for Speed : Most Wanted hingga Modern Combat 4: Zero Hour. Bagaimana rasanya? Cukup menarik. Meski, tidak semua game terasa nyaman. Seperti game First Person Shooter (FPS) yang ternyata justru mengurangi akurasi.

Galaxy Tab Pro 10 dan 8 Inci

Label “Pro” yang berarti progresif dan produktif tidak hanya disematkan pada Galaxy NotePro terbaru. Tapi juga Galaxy Tab. Galaxy Tab Pro bahkan dihadirkan langsung dalam dua ukuran layar: 8.4 inci dan 10.1 inci. Dua model ini dibekali desain yang lebih elegan, performa lebih tinggi. Artinya, jika Anda adalah tech-savvy yang ingin tablet untuk digunakan pendamping pekerjaan, maka dua model Tab Pro ini jadi pilihan menarik.

Samsung NX 30

Samsung NX30 adalah andalan baru Samsung di pasar mirrorless. Di kategori ini market share mereka terus meningkat. Dibanderol dengan harga Rp12,5 juta, NX 30 dipersenjatai sensor 20,3 megapiksel APS-C CMOS, prosesor buatan Samsung sendiri DRIMEeIV, ISO 100 hingga 25.600, kemampuan merekam video 1080 piksel, dan kemampuan shutter speed 1/8000 detik.

Desainnya sendiri berkonsep premium retro, tampil elegan dengan layar sentuh berbentang 3 inci. Layar tersebut dapat diputar hingga 180 derajat dari sisi kiri kanan dan 270 derajat dari atas bawah. Samsung NX30 juga dapat dihubungkan dengan mudah ke smartphone Android dengan menggunakan WiFi atau NFC.

Samsung Galaxy Tab 3 Lite

Secara spesifikasi, Galaxy Tab 3 Lite mirip dengan Galaxy Tab 2 yang dirilis pada 2012. Meski, ada sejumlah fitur yang diperbaiki dan ditambah. Tablet tersebut mengusung layar 7 inci, kamera 2 MP (tanpa kamera depan), prosesor dual-core 1,2 GHz, RAM 1 GB,  memori internal 8 GB, baterai 3.600 mAh, dan berat 310 gram. Perbedaan yang paling mencolok dibanding Galaxy Tab 2 adalah cover belakangnya yang hadir dengan warna-warna pastel seperti oranye, kuning, tosca, hitam, dan putih.

Galaxy NotePro

Dengan banderol Rp11 juta, Galaxy NotePro menjadi tablet Android termahal di Indonesia. Ditujukan sebagai perangkat yang menjembatani hiburan dan pekerjaan. Fiturnya serba premium. Mulai layar 12.2 inci, prosesor Exynos 5 Octa, RAM 3 GB, kamera 8 MP, memori internal 32 GB, hingga fitur seperti e-meeting, Hancom Office, serta Cisco WebEx Meeting.

Samsung B2B Smartschool

bagaimana model pembelajaran masa depan setidaknya terungkap lewat aplikasi Samsung smart school. Aplikasi ini terkoneksi antara guru dan murid.

Samsung WW9000

WW9000 adalah mesin cuci front loader yang tidak hanya memiliki desain cantik, namun sangat canggih karena semua fungsinya diatur melalui layar sentuh 5 inci. “Dengan memilih menu Auto Optimal Wash, mesin cuci secara otomatis akan mengatur seberapa banyak deterjen ataupun pelembut yang dibutuhkan,” papar Goh.

SES Bali Terluas di Asia Tenggara

Rabu (19/2), PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) kembali meresmikan Samsung Experiental Store (SES)—toko ritel berkonsep premium—di Bali. Samsung Galaxy Square yang jadi SES keempat Samsung di Indonesia, menjadi terluas di Asia Tenggara. Terletak di Jl Teuku Umar, Denpasar, Bali, Galaxy Square memiliki luas 530 meter persegi.

SES adalah strategi yang dilakukan Samsung untuk semakin mengenalkan produk mereka di masyarakat. Caranya bukan hanya membuat toko ritel yang luas dan lengkap. Tapi juga dilengkapi berbagai fasilitas yang tidak ditemukan di toko ritel standar.

Menurut IM Business Vice President PT SEIN Andre Rompis, inovasi terhadap produk memang penting. Tapi, keberadaan toko ritel juga tidak kalah penting. “Sebab di toko ritel seperti inilah konsumen dapat langsung bertemu dengan produk kami,” ujarnya. ”Membeli perangkat elektronik itu harusnya memang dipegang dan dirasakan langsung,” ia menambahkan.

Galaxy Square terbagi ke dalam beberapa area, seperti live, learn, connect, play, entertainment, hingga work. Intinya, pengunjung dapat langsung mencoba semua produk Samsung. Mulai smartphone Galaxy S4, phablet Galaxy Note 3, jam tangan pintar Galaxy Gear, hingga model keluaran terbaru, seperti Samsung Galaxy NotePro.
DCIM113GOPRO

DCIM113GOPRO

DCIM113GOPRO

DCIM113GOPRO

DCIM113GOPRO

Iklan