xl_endomondo-fitness-appTahun baru biasanya identik dengan resolusi yang ingin dicapai dengan serangkaian target. Misalnya menjadi seseorang yang ”baru” atau “lebih baik”. Nah, aplikasi di smartphone menjadi salah satu cara terbaik untuk mencapai resolusi di Tahun Kuda.

Penulis buku “The First 20 Hours” and “The Personal MBA”, Josh Kaufman, punya metode menarik untuk mewujudkan sesuatu (bisa target atau resolusi) yang kita inginkan. Banyak yang gagal mewujudkan resolusi karena merubah kebiasaan dan secara konsisten melakukan sesuatu yang baru terkadang sangat sulit dilakukan.

Pertama, menurut Josh, adalah memutuskan dulu apa yang ingin Anda raih. Kalau perlu tuliskan dan catat agar Anda selalu mengingatnya. Kedua, pecah target Anda itu ke dalam bagian-bagian kecil yang bisa Anda kerjakan dan kuasai/capai secara bertahap.

Ketiga, lakukan riset secukupnya untuk mendapatkan informasi apa saja tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai target itu. Keempat, eliminate barrier of practice. Maksudnya, hilangkan hal-hal yang membuat malas untuk mengerjakan atau melakukan upaya untuk mencapai target Anda. Dan terakhir adalah komitmen dan fokus 24 jam.

Tentu tips tersebut lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Semuanya tetap tergantung seberapa besar keinginan Anda untuk bisa mewujudkan resolusi pada 2014 ini.

Nah, jika Anda merasa kesulitan untuk tetap fokus dalam mengejar target yang ingin dicapai, smartphone atau tablet Anda bisa jadi alat bantu lewat berbagai aplikasinya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Lebih Baik Memenej Keuangan

2969431-1372346512547Salah satu cara untuk mendisiplinkan diri dalam hal finansial adalah dengan memiliki catatan terhadap pengeluaran maupun pemasukan sehari-harinya. Mana saja dana yang digunakan untuk investasi, asuransi, belanja, ataupun hiburan dan jalan-jalan.

Anda tidak perlu lagi mencatat menggunakan buku atau komputer. Karena aplikasi pengeluaran bisa dicatat setelah melakukan pembelian. Ada Toshl, yang memiliki berbagai pilihan pencatatan pendapatan masuk dan keluar. Kemudian MoneyWise yang mencatat dengan detil setiap pengeluaran, serta Expensfy yang di desain untuk menjaga agar pengeluaran Anda tetap terkontrol.

Tentu saja aplikasi pencatat keuangan personal ini harus dicoba terlebih dulu, pastikan mana yang cocok dengan gaya hidup Anda. Harapannya adalah agar keuangan Anda pada 2014 akan lebih terukur dan teratur.

Terorganisir, Mencatat Berbagai Hal

3Ic0dAda banyak sekali aplikasi yang dapat mencatat kemajuan Anda dalam mengejar tujuan. Evernote adalah aplikasi sangat multi-guna. Anda tidak hanya bisa mencatat berbagai informasi, tapi juga merekam suara, gambar, peta, hingga website.

Aplikasi tersebut juga memiliki berbagai aplikasi pendukung lainnya seperti Evernote Food, Evernote Hello, EvernoteWebClipper, Twicca, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, Evernote juga bisa di akses di laptop ataupun tablet.

Jika Anda termasuk orang yang sangat terorganisir, maka Any.Do adalah aplikasi terbaik untuk mencatat to-do-list harian. Tampilannya sederhana dan menarik. Setiap tugas yang sudah selesai tinggal digeser. Bahkan, aplikasi tersebut bisa menjadi pengingat.

Alternatif lainnya ada Keep yang sangat simpel dan mudah untuk menulis dan mencatat. Kemudian ada Plain.txt yang ringan dan bisa langsung terkoneksi di akun Gmail Anda. Berbagai aplikasi ini akan sangat berguna bagi Anda untuk mencapai resolusi pada 2014.

Fitnes, Agar Tetap Fit

Endomondo-Fitness-App-on-iPhone-5Jika Anda termasuk pengguna alat penunjang olahraga seperti FitBit, Jawbone Up, ataupun Nike Fuelband, maka Anda termasuk orang yang sudah mengambil keuntungan terhadap pemanfaatan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari. Tapi jika belum, ada sederet aplikasi yang bisa Anda lakukan untuk memulainya.

Adidas miCoach adalah aplikasi untuk melacak seberapa jauh Anda lari, kecepatan, jumlah kalori yang terbakar, serta detak jantung. Kemudian ada Office Yoga untuk menghilangkan stres di area kerja dengan gerakan yoga singkat.

Fitness Buddy sendiri menawarkan lebih dari 300 program latihan kesehatan dengan gabungan deksripsi detil gerakan serta animasi peraga. Sementara Zombies, Run! Memadukan unsur game, mendorong anda supaya giat berlatih dengan ancaman zombie.

Favorit saya sendiri adalah Endomondo yang dapat memberikan info seberapa jauh Anda lari, kecepatan lari, jumlah kalori yang terbakar, serta mengukur detak jantung. Aktivitas Anda juga dapat dengan mudahnya di-share ke jejaring sosial. Dengan memiliki aplikasi di atas Anda bisa semakin fokus untuk memperbanyak olah raga atau mengurangi berat badan.

Travel, Merencanakan Liburan Seru

Smartphone_hotel_booking_upgrade.1Jika salah satu resolusi 2014 Anda untuk pergi ke tempat spesial bersama keluarga, teman, atau orang terdekat, maka ada baiknya untuk mengunduh aplikasi penunjang traveling. TripAdvisor adalah aplikasi yang harus Anda miliki di smartphone. TripAdvisor berfungsi untuk mengetahui review tentang tempat mana saja yang akan dikunjungi, termasuk hotel.

Anda bisa melakukan reservasi hotel di Booking.com, atau langsung membayar lewat Agoda.com. Sementara itinerary perjalanan bisa dilakukan dengan TripIt, yang secara otomatis akan memberikan rekomendasi soal tempat yang bisa Anda tuju ataupun suhu udara ketika Anda berkunjung kesana.

Dengan reservasi, Anda tidak hanya bisa mendapat harga yang lebih terjangkau, tapi juga kemudahan lantaran proses reservasi saat ini bisa dilakukan mudah dan cepat. Saya pernah melakukan reservasi instan di booking.com lewat smartphone di salah satu hotel di Yogyakarta. Begitu notifikasi di email masuk, saya langsung kontak pihak hotel dan datang saat itu juga.

Iklan