1003239_487827581332987_125974096_nPeramban web milik Microsoft, Internet Explorer (IE), selalu jadi bulan-bulanan di berbagai forum internet. IE, yang mendapat benefit besar karena pre-loaded dengan sistem operasi Windows, dinilai kurang dapat bersaing dengan peramban web lainnya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, bahkan Opera.

Padahal, jumlah gabungan pengguna IE (baik desktop maupun mobile) masih memimpin. Yakni mencapai 50,43 persen pengguna internet diseluruh dunia. Jauh lebih tinggi dibandingkan Firefox (16,51%), Chrome (14,60%), serta Safari (11,21%).

Meski demikian, pelabelan negatif terhadap IE itu tetap membuat pihak Microsoft pusing. Apalagi, IE 11 terbaru yang dipasarkan dengan Windows 7 dan Windows 8.1 sudah memiliki banyak sekali perbaikan. Perbaikan yang oleh pihak Microsoft disebut dapat bersaing dengan kompetitor mereka. Misalnya saja konsumsi memori yang lebih rendah ketika digunakan untuk membuka beberapa tabs sekaligus.

Lalu bagaimana? Kehadiran IE 11 membuat Microsoft menghadirkan gimmick menarik. Yakni, menggambarkan IE baru itu sebagai karakter anime. Tepatnya personifikasi seorang gadis bernama Inori Aizawa.

Inori mirip seperti karakter Sailor Moon lewat kostum seragam sekolahnya. Tapi, ada logo Windows terukir di pakaiannya. Gadis berusia 18 tahun itu digambarkan memiliki seekor kucing, bergolongan darah A, dan hobi makan es krim rasa mint. Satu hal yang paling ia benci: di-bully.

”Nama saya adalah Inori. Saya adalah personifikasi dari IE,” tulis Facebook Fanpage Inori. “Dulu saya dianggap gadis kikuk, lamban, dan ceroboh. Tapi sekarang orang menilai saya telah berubah lebih dewasa. Saya juga merasa percaya diri dengan kemampuan yang sekarang. Apakah kamu tidak ingin mengenal saya lebih jauh?” tambahnya.

Collateral Damage Studio, pencipta Inori, mengaku terinspirasi dari hasil karya seorang artis bernama Danny Choo. Choo sempat menuai banyak pujian lewat gambar karakter anime dari masing-masing browser: Safari, Chrome, dan Firefox.

Karena itu, Collateral Damage Studio ingin membuat sendiri karakter anime berdasarkan IE, yang sengaja dikonsepkan sebagai gadis yang mulanya kurang populer kemudian berubah jadi seorang superhero.

Menurut juru bicara Microsoft, karakter anime itu adalah prakarsa Microsoft Singapore untuk Anime Festival Asia (AFA) 2013, berkaitan dengan program marketing lokal di kawasan Asia. Tapi, bukan jadi maskot resmi dari IE.

Satu hal yang pasti, Inori punya daya tarik besar. Ia dibicarakan di berbagai situs dan blog internet, bahkan sudah memiliki fans sendiri. Facebook Fanpage Inori memiliki lebih dari 40.000 likes.

combined-2013-09

mobile-trends-2013-09

Iklan