Rami Shamis adalah orang pertama yang mendapatkan tablet iPad Air di Apple Store, New York City, Jumat (1/11) silam. Model terbaru iPad berukuran 9,7 inci itu memiliki desain yang 20% lebih tipis dan 28% lebih ringan dari iPad generasi keempat.
Rami Shamis adalah orang pertama yang mendapatkan tablet iPad Air di Apple Store, New York City, Jumat (1/11) silam. Model terbaru iPad berukuran 9,7 inci itu memiliki desain yang 20% lebih tipis dan 28% lebih ringan dari iPad generasi keempat.
iPad Air resmi dipasarkan sejak akhir pekan lalu di sejumlah negara. Tablet terbaru Apple itu diperkirakan dapat mengungguli rekor penjualan iPad sebelumnya, kendati respon di lapangan cenderung “adem ayem”.

Gene Munster analis dari perusahaan riset Piper Jaffray memperkirakan Apple mampu menjual antara 2,5 juta unit hingga 3,5 juta unit iPad Air selama akhir pekan kemarin. Bukan tidak mungkin penjualan iPad generasi kelima itu bisa mengungguli rekor 3 juta unit penjualan iPad pada 2012 silam. Padahal, penjualan 3 juta unit pada 2012 itu tidak hanya dihitung dari iPad 9,7 inci, tapi juga termasuk penjualan generasi pertama iPad mini.

Menurut laporan CNET, penjualan iPad tahun ini akan menjadi yang terbesar bagi Apple, karena tablet tersebut tersedia di 42 negara secara serentak, termasuk China. Pada 2012, iPad 4 dan iPad mini hanya dirilis pertama kali di 27 negara, sementara iPad 3 hanya 10 negara.

Kendati iPad Air sudah resmi tersedia di pasar, namun ada sebagian konsumen yang memilih menunggu kehadiran generasi kedua iPad mini yang telah dilengkapi layar beresolusi ringgi Retina. Apple hanya mengatakan bahwa iPad mini generasi kedua itu akan dirilis pada November 2013, tapi tidak menyebut tanggal pasti. Rumornya, tablet itu tersedia antara 21 November atau 22 November.

Sebagian besar jurnalis dan media yang mengulas iPad Air memberikan penilaian positif terhadap tablet terbaru itu. Mulai dari desainnya yang lebih cantik, ukurannya yang lebih ringan dan kompak, serta prosesornya yang lebih cepat. iPad Air menggunakan chip A7, yang juga digunakan di iPhone 5. Prosesor itu dinilai mampu memberikan tenaga yang pas untuk menjalankan aplikasi berat seperti iLife dan iWork.

Sejak 2007 hingga saat ini, iPad memang masih menjadi pemimpin pasar tablet global. Meski demikian, International Data Corporation (IDC) memperkirakan bahwa market share Apple di pasar tablet dalam beberapa tahun kedepan akan terus menurun. Terutama karena semakin banyaknya tablet bersistem operasi Android yang harganya semakin terjangkau.

Pada kuartal ketiga 2013, misalnya, market share Apple di pasar tablet global turun 11 persen ke angka 29,6 persen dibandingkan 40,2 persen pada periode yang sama tahun lalu. Meski demikian, perusahaan asal Cupertino, AS, itu mencoba untuk mempertahankan market share di kuartal keempat melalui kehadiran iPad Air dan iPad mini generasi kedua.

iPad Air dipasarkan dalam dua pilihan warna, space gray dan silver, dengan harga mulai USD499 untuk tipe Wi-Fi 16 GB hingga USD799 untuk tipe 128 GB. Sedangkan yang memiliki jaringan 4G/LTE dibanderol mulai USD629 untuk tipe 16 GB dan USD929 untuk tipe 128 GB.

Iklan