M10_t520Keyboard IDMelalui T520, Mito Mobile berupaya menjaring mereka yang tidak hanya ingin menggunakan tablet untuk sekadar berkomunikasi, bermain game, ataupun berselancar internet. Namun, melakukan aktivitas produktif seperti mengetik.

Itu sebabnya, T520 yang mengusung layar 7 inci WVGA itu sudah dibekali docking kibor eksternal dalam pembelian. Kibor tersebut dirancang khusus untuk T520. Koneksinya tidak menggunakan Bluetooth, melainkan kabel micro USB. Docking kibor tersebut tidak memiliki daya sendiri dan kinerjanya tergantung dari baterai tablet.

Jika tidak ingin digunakan, cukup cabut kabel, lepaskan dari kibornya.

Ketika digunakan untuk mengetik, memang sedikit kurang nyaman mengingat ukuran kibor yang sangat kecil—terasa lebih kompak daripada kibor netbook—dan jarak antar tuts yang berdekatan. Tapi, saya masih bisa memenej mengetik dengan cepat melalui aplikasi notes.

Jika ditutup, Mito T520 terlihat seperti sebuah netbook yang ringkas dan ringan untuk dibawa-bawa. Bedanya, “netbook” ini memiliki layar sentuh, sistem operasi Android Jelly Bean (4.1), dan banderol harga sangat terjangkau: Rp1,3 juta.

Lewat banderol murah itu, pengguna mendapat spesifikasi prosesor MTK 6517 dengan CPU dual core 1 GHz, memori internal 4GB (dukungan microsSD hingga 32 GB, kamera utama 2 MP dan 0.3 MP di depan, baterai 1800 mAh, dan dukungan TV tuner analog.

Namun, ada satu kekurangan. Yakni absennya dukungan 3G. Tablet tersebut memang menggunakan kartu ganda (Dual On). Namun, dua-duanya hanya GSM saja alias hanya sebatas komunikasi suara dan SMS, bukan data.

Jika pengguna ingin mendapatkan akses data, maka harus sepenuhnya bergantung pada koneksi Wi-fi. Kiadaan chip 3G, bisa jadi untuk memangkas harga tablet tersebut. Tapi, di satu sisi, jika fungsi docking kibor sendiri untuk melakukan aktivitas produktif, maka ketiadaan dukungan 3G justru menjadi kontraproduktif.

Karena tentu saja akan menyulitkan pengguna yang ingin membalas email atau mengerjakan tugas dan ingin langsung mengirimkannya ke orang lain. ”Mito T520 ditujukan untuk mahasiswa atau pelajar yang menginginkan tablet terjangkau tapi memiliki fungsi untuk produktif,” ujar Marketing Manager Mito Mobile Wijaya Kusuma di Sarinah Thamrin, Senin (23/7) silam.

Iklan