Valeo_selfpark-01_610x346Bisakah sebuah mobil parkir secara otomatis tanpa campur tangan pengemudi? Jawabannya bisa. Hal itu sudah dibuktikan di pameran Consumer Electronic Show  (CES) 2014 di Las Vegas 7-10 Januari silam. Adalah Valeo perusahaan yang pertama mewujudkannya.

Sebuah Range Rover Evoque yang telah dilengkapi teknologi mereka mendadak bergerak secara otomatis begitu staf Valeo Nicolas Jecker menyapukan jari ke iPhone miliknya. Evoque tersebut melaju diantara mobil, kemudian membelok dan mundur, maju lagi, dan kembali mundur untuk mengisi ruang parkir yang kosong dengan sempurna.

Mobil tersebut bergerak secara independen (tanpa di-program). Menurut Valeo, teknologi mereka memungkinkan mobil parkir paralel, mundur, serta hidung di depan secara otomatis. Kuncinya ada pada 12 sensor ultrasonik. Enam di bagian depan, enam lainnya di belakang, sebuah pemindai laser di grille, serta buah empat kamera.

Pihak Valeo menambahkan sebuah CPU untuk mengalisis data dari sensor-sensor tersebut untuk menentukan rute terbaik saat parkir. Termasuk juga mengontrol tuas kemudi, rem, dan pedal gas. Komunikasi antara mobil dan aplikasi di smartphone dijalin melalui jaringan Wi-Fi.

Tidak hanya parkir sendiri, aplikasi di smartphone tersebut juga memungkinkan mobil keluar dari ruang parkir dan datang langsung ke pengemudi hanya dengan sekali sentuhan di smartphone. Valeo sendiri saat ini sedang bekerja sama dengan BMW untuk mewujudkan teknologi parkir otomatis tersebut ke pasar.

Iklan