FOTO AAksesoris tahan air/waterproof ini sengaja di desain untuk menjaga agar perangkat portabel Anda seperti smartphone, tablet, dan kamera tetap nyaman digunakan saat liburan ke pantai atau kolam renang.

Pantai, laut, atau kolam renang menjadi pilihan sebagian masyarakat untuk menghabiskan hari libur panjang bersama keluarga, teman, ataupun orang terdekat. Kendati demikian, gadget dan air memang tidak ditakdirkan untuk bersatu. Terutama air laut yang memiliki kadar garam thinggi sehingga akan menimbulkan korosi atau kerusakan pada perangkat elektronik.

Padahal, di saat liburan Anda justru tidak bisa jauh-jauh dari kamera, smartphone, ataupun tablet. Entah untuk sekadar update status di Facebook dan Twitter, memotret dan mengunggah foto di Instagram atau Path, hingga sekadar browsing dan membaca buku di iPad.


Lalu, bagaimana? Solusinya, ternyata cukup mudah. Karena saat ini ada banyak sekali aksesoris yang menawarkan perlindungan ekstra terhadap perangkat portabel yang Anda miliki dari cairan.

Tentu, bukan lantas Anda bisa membawa iPhone Anda untuk freedive untuk memotret terumbu karang dan ikan di dalam laut (kendati sebagian mengklaim hal tersebut dapat dilakukan). Yang pasti, aksesoris-aksesoris ini akan melindungi gadget Anda agar tidak terpapar air laut, angin laut yang lengket, pasir, hingga berbagai zat lainnya yang berpotensi merusak komponen elektronik. Apa saja?

Pelindung Kamera Poket

BingoProduk seperti Bingo WP01-15 Clipper Lock ini mampu melindungi kamera saku digital Anda dari air. Meski tidak direkomendasikan, namun casing ini diklaim mampu membawa kamera Anda menyelam hingga kedalaman 20 meter. Bahannya berbentuk kantung PVC, cocok digunakan di pantai, atau berenang. Dimensinya 20 x 15 cm dan diameter lensa 7 cm di sesuaikan dengan ukuran kamera saku. Harganya hanya Rp138.500 di Lazada.co.id.

Pelindung Tablet

Aquapac TabletAquapac Large Whanganui ini cukup besar untuk melindungi iPad hingga Samsung Galaxy Tab 10.1. Pihak Aquapac menjamin bahwa casing ini juga 100% anti air, debu, lumpur, dan pasir.

Seandainya Aquapac Large Whanganui tak sengaja jatuh ke laut atau kolam, barang-barang elektronik Anda akan tetap selamat karena di desain untuk mengambang. Shoulderstrap juga membuat Anda tidak akan kerepotan saat membawanya. Cukup kenakan seperti tas selempang.

Yang menarik, pengguna masih bisa mengakses layar tablet mereka melalui sentuhan. Kenapa? Karena layar kapasitif tablet tetap bekerja di bahan material pelindung khusus. Dan kalaupun Anda tidak sedang membawa tablet, pelindung ini cukup untuk membawa beberapa ponsel, paspor, uang, dan barang-barang penting lainnya. Harganya? Rp510 ribu di Tokobagus.com.

Pelindung Smartphone

Manto iPhoneJika Anda hanya memiliki satu smartphone yang dibawa bepergian, maka tidak ada salahnya untuk memberikan perlindungan maksimal. Salah satunya adalah Manto Aqualife Universal Waterproof Smartphone.

Casing ini dirancang menggunakan silikon lembut untuk melindungi tepian dan layar smartphone dari air. Diklaim, ponsel Anda bisa direndam hingga kedalaman 1 meter. Di dalam air itu pun smartphone Anda masih bisa digunakan, misalnya untuk merekam gambar atau video.

Karena risikonya yang tinggi, umumnya casing tahan air hanya dirancang untuk smartphone tertentu atau tidak bisa digunakan di beberapa model sekaligus. Manto Aqualife ini, misalnya, hanya ditujukan untuk iPhone 4 dan iPhone 4S saja. Harganya Rp300 ribu dan bisa dibeli di Lazada.co.id.

Pelindung Camcorder

HandycamUntuk memastikan camcorder Anda aman dari air laut, maka Tteoobl DV808 ini bisa jadi pilihan. Casing asal Jepang ini memiliki dimensi panjang 19,7 cm, lebar 5,7 cm, dan tinggi 12,5 cm. Sudah di desain sedemikian rupa untuk menyesuaikan kontur dari produk camcorder.

Produsennya mengklaim bahwa casing mereka mampu melindungi kamera dengan kedalaman maksimum hingga 20 meter. Dengan harga hanya Rp175 ribu di situs Tokopedia.co.id, tidak disarankan untuk membawa gadget Anda “nyemplung” ke dalam air. Tapi lebih kepada melindungi dari cipratan air.

Dry Bag

DryBagDry Bag adalah favorit para traveler ketika mereka berwisata ke tengah laut ataupun pantai. Sesuai namanya, tas tersebut di desain untuk menjaga perlengkapan kita tidak terekspose air.

Yang berbeda, Dry Bag memiliki ukuran yang beragam. Mulai 10 liter, 12, liter, atau 15 liter. Pengguna tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Karena ukuran yang besar itu, umumnya penggunaan Dry Bag lebih luas (multi-purpose). Tidak hanya sekadar membawa gadget dan perangkat elektronik. Tapi juga benda-benda kebutuhan lainnya seperti uang, makanan, snack, dan masih banyak lagi.

Materialnya yang kokoh dan solid membuat tas yang mungkin memiliki tampilan monoton ini sangat durable. Seandainya jatuh ke air, tas tersebut akan mengapung, memudahkan untuk mengambil kembali. Dry Bag ini tersedia di berbagai toko online dengan harga mulai Rp200 ribuan hingga jutaan rupiah. danang arradian

Iklan