BRAZIL-MOTOROLA-MOTO GInilah smartphone yang paling banyak dicari : Moto G keluaran Motorola. Harganya sangat terjangkau—hanya USD179–, spesifikasinya bersaing (prosesor Snapdragon 400 Quadcore 1.2 GHz dan RAM 1 GB)), layar 4,5 inci beresolusi 720p dan kover yang bisa diganti-ganti.

Begitu tingginya permintaan terhadap ponsel tersebut, sampai-sampai CEO Motorola Dennis Woodside memutuskan untuk memajukan tanggal rilis yang semula awal Januari 2014 mendatang menjadi akhir November kemarin. Karena ternyata Motorola sendiri mampu menyelesaikan proses produksi lebih cepat dari yang diperkirakan.

Tentu saja Motorola juga diuntungkan dengan musim liburan di Amerika yang mirip Lebaran di Indonesia: konsumsi yang meningkat beberapa kali lipat.

Namun demikian, konsumen hanya bisa mendapatkan Moto G melalui pembelian online di Motorola.com. Sementara penjualan lewat operator dan toko ritel tetap akan dilakukan mulai Januari 2014. ”Kami selalu mengincar hasil besar di kuartal pertama. Tapi, sepertinya kuartal keempat tahun ini akan sukses juga,” papar Woodside.

Moto G adalah versi terjangkau dari Moto X, smartphone perdana Motorola paska diakusisi Google yang bisa diganti-ganti cover-nya. Karena harganya yang terjangkau itu Moto G diprediksi bakal sukses besar.

BRAZIL-MOTOROLA-MOTO GBisa jadi Motorola saat ini sedang melakukan rebranding. Dan hal itu, menurut Woodside, tidak mudah. ”Butuh waktu bagi orang untuk mengetahui apa hal-hal baru yang akan kami tawarkan,” katanya.

Moto Maker, situs bagi konsumen untuk memilih sendiri warna kover Moto X mereka, sudah dikunjungi hampir 1 juta orang. Mungkin hal itu secara langsung berdampak pada sales, tapi paling tidak membangun awareness terhadap merek Motorola itu sendiri.

Kedepannya kustomisasi terhadap Moto X yang dibanderol USD220 itu akan lebih banyak. Meliputi warna ponsel keseluruhan, materialnya, bahkan bukan tidak mungkin konsumen memilih sendiri ukuran layar, kecepatan prosesor, memori, hingga kamera. Saat ini Motorola sedang berusaha untuk menciptakan sebuah standar. Moto G mendapat banyak ulasan positif. ”Sistem operasinya sangat lancar dan responsif,” ujar Darrell Etherington dari TechCrunch.

Iklan