urilTingginya pertumbuhan penjualan smartphone dan tablet ternyata ikut berdampak pada industri aksesori, terutama yang berteknologi nirkabel. Apa dan mengapa?

Eksplosif. Begitulah analis menggambarkan pertumbuhan pasar smart wireless accessory (aksesori nirkabel). Beragam aksesoris dengan teknologi nirkabel untuk melengkapi smartphone, tablet, notebook, ataupun PC diprediksi akan mencapai pertumbuhan luar biasa pada beberapa tahun mendatang.

Laporan firma riset Juniper Research yang bertajuk Smart Wireless Accessories: CE, Fitness, Health, Payments & Enterprise 2013-2018 menunjukkan bahwa bagaimana aksesoris nirkabel diprediksi akan tumbuh hingga menembus angka 170 juta unit pada akhir 2018 mendatang.

Tahun ini saja, jumlah aksesori nirkabel diprediksi akan menembus 18 juta unit. Sektor kebugaran/fitness dan kesehatan (healthcare) mendominasi dengan 50 persen pangsa pasar.

Selain itu, sektor lain yang tak kalah potensial dan memiliki ruang berkembang besar adalah aksesori nirkabel di bidang consumer electronic. ”Para vendor harus cermat dalam membuat produk yang mampu menangkap dan mewujudkan imajinasi konsumen,” jelas Nitin Bhas dari Juniper Research.

Aksesori nirkabel tak selalu harus cutting edge atau mengusung teknologi terkini seperti Google Glass ataupun smartwatch. Tapi, bisa juga sekadar aksesori seperti baby monitoring, home security & monitoring, atau produk trackpad dan kibor nirkabel.

Yang pasti, aksesori tersebut mampu berdampak besar terhadap kegiatan keseharian konsumen.

Mengapa Harus Nirkabel?

Teknologi wireless atau nirkabel adalah teknologi yang mampu menghubungkan dua piranti untuk dapat bertukar data tanpa membutuhkan media kabel.

Caranya? Melalui media gelombang cahaya tertentu seperti infra merah pada remote TV atau gelombang radio seperti Bluetooth yang ada di smartphone.

Melalui teknologi nirkabel, maka penggunaan kabel yang bisa menganggu estetika dapat dieliminasi. Bukan itu saja, kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 peranti bersamaan juga dapat dihindari.

Keuntungan yang ditawarkan teknologi nirkabel membuat teknologi tersebut berperan penting terhadap perkembangan industri aksesoris baik PC, smartphone, ataupun tablet dalam beberapa tahun terakhir.

Fitur Penting

urlFitur nirkabel, menurut Country Manager Logitech Indonesia Kurniadih Sutanto, merupakan faktor penting agar sebuah produk aksesoris diterima oleh pasar Indonesia selain keindahan desain, performa andal, serta kualitas atau daya tahan.

Di pasar seperti Indonesia, produk aksesoris wireless memang masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan aksesoris kabel. Meski demikian, Kurniadih mengatakan bahwa kontribusi aksesoris wireless di Logitech sendiri sangat besar. ”Kami sangat dominan di aksesoris wireless, bahkan kami yang men-drive market,” ujarnya.

Tentu saja, walau dikenal sebagai produsen aksesoris untuk PC, Logitech tergolong cepat menangkap momen. Ini terlihat dari agresivitas mereka dalam mengembangkan produk aksesori yang tidak hanya untuk perangkat PC terbaru (dengan OS Windows 8), tapi juga untuk smartphone dan tablet.

Logitech Ultrathin Keyboard untuk iPad, misalnya, menjadi salah satu produk aksesori yang sangat populer—bahkan disebut sebagai best selling kibor untuk iPad–. Yang terbaru, mereka juga merilis Logitech Ultrathin Keyboard mini untuk iPad mini.

Tak sedikit pengguna iPad mini yang memfungsikan tablet mereka sebagai perangkat produktif, bukan sekadar untuk mengonsumsi konten. iPad mini yang berukuran ringkas itu berfungsi sebagai ”notebook”, misalnya mengetik, membalas, email, dan lainnya.

Untuk itu, mereka (pengguna) tentu butuh kibor yang sesuai. Nah, Logitech Ultrathin Keyboard mini ini disebut-sebut sebagai keyboard cover terbaik yang ada di pasaran saat ini. Desain tuts EasyType-nya menghadirkan layout kibor tradisional dalam ukuran lebih kecil.

Teknologi nirkabel juga memudahkan pengguna dalam menghubungkan kibor dengan daya tahan baterai hingga 3 bulan itu ke iPad mini (cukup sentuh satu tombol).

Klip magnetik kuat terintegrasi membuat kibor berfungsi pula sebagai kover, apalagi beratnya juga sangat ringan. ”Logitech Ultrathin Keyboard mini ini fungsinya seperti soulmate bagi iPad mini,” ujar Kurniadih.

Produk-produk Logitech, menurut Kurniadih, di desain untuk mendukung gaya hidup pengguna dalam bekerja, hiburan, hingga menemani aktivitas kebugaran. ”Produk kami terus menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan teknologi,” pungkasnya.

Iklan