SKOREA-TECHNOLOGY-INTERNET-MESSAGINGAplikasi messaging merupakan aplikasi yang paling hot saat ini. Termasuk juga di Indonesia. Bahkan, chatting merupakan aktivitas terbesar yang dilakukan pengguna smartphone di Indonesia.

Tak heran jika BlackBerry sempat menjadi smartphone terbesar di Indonesia lewat fitur BlackBerry Messenger-nya, dan kini layanan chat diperebutkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Line, WhatsApp, KakaoTalk, dan WeChat.

Yang terbaru, WeChat yang WeChat pertama diperkenalkan di Indonesia melalui joint venture di antara MNC dan Tencent pada 28 Februari 2013 dalam berekspansi ke Indonesia itu mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanan mereka telah menembus 235,8 juta orang.

WeChat yang sebelumnya disebut jago kandang itu juga mengatakan bahwa pengguna terdaftar di luar China sudah mencapai 100 juta orang. Padahal, Mei silam pengguna non China mereka hanya 50 juta orang. Artinya, hanya dalam 3 bulan pengguna mereka tumbuh dua kali lipat.

WeChat menjadi aplikasi chatting populer di negara seperti India, Malaysia, Meksiko dan Filipina. Begitupun Singapura, Indonesia dan Thailand. Di Indonesia, belum lama ini WeChat juga meluncurkan TVC bintang sepakbola Lionel Messi.

WeChat memang menonjolkan layanan voice message, fitur yang kini ditiru oleh WhatsApp. Fitur pesan suara milik WhatsApp serupa dengan itur Push To Talk milik WeChat.

Pengguna merekam beberapa detik suaranya sambil menekan tombol, untuk lantas mengirimnya melalui jaringan data ke lawan bicara. Sekilas, layanan ini mirip dengan HT (dengan fitur voice message).  WhatsApp menegaskan bahwa mereka berbenah dan tidak ingin disebut ketinggalan dengan kompetitor mereka.

Tapi, yang mungkin disebut menarik justru ada pada Facebook. Mengapa? Karena mereka baru saja menambahkan layanan “Sticker” pada aplikasi Facebook Message yang ada pada mobile phone.

Sticker memang berbeda dengan emoticons biasa. Sticker memiliki ilustrasi yang lebih kaya dan personal, juga lebih menggambarkan ekspresi yang akan disampaikan kepada lawan chatting.

Cara mengirim sticker lewat Facebook Message cukup mudah. Sentuh aplikasi message, klik tombol smiley, kemudian geser untuk melihat stiker yang tersedia, lantas sentuh untuk mengirimkannya ke teman. Untuk sementara, layanan stiker ini hanya tersedia untuk beberapa perangkat saja.

Survei Nielsen Indonesia menyebut bahwa pengguna WhatsApp di Indonesia saat ini sudah melebihi pengguna BBM. WhatsApp mengakomodir 58% market share, sedangkan BBM hanya 41%. Selanjutnya ada pemain baru seperti Line (35%), KakaoTalk (30%), dan WeChat (27%).

Iklan