Suasana Booth Honda di IIMS 2013.
Suasana Booth Honda di IIMS 2013.

Sulit menentukan booth mana yang terbaik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Tapi, rasanya hanya booth milik Honda yang mampu kental dengan kata joy dan fun.

Andika Wahyu, 21, punya dua tujuan saat datang ke perhelatan IIMS 2013 akhir pekan lalu. Melihat-lihat mobil keluaran terbaru ternyata jadi tujuan kedua. Yang utama justru menonton grup idola favoritnya, JKT 48, yang memeriahkan panggung utama booth Honda di Hall D1, Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Kemayoran, Jakarta.

JKT48 sendiri merupakan brand ambasador dari line up terbaru New Honda Brio yang diluncurkan pada 11 September 2013 silam. Grup beranggotakan gadis-gadis muda dan cantik tersebut dianggap sesuai dengan imej Honda Brio sebagai mobil anak muda yang modis, enerjik, serta menjadi trendsetter.

Strategi itu terlihat efektif ketika Sabtu (21/9) sore silam booth Honda penuh dengan pengunjung. Tidak hanya kaum muda, tapi juga keluarga. ”Begitu penuhnya seperti sedang menonton Metallica di Gelora Bung Karno,” canda Andika yang selain menggemar musik metal tapi juga nge-fans dengan grup idol.

Bukan tanpa alasan ketika PT Honda Prospect Motor (HPM) memilih tema Expanding Joy and Fun untuk memeriahkan motor show tahun ini. Dalam sambutannya, Presiden, CEO, serta Direktur Representatif Honda Motor Co. Toshinobu Ito mengatakan bahwa elemen ”Joy” mewakili berbagai teknologi inovatif dan ramah lingkungan milik Honda. Sedangkan unsur ”Fun” sendiri menggambarkan DNA sporty Honda yang identik dengan model mobil dengan performa tinggi.

Dan ketika mereka kini mulai menyasar segmen lebih luas (massal) dengan memasarkan model-model yang memiliki banderol harga lebih terjangkau, nilai dan kualitas Joy dan Fun tersebut ingin disebarkan lebih ke lebih banyak orang. ”Karena itu elemen ’for all’ menjadi bagian penting dalam tema Honda di IIMS tahun ini,” ujar Ito.

Hal itu, ditampilkan lewat desain booth maupun display mobil di IIMS 2013. Booth seluas 2.010 m2 itu mengambil lokasi di Hall D. Dominasi warna putih dan aksen merah dalam garis-garis dinamis merepresentasikan elemen Joy dan Fun. Sedangkan display mobil dari titik pusat panggung utama ke arah luar booth untuk “menyambut” pengunjung disesuaikan dengan eleman ”For All”.

Mobilio dan NSX Concept

Honda NSX yang baru pertama kali diboyong ke Asia Tenggara
Honda NSX yang baru pertama kali diboyong ke Asia Tenggara

Setidaknya ada dua mobil yang jadi bintang di booth Honda tahun ini. Pertama adalah Honda Mobilio Prototype, mobil low multi-purpose vehicle (LMPV) pertama Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Sejak dikenalkan ke publik Kamis (19/9) silam, Mobilio langsung mencuri perhatian. ”Desainnya sangat sporty, ada 7 tempat duduk, atapnya pendek, dan terlihat lapang. Saya rasa sangat kompetitif,” ujar Albert Halim, salah seorang pengunjung.

Ketika diberitahu harganya Rp150 juta-Rp180 juta, ia semakin terkejut. ”Oh ya? Saya tidak menyangka bakal serendah itu. Menarik sekali. Kebetulan saya sedang mencari mobil keluarga tapi bujetnya tidak terlalu besar,” ujar pengusaha pakaian yang kini mengendarai SUV keluaran Amerika tersebut.

Honda Mobilio Prototype mulai dirakit di pabrik baru Honda di Karawang, Jawa Barat, pada awal 2014 mendatang dan ditargetkan sampai ke tangan konsumen pada akhir Januari-Februari 2014. Targetnya adalah 80.000 unit setahun dan sekitar 2.500 indent selama IIMS 2013.

Bintang kedua adalah Honda NSX Concept, generasi supercar legendaris Honda yang sangat populer di era 90an. NSX Concept tampil perdana di Amerika pada awal 2012 silam dan baru pertama kali dibawa di kawasan Asia & Oceania.

Tahun lalu, mobil yang mengadopsi mesin Sport Hybrid All Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) tersebut itu banyak dibicarakan karena digunakan oleh Iron Man (Robert Downey Jr) di film The Avengers.

Tidak hanya memadukan performa dan tampilan sporty, NSX Concept juga menawarkan efisiensi mesin hybrid. Performa tingginya datang dari kombinasi antara torsi dan efisiensi dari mesin hybrid. Satu mesin bekerja integral dengan mesin V6, sedangkan dua motor bekerja independen menggerakkan roda belakang. Bodinya yang sangat futuristik terbuat dari alumunium dan CRFB (carbonfibre reinforced plastic). NSX Concept rencananya akan dikenalkan di berbagai negara—termasuk Indonesia—.

Secara total, Honda menampilkan sebanyak 28 mobil di tiga zona display. Di Zona Smart ada model paling canggih juga ramah lingkungan. Misalnya saja Honda Accord yang mengusung mesin baru Earth Dreams. Serta Honda Civic dan CR-V.

Di Zona Sporty berjajar model-model yang mewakili “kesenangan berkendara”. Sebut saja Honda CR-Z Mugen RZ yang dimodifikasi sangat ekstrim. Ada juga model CR-Z dengan tampilan warna two-tone. Selebihnya ada Honda Jazz Racing, CR-V, Jazz dan Brio dengan aksesoris Modula, serta Honda Civic dan City yang berbalut aksesoris Mugen.

Sementara itu, Zona For All menampilan jajaran model Honda yang memiliki harga terjangkau. Salah satunya Brio Satya, model Low Cost Green Car (LCGC) yang tampil kali pertama di publik sejak diluncurkan pada 11 September 2013 silam.

”Brio Satya adalah model yang banyak menarik perhatian pengunjung,” ujar Wendy Chai, salah satu sales Honda. ”Saya rasa model ini akan mendapatkan SPK sangat banyak,” tambahnya.

Marketing & Aftersales Service Director PT HPM Jonfis Fandy optimistis produk Honda dapat menjadi primadona tahun ini. ”Intinya kami berusaha untuk memberikan konsumen lebih banyak pilihan model dengan rentang harga yang juga berbeda-beda,” paparnya.

Sejak Januari hingga Agustus 2013 Honda telah mencatat penjualan 62.010 unit di Indonesia dengan pangsa pasar 7,8% dari total pasar nasional. Produk-produk seperti City, Civic, CR-Z dan CR-V terus memimpin pangsa pasar di kelasnya masing-masing, sementara Honda Jazz, CR-V, dan Freed menjadi kontributor utama bagi penjualan Honda hingga saat ini.

Hingga 2016 mendatang Honda menargetkan mampu menjual hingga 300.000 unit mobil. Saat ini mereka telah membangun pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi yang akan mencapai 180.000-200.000 unit pertahunnya.

Grup Idola JKT 48 saat beraksi di booth Honda.
Grup Idola JKT 48 saat beraksi di booth Honda.

JKT 48

Iklan