BRITAIN-US-RETAIL-COMPANY-AMAZONKemampuan grafis 10x lebih baik, puluhan judul game hebat, aksesori yang bervariasi, integrasi sosial, serta pilihan paket pembelian dan dukungan garansi resmi. Konsol PlayStation 4 (PS4) diciptakan untuk memanjakan para gamer.

Sejak akhir Desember 2013 silam, Sony Indonesia telah membuka pemesanan awal (pre-order) PS4 bagi konsumen Indonesia. ”Responnya sangat baik,” ungkap Presiden Direktur Sony Indonesia Satoru Arai dalam peluncuran resmi Sony PS4 di Balroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (9/1) silam. Meski tidak menyebut angka pasti, namun program yang dihelat di Jakarta dan Surabaya tersebut disebut Satoru sangat sukses.

Kini, konsumen bisa langsung membeli PS4 di berbagai gerai Sony atau toko elektronik di seluruh Indonesia. PS4 dilepas ke pasar dengan banderol harga Rp7 juta, sudah termasuk satu dualshock controller nirkabel, mono headset, dan kabel HDMI/USB. Namun, pihak Sony juga sudah memberikan beberapa pilihan paket yang lebih menguntungkan konsumen (lihat infografis).

PS4 dibekali prosesor yang 10x lebih cepat dibanding PS3, RAM 8 GB, desain controller dualshock yang di desain ulang, PS4 Eye Camera dengan resolusi lebih tinggi, serta integrasi fitur sosial untuk kemudahan streaming online dan bermain bersama teman lewat sosial media.

Bagaimana dengan ketersediaan game? Pihak Sony sudah menyiapkan 30 judul game orisinil. Ada judul-judul populer seperti Call of Duty: Ghosts dari Activision Blizzard, Assassin’s Creed IV Black Flag keluaran Ubisoft, Battlefield 4 dari Electronic Arts, hingga game olah raga NBA Live 14, NBA 2K14, serta FIFA 14.

Hiroyuki Oda, Deputy President Sony Computer Entertainment Japan Asia, mengatakan bahwa sejak dirilis di Amerika pada 15 November-Desember 2013, penjualan PS4 secara global sudah lebih dari 4,2 juta unit. Angka itu jauh dibandingkan konsol Xbox One keluaran Microsoft yang hanya terjual 1,2 juta unit selama 2013.

”Selain itu juga ada 9,7 kopi game yang telah terjual. Itu membuktikan bahwa PS4 adalah konsol yang sangat dinanti,” ujar Hiroyuki.

Garansi regional (regional warranty) untuk wilayah Asia sendiri memang baru diberikan oleh Sony di PS4. ”Pengguna Sony di wilayah Asia Tenggara terus merangkak naik. Karena itu kami ingin memberikan kepuasan dan kemudahan kepada pelanggan loyal kami,” papar Hiroyuki lagi.

Sehubungan dengan hal tersebut, sejak Juli 2013, pihak Sony Computer Hongkong membuka satellite office di Singapura untuk menjangkau pengguna di kawasan Asia Tenggara. Layanan garansi berlaku di 6 negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Konsumen yang membeli PS4 berhak mendapatkan gratis satu tahun garansi regional di semua negara yang secara resmi telah meluncurkan produk ini (termasuk Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia).

JAPAN-GAME-ENTERTAINMENT-ITDukungan lebih ini diberikan, salah satunya untuk menyiasati maraknya ”jailbreak” serta banyaknya game bajakan dengan harga yang jauh lebih murah. ”Saya rasa harga PS4 saat ini sudah terjangkau. Apalagi, pengguna juga akan dimanjakan dengan fitur seperti keanggotaan PlayStation Plus dimana pengguna bisa mengunduh game secara gratis lewat internet. ”Kami akan berupaya menjaga kepuasan pengguna setelah mereka membeli PS4,” ungkap Hiroyuki lagi.

Tapi, bagaimana dukungan mereka terhadap PS3? Kendati penjualan perdana PS4 menghasilkan angka lebih fantastis, namun Hiroyuki menilai bahwa Sony tidak akan meninggalkan pengguna PS3.

Bahkan, dalam beberapa waktu ke depan akan banyak game yang dapat diunduh online untuk PS3. Meski, game tersebut baru masuk ke Indonesia setelah lebih dulu beredar di AS dan negara Asia lainnya.

Langkah Sony Computer Entertainment untuk memberikan layanan download game langsung ke konsol itu juga dipertegas di pameran Consumer Electronic Show (CES) 2013. Layanan PlayStation Now yang berbasis cloud itu saat ini sedang diuji coba di Amerika.

PS Now bekerja seperti saat kita melakukan streaming video YouTube. Artinya, game tidak berjalan di dalam perangkat, melainkan di remote server yang diakses melalui internet. Hal ini memungkinkan berbagai perangkat Sony seperti smart TV, smartphone, ataupun tablet, untuk memainkan game di PS Now.

”PS Now akan memungkinkan pengguna masuk ke dalam dunia PlayStation, baik mereka adalah gamer yang terbiasa dengan Sony atau baru memiliki platform Sony,” ujar Chief Executive Sony Computer Entertainment Andrew House.

Seperti apa bentuk PS Now akan segera diketahui dalam waktu dekat. Meski, analis video game Michael Pachter dari Wedbush Securities sedikit skeptis. ”Sudah ada layana serupa, OnLine yang memungkinkan orang menyewa game atau memainkan game secara berlangganan. Tapi pengguna mereka tidak lagi dari 300,000 orang,” katanya. elfa putri setyanti/danang arradian

Pembelian PS4 di Indonesia

battlefield-4-ps4-playstation-4-gameHarga resmi PS4 memang Rp7 juta. Namun, Sony memberikan sejumlah paket pembelian yang lebih hemat. Berikut adalah pilihannya:

PS 4 Bundle Set 1 (Rp7,4 juta)

  • 1 Unit PS4 ditambah PS Camera
  • Bundle Set 2 (Rp7,4 juta)
  • 1 Unit PS4 ditambah Battlefield 4 dari Electronic Arts.

Bundle Set 3 (Rp7,4 juta)

  • 1 Unit PS4 ditambah Battlefield 4 dari Electronic Arts.

Bundle Set 3 (Rp7,4 juta)

  • 1 Unit PS4 ditambah Killzone: Shadow Fall.
  • Bundle Set 4 (berlaku hanya sampai 10 Januari 2014)
  • 1 Unit PS4 dan Sony Bravia W-Series

Aksesori Resmi PS4:

  • DualShock 4 Wireless Controller warna Magma Red dan Wave Blue
  • Playstation Camera
  • DualShock 4 Charging Station
  • Harga game PS4 dibanderol mulai Rp600,000-Rp1 jutaan.
Iklan