Inilah mobil favorit para first time car buyer (pembeli mobil pertama): hatchback bermesin 1.200 cc. Mengapa?

Pertama, jika dibandingkan dengan hatchback biasa yang bermesin 1.500 cc, mobil-mobil ini jauh lebih murah. Harganya dikisaran Rp140-160 jutaan. Sedangkan hatchback seperti All New Toyota Yaris dan All New Honda Jazz sudah semakin bermain memasang harga tinggi (diatas Rp220 juta).

Kedua, mesin yang kecil hanya berarti satu hal: konsumsi yang lebih irit. Tercatat mobil seperti Honda Brio, Nissan March, serta Mitsubishi Mirace memiliki konsumsi BBM yang sangat irit (walau bertransmisi otomatis). Ini penting, karena dengan mobil irit akan memberikan peace of mind saat Anda menggunakannya sehari-hari.

Ketiga, soal fitur dan ukuran. Mobil-mobil hatchback mungil ini sudah dibekali fitur yang sangat lengkap. Mulai airbag hingga ABS. Nyaman pula untuk dikendarai sehari-hari. Ukurannya yang kompak memudahkan untuk parkir, menyalip, dan “nyelip” diantara kemacetan.

Alhasil, semua yang diinginkan keluarga muda (pasangan satu anak) dan pembeli mobil pertama ada di mobil hatchback 1.200 cc ini.

Nah, saya sering mendapat pertanyaan, bagusan mana Brio dan March? Atau mending mana Picanto dan Mirage? Hmm. Tentu sulit untuk membeberkan plus dan minus masing-masing. Tapi, teman-teman di Auto Bild membuat video komparasi yang menarik.

Dalam video berdurasi 10 menitan ini akan dijelaskan apa saja plus dan minus Honda Brio, Nissan March, KIA Picanto, Toyota Etios Valco, dan Mitsubishi Mirage. Anda akan bisa memilih mana mobil yang paling cocok dengan bujet, pemakaian sehari-hari (luas bagasi), performa, fitur, dan lainya. Silahkan di cek videonya.

Iklan