Lg PrinterPortabilitas adalah idiom yang menjadi acuan dalam mendesain sebuah produk saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir ini gaya konsumsi konsumen telah banyak berubah. Mereka menginginkan segala sesuatunya menjadi serba ringkas, serba kompak, serta dapat dibawa-bawa.

Tak terkecuali pada produk printer. Popularitas smartphone dan bagaimana konsumen teradiksi dalam mengambil foto lewat perangkat merkea membuat para vendor melihat peluang pasar baru. Yakni, mereka yang ingin mencetak fotonya dengan lekas dan lugas. Cepat dan menyenangkan.

Tentu akan menyenangkan jika kita bisa memiliki sebuah versi cetak dari foto yang biasa kita edit dan unggah di Path, Instagram, Flickr, Twitter, ataupun Facebook.

LG Pocket Photo PD-221 adalah salah satu perangkat yang menjawab hal itu. Printer ini sangat ringan dan kompak. Dimensinya hanya (pxlxt) 72.4 x 120.9 x 24 mm atau sama dengan sebuah HDD eksternal. Sedangkan beratnya cuma 212 gram yang membuatnya sangat mudah dibawa-bawa.

Dan yang menarik adalah bagaimana printer ini bisa mencetak secara nirkabel (tanpa kabel). Jika smartphone Anda memiliki NFC, cukup sentuhkan ke permukaan LG Pocket Photo PD-221 dan secara otomatis proses mencetak akan dimulai. Praktis!

Tapi, jika Anda menggunakan smartphone yang belum memiliki NFC, bisa juga mencetak melalui Bluetooth. Memang butuh waktu beberapa detik, tapi tetap praktis. Dan sebagai cadangan, Anda masih tetap dapat mencetak dengan cara konvensional. Yakni menggunakan kabel USB.

Untuk bisa menghubungkan LG Pocket Photo PD-221 dengan smartphone Anda, terlebih dulu harus mengunduh aplikasi LG Pocket Photo App di Google Play. NFC dmengarahkan saya ke aplikasi ini ketika pertama menyentuhkan Samsung Galaxy S4 ke permukaan LG Pocket Photo PD-221.

Aplikasi tersebut juga memiliki banyak sekali fungsi. Mulai mengedit foto, “mendekorasi” dengan memberikan kata-kata, gambar, atau lokasi dengan menambahkan QR code di hasil cetak, mengunggah foto yang akan dicetak ke Facebook atau Twitter, serta mengatur posisi foto di lembar cetak.

Hasil cetak beresolusi 640×1244 piksel hadir dalam ukuran 2 inci x 3 inci. Hal menarik lainnya adalah produk ini menggunakan kertas cetak teknologi baru dari Zinc Inc. Teknologi ini tidak memerlukan tinta atau cartridge terpisah. Hasilnya juga diklaim anti air dan kerut.

Setiap Zink Media Photo Paper yang dipasarkan seharga USD18 (di Amazon) khusus untuk LG Pocket Photo PD221 berisi 30 lembar. Memang ada kekurangan dari produk ini. Pertama, harganya masih cukup tinggi. Yakni Rp1 jutaan. Portabilitas dan teknologi tinta tersebut ternyata harus dibayar cukup mahal. Kedua, kualitas hasil cetaknya juga tidak istimewa. Dalam beberapa kesempatan hasil warnanya tidak sesuai dengan yang ada di layar smartphone. Ketiga, produk ini belum mendukung perangkat iOS.

Iklan