galaxy-noteSetidaknya ada tiga hal baru dalam Galaxy Note 3 yang secara resmi dikenalkan di perhelatan IFA 2013 di Berlin, Jerman, beberapa waktu lalu. Pertama, adalah layar full HD Super Amoled Note 3 yang lebih lebar, membentang hingga 5,7 inci dibanding Galaxy Note 2 yang 5,5 inci.

Sejumlah fitur baru juga dibenamkan untuk mendukung layar lebih lebar ini. Misalnya Multi Window untuk berganti aplikasi tanpa harus menutup atau membuka window atau halaman baru. Juga mode Drag and Drop untuk menyimpan konten seprti teks dan gambar dari satu window ke lainnya.

Walau layarnya lebih besar, namun ukuran Galaxy Note 3 justru lebih ramping (8,3mm), memiliki bodi lebih ringan (186 gram), dan daya tahan lebih lama (baterai 3.200 mAh).

Kedua, adalah spesifikasi yang jauh lebih tangguh. Kamera-nya kini menggunakan 13 MP, RAM mencapai 3 GB (terbesar di kelasnya), prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800 2.3 GHz, Adreno 330 GPU untuk menunjang resolusi layar 1920 dan 1080 piksel, serta kemampuan merekam video UltraHD 4K.

Ketiga, Galaxy Note 3 dibekali teknologi S Pen baru. Stylus tersebut kini dipadu teknologi Air Command untuk melihat preview di layar. Ada beberapa teknologi baru yang juga dibenamkan, seperti mengubah tulisan tangan menjadi format teks di action memo, menyusuri konten informasi dari Web, YouTube dan Gallery dalam satu tempat, merekam dan menangkap gambar secara full screen dari halaman yang tengah dibuka, hingga S Finder untuk menyusuri kata kunci tertentu.

Fitur lain yang tersedia adalah Group Play yang mulanya hanya ada di Galaxy S4, Samsung Knox untuk menyimpan aplikasi dan data dengan tingkat keamanan sensitif di “container”. Hal ini untuk menjawab kritikan bagaimana Android rentan terhadap malware atau peretasan.

Pengguna juga dapat memilih untuk menyimpan aplikasi perusahaan dan data seperti email perusahaan, kontak dan kalender, serta memungkinkan departemen TI untuk mengelola container melalui EAS (Exchange ActiveSync Server). Fitur-fitur ini membuat Galaxy Note 3 ideal untuk BYOD (Bring-Your-Own-Device to work).

Terakhir, fitur Find My Mobile memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan telepon ketika dicuri atau hilang. Teknologi tersebut mencegah ponsel yang dicuri untuk dapat di reset ke pengaturan pabrik, dan memungkinkan pengguna untuk melacak atau menghapus dari jarak jauh data pada ponsel mereka yang hilang atau dicuri.

Di Indonesia, Galaxy Note 3 sudah ditawarkan melalui sistem pre-order sejak 11 September 2013 silam dan akan berakhir pada 22 September mendatang. Harga banderol phablet tersebut selama pre-order berlangsung adalah Rp8.888.000 melalui saluran belanja online dan operator dengan penawaran mulai dari aksesori hingga cash back.

Iklan