Aktor Ashton Kutcher (kiri) menunjukkan kartu identitas karyawan Lenovo bersama CEO Yang Yuanqing, dalam peluncuran tablet Android Yoga Lenovo di Beijing, 1 November 2013 silam. Saat ini Kutcher menjabat sebagai Product Engineer Lenovo.
Aktor Ashton Kutcher (kiri) menunjukkan kartu identitas karyawan Lenovo bersama CEO Yang Yuanqing, dalam peluncuran tablet Android Yoga Lenovo di Beijing, 1 November 2013 silam. Saat ini Kutcher menjabat sebagai Product Engineer Lenovo.
Ashton Kutcher, 35, dinilai sebagai orang yang paling pas memerankan mendiang Steve Jobs muda di film layar lebar Jobs. Kutcher, yang baru saja menandatangani surat cerai dari Demi Moore, itu juga mengaku sangat mengagumi sosok Steve Jobs.

Menariknya, bintang film Just Married, The Butterfly Effect, dan Killers itu kini memanggul jabatan baru di perusahaan asal China. Sejak pekan lalu, Kutcher resmi bergabung dengan Lenovo sebagai “product engineer”. Itu terlihat ketika Kutcher menjadi orang yang mempresentasikan kehadiran tablet Android Yoga keluaran Lenovo terbaru di Los Angeles, Selasa (29/10) silam.

Menurut pihak Lenovo, yang kini menjadi vendor PC terbesar dunia itu, Kutcher akan terlibat dalam proses ”pengembangan dan memasarkan tablet Yoga dengan memberikan masukan maupun pengambilan keputusan dalam hal desain, spesifikasi, software, dan cara penggunaan,”.

”Kerjasama dengan Lenovo ini akan memadukan kecintaan saya terhadap teknologi dan desain. Saya sudah tidak sabar untuk membantu mereka dalam mengembangkan produk komputasi, salah satunya lewat lini tablet Yoga,” ujar Kutcher. ”Lenovo adalah perusahaan yang memadukan inovasi, kepemimpinan, dan kewirausahaan,” lanjutnya.

Chief marketing officer (CMO) Lenovo, David Roman, menyebut alasan pihaknya memilh Kutcher adalah karena aktor tersebut sangat melek teknologi dan dianggap mampu memberikan pandangan terhadap apa yang diinginkan konsumen saat ini.

Senyatanya, Kutcher punya portofolio cukup luas dibidang teknologi. Ia adalah co-founder dari A-Grade Investments, perusahaan investasi yang telah bekerja sama dengan pemain global di bidang software seperti Airbnb, Fab, Foursquare, Spotify, Path dan Uber.

Baik Kutcher maupun Lenovo menolak memberikan bocoran berapa nilai kerja sama mereka. Yang pasti, ini bukan pertama kalinya Lenovo menggandeng figur publik asal Amerika. Sebelumnya, mereka telah bekerja sama dengan pebasket NBA Kobe Bryant untuk mempromosikan smartphone Lenovo K900.

China Mengejar Barat
Semakin banyak perusahaan asal China yang berusaha untuk menjadi perusahaan global. Dan salah satu bagian dari strategi itu adalah menggandeng selebriti asal Amerika.

Li Ning, perusahaan yang bergerak di perlengkapan olah raga, misalnya, juga telah menggandeng guard Miami Heat Dwyane Wade untuk bekerja sama. Saat ini Wade ikut mendesain sepatu maupun pakaian untuk Li Ning.

Selain itu, raksasa teknologi Tencent Holdings juga mengetengahkan Lionel Messi, pesepakbola asal klub FC Barcelona, sebagai bintang iklan dari layanan internet messenger WeChat. Layanan WeChat sangat sukses di China dan saat ini sedang gencar-gencarnya berekspansi global, termasuk ke Indonesia.

Gimmick untuk menggandeng selebritis atau figur publik untuk tidak hanya menjadi “brand ambassador”, tapi sampai terlibat ke bisnis sebelumnya telah dilakukan oleh BlackBerry. Perusahaan asal Kanada itu sempat menggandeng penyanyi R&B Alicia Keys menjadi Direktur Kreatif. Sama seperti Kutcher, Keys hadir dalam peluncuran BlackBerry 10 di New York, tahun lalu.

Iklan