DCIM113GOPROLiburan akhir tahun biasanya dimanfaatkan oleh keluarga untuk berlibur menggunakan mobil (road trip). Bisa mengunjungi orang tua atau saudara, atau sekadar jalan-jalan mengunjungi tempat baru. Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar kegiatan road trip Anda bisa semakin nyaman dan berkesan:

Ketahui Gaya Bepergian Anda

Setiap orang punya gaya traveling berbeda-beda. Saya, misalnya, harus selalu tahu terlebih dulu apa yang akan saya dapat di suatu lokasi. Karena itu, jauh-jauh hari saya pasti sudah melakukan riset terhadap tempat-tempat yang akan dituju atau dilewati. Dari situ diambil keputusan mana saja yang harus disinggahi dan mana yang tidak.

Namun, banyak juga yang bergaya traveling ”go show”. Artinya, keputusan diambil sambil jalan atau tergantung mood. Ini juga tidak salah, karena spontanitas di perjalanan terkadang justru menghasilkan pengalaman yang tidak terduga.

Kenali juga karakter teman traveling kita atau anggota keluarga. Ada si ayah yang suka makan, ibu yang butuh berbelanja, dan anak-anak yang ingin bermain. Usahakan setiap orang bisa mendapatkan “me time” masing-masing.

Di pagi hari ibu bisa bebas berbelanja tas atau kain di pasar tradisional, sedangkan siangnya adalah ”pit stop” bagi anak-anak bermain. Pada dasarnya family trip adalah kegiatan keluarga, jadi setiap anggota keluarga berhak untuk bersenang-senang.

Pentingnya Itinerary

Tidak ada salahnya untuk membuat perjalanan yang terencana (intinerary). Hitung dengan cermat berapa jauhnya perjalanan Anda, berapa lama waktu yang dibutuhkan (termasuk macet), serta tempat-tempat apa dan mana saja yang ingin dikunjungi. Jika perjalanan Anda santai, tidak ada salahnya untuk merencanakan perhentian di tempat-tempat makan yang banyak direkomendasikan.

Jika tahun lalu Anda sudah mengunjungi Prambanan dan Borobudur, misalnya, kenapa tahun ini rute tidak dialihkan ke kawasan Gunung Kidul untuk melihat berbagai pantai yang indah. Intinerary juga penting jika kita on budget. Perjalanan yang terencana membuat biaya, waktu, tujuan, dan hal-hal lainnya bisa di-menej dengan baik. Kita bisa memperkiraan berapa bujetnya. Dan kalau pun meleset tidak terlalu jauh.

Dengan itinerary pula kita juga bisa menentukan apa saja yang harus dibawa. Jika akan mengunjungi pantai dan sering berenang, pastikan anak-anak membawa baju renang, pelampung, ataupun celana pendek. Sebaliknya, jika akan ke daerah dingin, tentu tidak boleh lupa jaket hingga Antangin.

Atur juga ritme bepergian. Jangan sampai si kecil kelehan ketika sampai ke tempat bermain karena memang masuk waktu tidurnya. Siapkan banyak tissue, popok, kantong kotor, obat-obatan, serta baju ganti yang mudah terjangkau. Pastikan Anda maupun si kecil selalu memakai pakaian yang nyaman.

Reservasi

DCIM113GOPROKegiatan road trip bisa sangat melelahkan. Jika Anda berencana menginap di hotel, pastikan untuk terlebih dulu melakukan reservasi. Apalagi di musim liburan seperti ini. Jangan sampai ketika Anda memutuskan untuk ”go show”, hotel-hotel sudah banyak terisi penuh. Padahal, Anda maupun anak-anak sudah lelah karena perjalanan panjang.

Dengan reservasi, Anda tidak hanya bisa mendapat harga yang lebih terjangkau, tapi juga kemudahan lantaran proses reservasi saat ini bisa dilakukan mudah dan cepat. Saya pernah melakukan reservasi instan di booking.com lewat smartphone di salah satu hotel di Yogyakarta. Begitu notifikasi di email masuk, saya langsung kontak pihak hotel dan datang saat itu juga.

Anda juga bisa melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan di situs seperti Agoda.com atau Pegipegi.com, sambil terlebih dulu melihat ulasan tentang hotel yang ingin ditempati melalui Tripadvisor.com

Cek Kondisi Kendaraan

Jika yakin kendaraan dalam kondisi prima, kita pun bisa menyetir dengan penuh percaya diri. Apa saja yang perlu disiapkan? Pertama, pastikan agar mobil menjalani general check-up terlebih dulu di dealer terdekat. Dari sini komponen vital akan diperiksa.

Mulai dari oli mesin, minyak rem, oli transmisi, air radiator, minyak power steering, tekanan ban, hingga komponen seperti sasis, kaki-kaki, lampu, serta kelistrikan mobil (sesuai odometer kendaraan). Kedua, bersihkan juga interior, tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu di jalan. Kabin bersih tentu membuat perjalanan semakin nyaman. Tidak hanya jok mobil, karpet dan lantai mobil juga perlu di-vakum.

Ketiga, pastikan barang bawaan tidak berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan di dalam kabin. Suami-istri asal Australia yang saya temui di Yogyakarta hanya membawa beberapa setel pakaian, padahal mereka mengunjungi lebih dari 5 negara dalam waktu 2 bulan. Bepergian ringkas dan hanya membawa apa yang dibutuhkan saja memang selalu jadi tantangan. Apalagi jika Anda membawa mobil kecil seperti city car. Pastikan bahwa semua ruang terisi dengan baik.

Travel Gear

20131213_141945Jika Anda termasuk tech savvy, jangan lupa untuk membawa charger portabel ataupun car charger yang memiliki slot lebih dari satu. Charger mini-USB ponsel dan tablet Android dapat digabung jadi satu. Jangan lupa juga membawa charger kamera, laptop, atau bahkan konsol game portabel (jika perlu).

Ada baiknya segala kabel dan perlengkapan elektronik ini disatukan dalam satu tas khusus yang mudah dijangkau serta dibawa-bawa. Sehingga Anda tidak pusing membongkar tas lain jika butuh. Begitupun mainan mobil-mobilan, buku mewarnai, ataupun boneka untuk si kecil agar ia tidak bosan.

Anda juga bisa memaksimalkan fitur navigasi belokan demi belokan (turn by turn) di Google Maps Navigation (pemilik Android dan iOS) dan HERE (pemilik Nokia Lumia) untuk memandu perjalanan. Tidak ada salahnya untuk menyusun playlist lagu favorit di smartphone agar perjalanan semakin berkesan, membawa sendal lembut atau slip on di mobil, serta bantal empuk.

Sebisa mungkin ciptakan suasana nyaman di mobil. Jika mobil Anda cukup besar, membawa cooler untuk menampung minuman dingin dan snacks sehat seperti biskuit, roti, dan buah untuk anak-anak juga jadi plus. Dan jangan lupa untuk selalu membawa banyak air putih.

Pentingnya Dokumentasi

Barang bisa lapuk, lupa, atau hilang. Tapi pengalaman akan selalu dikenang. Maka, amatlah penting bagi Anda untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Pakai kamera apa? Terserah preferensi Anda. Bawa DSLR jika tidak merasa ribet. Tapi, kamera di smartphone sebenarnya lebih dari cukup.

Tidak ada salahnya untuk membeli monopod atau tongsis (tongkat narsis) yang berkisar Rp120 ribu-Rp250 ribuan di toko online jika Anda termasuk hobi foto-foto. Mengapa? Karena dengan monopod Anda bisa mengambil foto tanpa butuh bantuan orang lain! Abadikan momen sebanyak mungkin. Simpan baik-baik, dan 10 tahun lagi dijamin foto-foto itu akan membuat kita senyum-senyum sendiri.

Iklan