Glam_Galaxy-S5_GroupFlagship terbaru Samsung, Galaxy S5, akhirnya resmi dikenalkan di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2014, di Barcelona, Spanyol dengan sejumlah fitur baru. Apa saja? berikut adalah beberapa pembaruan yang dibenamkan di model flagship Samsung tersebut.

Layar

Galaxy S5 berlayar 5.1 inci Full HD Super AMOLED (1920 x 1080). Layarnya dapat menyesuaikan pencahayaan lingkungan sekitar, baik indoor maupun outdoor. Misalnya di ruangan yang gelap, layar bisa otomatis meredup sehingga layar smartphone tidak terlalu mencolok.

Baterai

S4 dikenal cukup boros baterai. Samsung berupaya merubah hal itu. Diklaim Galaxy S5 mampu bertahan hingga 10 jam untuk berinternet di jaringan LTE, atau 12 jam memutar video. Bahkan ada cara ampuh untuk menghemat baterai. Namanya “ultra power saving”. Moda ini hanya mengaktifkan jaringan selular untuk telpon dan SMS, mengubah warna layar jadi hitam putih. Dalam kondisi baterai tinggal 10%, S5 diklaim bisa bertahan 24 jam jika moda itu diaktifkan. Baterainya sendiri berukuran 2.800 mAh.

Kamera

Cukup banyak fitur barunya. Mengusung kamera utama 16 MP, naik dari hanya 13 MP di generasi sebelumnya. Fokus otomatisnya diklaim lebih cepat (0.3 detik), dengan sensor gambar yang juga lebih besar dari S4, plus ada chip pemroses gambar. S5 dapat merekam video beresolusi 4K dalam 30 frame per detik. Ada pula fitur “fokus selektif”, untuk mendapat kesan bokeh seperti DSLR. Juga moda high dynamic range (HDR) secara live, sehingga Anda bisa membandingkan langsung foto HDR aktif dan tidak sebelum memotret.

Bodi

Casing S5 masih menggunakan polycarbonate—sebutan keren untuk plastik. Casing belakangnya bermotif, mirip Note 3. Tersedia dalam pilihan hitam, biru, putih, dan emas. Teknologi casing baru juga membuat S5 lebih tahan cipratan air atau debu (IP67). Ponsel ini bisa diajak mandi, bahkan diceburkan di bathub.

Di bagian belakang, tepat di bawah sensor kamera, ada monitor detak jantung. Ini pertama kalinya dibenamkan di smartphone. Letakkan jempol Anda, dan ponsel bisa langsung memberi tahu denyut jantung. Fitur lainnya adalah pedometer, untuk melengkapi S5 sebagai personal fitness tracker. Ponsel berukuran 142.0 x 72.5 x 8.1mm itu memiliki berat 145g.

Konektivitas

Galaxy S5 menggunakan generasi kelima koneksi Wi-Fi (802.11ac), pertama di smartphone. Hebatnya teknologi terbaru itu adalah koneksi Wi-Fi bisa digabungkan dengan jaringan LTE unuk mempercepat proses download (disebut fitur Download Booster).

Keamanan

Galaxy S5 dibenamkan fitur pemindai sidik jari yang terletak tepat diatas tombol Home. Berbeda dengan sensor TouchID milik Apple, pengguna harus menyapukan jari untuk mengaktifkan fitur tersebut. Sensor biometrik itu tidak hanya berfungsi untuk membuka kunci, tapi juga bisa jadi log in ke aplikasi seperti Pay Pal.

Software

Galaxy S5 berjalan dengan Android Kit Kat terbaru 4.4.2 yang telah dimodifikasi oleh Samsung. Ikon dan hurufnya tampil lebih sederhana, bahkan tipis.

Prosesor dan Memori

S5 mengusung prosesor 2.5GHz Quad core Exynos buatan Samsung dan Qualcomm untuk pasar yang berbeda. RAM-nya sendiri 2 GB, serta pilihan memori antara 16 GB dan 32 GB tergantung dari pasar.

Ketersediaan

Galaxy S5 baru akan diluncurkan ke pasar pada 11 April 2014 secara serentak di 150 negara dengan harga Rp8,5 juta.

Iklan