iphone-5-gsiii

Saat ini Apple dikabarkan sedang menyiapkan iPhone dengan layar lebih besar serta model yang memiliki harga lebih terjangkau. Kedua produk tersebut baru akan meluncur tahun depan.
Para analis melihat hal ini sebagai langkah ”kepepet”. Perusahaan asal California yang mendefinisikan ulang smartphone dan merajai pasar smartphone dunia itu terus-menerus terancam dengan rival mereka Samsung Electronics yang sangat agresif—membanjiri pasar dengan berbagai produk–.

Bukan Apple, melainkan Samsung yang mendefinisikan kategori baru– smartphone berlayar lebih besar yang disebut phablet–.

Dikabarkan Apple telah memesan dua tipe iPhone dengan ukuran 4,7 inci dan 5,7 inci kepada supplier mereka di China. Tapi, belum pasti apakah model flagship—terbaik—mereka akan hadir di ukuran paling besar. “Karena mereka terus mengubah spesifikasi produk di menit-menit terakhir,” ujar salah seorang sumber.

Masuknya Apple ke pasar phablet—smartphone berlayar besar tapi tak sebesar tablet—diperkirakan muncul karena adanya tekanan dari konsumen maupun investor supaya mereka bisa merilis lebih dari satu model handset dalam setahun. Analis menyebut laju inovasi Apple telah melambat sejak kematian Steve Jobs.

iPhone 5 yang dirilis September 2012 silam adalah model pertama yang memiliki desain berbeda dari iPhone 3.5 inci yang dirilis pada 2007 dan disebut mendiang Steve Jobs “ukuran sempurna untuk konsumen”. Kendati demikian, iPhone 5 yang berlayar 4 inci itu ukurannya masih paling kecil jika dibandingkan dengan smartphone premium yang ada dipasar saat ini seperti Samsung Galaxy S4 yang berukuran 5 inci dan Galaxy Note 2 yang ukurannya 5.5 inci.

Tahun ini, Apple diperkirakan bakal meluncurkan dua model iPhone. iPhone 5S, disebut memilki teknologi pengenalan sidik jari. Kemudian ada model iPhone yang lebih terjangkau dengan bahan dari plastik dan casing yang berwarna-warni (5-6 warna) seperti iPod untuk membedakan dari model iPhone yang hanya keluar dalam warna hitam dan putih. Namun, masih belum diketahui berapa harga pasti iPhone lebih terjangkau itu.
Pendapatan Apple terus menurut sejak 2010 sejak mereka mengenalkan iPad dan saat itu iPhone menjadi smartphone dengan penjualan terbesar di seluruh dunia. Sudah saatnya Apple menyegarkan jajaran flagship mereka.

Jajaran Produk Lebih Luas

Para analis menilai, Apple butuh perangkat yang lebih terjangkau untuk bisa mendongkrak penjualan di pasar potensial seperti China maupun India, serta menandingi Samsung yang memiliki produk di hampir semua spesifikasi dan ukran layar. China, pasar smartphone terbesar dunia, diprediksi bakal tumbuh 48 persen tahun ini, mengalahkan pertumbuhan global yang sekitar 31 persen.

Jika iPhone hnya dirilis dalam satu model, perangkat seperti iPod dan iPad sebenarnya sudah dipasarkan dalam rentang harga dan ukuran. Bulan lalu, di konferensi AllThingsD, CEO Tim Cook mengatakan, ”Kami memang belum merilis iPhone dengan ukuran berbeda. Belum bukan berarti tidak akan,” katanya.

Menurut Cook, iPod dan iPad memang dikhususkan untuk kebutuhan dan segmen pasar berbeda-beda. ”Di smartphone, itu jadi pertanyaan. Apakah memang kita (Apple) sudah saatnya melakukan hal itu?” katanya.
Menurut Cook, layar smartphone yang besar harus dibayar dengan fitur baterai, resolusi, atau tingkat kecerahan yang menurun.

Namun demikian, iPhone yang lebih terjangkau itu akan mulai di tes bulan depan dan diproduksi pada Agustus 2013 mendatang untuk memenuhi tingginya permintaan pada saat peluncurannya September mendatang. Diperkirakan 20 juta unit iPhone plastic akan dikapalkan pada Oktober-Desember 2013 mendatang.

Sharp Corp, Japan Display, dan LG Display akan menjadi supplier panel untuk model aluminium iPhone 5S dan iPhone plastik. Hon Hai Precision Industry (Foxconn) akan merakit model high-end, sementara Pegatron untuk model plastik.

Iklan