Sony MDR-XB920XB pada Sony XB MDR-XB920 adalah singkatan dari Extra Bass. Sudah jelas, headphone ini menyasar mereka yang menyukai porsi bass yang nendang dan bertenaga. Terutama jika Anda menyukai musik pemompa adrenalin seperti R&B, Drum&bass, dubstep, trance, house, atau bahkan hip hop.

XB920 memiliki desain manis dan impresif. Materialnya terbuat dari bahan apik. Terlihat cukup mencolok dengan sepuhan metalik yang dikombinasikan warna merah menyala. Dengan berat 305 gram, XB920 tidak sampai melelahkan jika digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk dibawa-bawa, dimensi 176 x 107 x 220 mm juga tidak terlalu besar. Apalagi, Flexible Multi-folding Design membuatnya bisa ditekuk ke dalam sehingga bisa lebih hemat ruang. Stereo Mini plugnya yang berbentuk L sudah berlapis emas, untuk memastikan dapat menghantarkan suara dengan kualitas maksimal.

Memang headphone ini bukan termasuk kelas premium seperti Bose QuietComfort Acoustic Noise Cancelling yang memiliki teknologi pengisolasi suara. Namun, ketika dipakai, Earpads-nya cukup baik saat meredam suara dari luar. Earpads ini juga menjaga agar suara bass terasa membulat di gendang telinga. Dan favorit saya adalah bahan earpads yang lembut dan empuk. Kendati lebih berat dibandingkan dengan headphone Sennheiser yang biasa saya gunakan, namun ternyata saya jauh lebih betah memakai XB920.

Hal lain yang jadi nilai plus adalah bagaimana headphone ini sudah sangat menunjang perangkat mobile seperti smartphone.

Mengapa? Karena ternyata di dalamnya sudah dibekali built-in microphone. Sehingga seandainya ada panggilan masuk, saya tetap bisa berkomunikasi dengan nyaman. Kemudian ada juga inline remote (tombol play/pause) di kabelnya. Memang tidak bisa untuk memaju-mundurkan lagu atau menaik turunkan volume. Namun, memiliki tombol untuk bisa menghentikan musik secara cepat adalah penting ketika sedang ada di kereta atau bis.

Hal lain yang saya suka adalah kabelnya yang pipih dan kokoh seperti fettucini, sehingga hampir pasti tidak kusut. Saya memiliki masalah dengan kabel kusut in-ear-headphone Beats Audio yang saya gunakan sekarang. Cukup mengganggu, karena setiap akan dipakai kita harus mengurai dulu kabel panjangnya itu.

Saya memang lebih menyukai in-ear-headphone karena ringkas, kualitas suara yang terjaga, serta praktis untuk bepergian. Namun, mempunyai produk headphone yang praktis digunakan untuk kondisi statis di meja kerja dan tetap asyik dipakai diperjalanan adalah sebuah plus.

Dengan respon frekuensi 3-28 kHz, kualitas dan performa suara XB920 saya rasa cukup baik dan memuaskan. Dentuman bassnya terasa kuat dan solid. Sedangkan treble-nya walau tidak istimewa, tapi cukup empuk. Harganya memang cukup tinggi, yakni antara Rp1,5 juta-Rp2 jutaan.

Sony MDR 2

Iklan