Layanan XL Dekat adalah personal tracker, salah satunya untuk orang tua yang ingin mengawasi anaknya.
Layanan XL Dekat adalah personal tracker, salah satunya untuk orang tua yang ingin mengawasi anaknya.

Tidak semua orang tua mau memberi putra-putri mereka ponsel atau smartphone. Walau, sebenarnya orang tua tentu akan merasa lebih nyaman jika selalu mengetahui dimana lokasi buah hati mereka, sepulang sekolah, misalnya.

Saat ini ternyata sudah ada teknologi yang menjawab problem tersebut. Operator AT&T di Amerika membuat solusi untuk melacak keberadaan suatu objek (personal tracker) melalui sebuah alat yang berbentuk jam tangan. Namanya FiLIP dan akan segera diluncurkan ke pasar dalam beberapa bulan ke depan.

Fitur utama FiLIP adalah pelacak lokasi (GPS), sehingga orang tua akan mengetahui seandainya si anak meninggalkan tempat “aman” seperti sekolah. Perangkat tersebut juga dapat melakukan panggilan suara dan SMS, meski hanya terbatas pada lima kontak yang telah di-setting oleh orang tua mereka.

Intinya, selama si anak mengenakan jam tangan tersebut, maka orang tua bisa langsung melacak aktivitas serta lokasi buah hati mereka melalui aplikasi FiLIP yang ada di iPhone atau Android. ”Kami ingin menciptakan produk yang dapat memberdayakan anak-anak,” ujar CEO FiLIP Jonathan Peachey.

Nah, ketika smartwatch FiLIP belum juga dirilis, operator seperti PT XL Axiata Tbk (XL) di Indonesia ternyata sudah lebih maju. Divisi Machine 2 Machine (M2M) XL akhir September lalu mengenalkan layanan yang disebut dengan XL Dekat.

Layanan ini juga merupakan personal tracker,  sebuah mobile GPS dalam bentuk gadget mini (bukan jam tangan) buatan Asia Quattro Net (AQN). Perangkat ini dapat mengirimkan koordinat lokasi si pembawa melalui tombol darurat (SOS emergency). Selain mengirimkan koordinat, tombol SOS juga akan memicu panggilan telepon ke orang terdekat.

Melalui portal XL Dekat, para orang tua juga dapat mengatur lokasi-lokasi penting di mana si pembawa alat berada. Sistem akan mengirimkan notifikasi kepada orang tua jika alat tersebut keluar dari lokasi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sistem ini dikenal dengan sebutan geofence.

Selain itu, XL Dekat juga memiliki tombol telepon cepat yang memudahkan anak-anak untuk melakukan panggilan hanya dengan sekali tekan, bahkan tanpa melihat ke layar.

Menurut Senior GM Mobile Finance XL Yessy D Yosetya, perangkat ini tersedia sejak bulan lalu di sejumlah gerai Xplor di Jakarta dengna harga Rp880.000-Rp1 jutaan dalam bentuk telepon mini. Sementara biaya berlanggan per bulannya Rp38.500. Yessi mengatakan bahwa pihaknya saat ini berusaha untuk menyasar komunitas, terutama keluarga dan orang tua.

Iklan