Ekpansi global aplikasi WeChat yang sangat masif.
Ekpansi global aplikasi WeChat yang sangat masif.

Saya sudah pernah menuliskan bagaimana sengitnya persaingan layanan internet messenger (IM) yang ada di Indonesia. Dan seperti yang sudah diprediksi, para vendor IM semakin sengit untuk berpromosi dan memberikan berbagai fitur baru bagi penggunanya.

Aplikasi IM diminati karena dinilai mampu meningkatkan interaksi sosial dengan mendukung berbagai pertukaran pesan, video, suara, emoticons, dan foto/gambar melalui jaringan data. Dengan adanya IM, pemilik akun dapat berkomunikasi one-on-one, atau dalam lingkungan terdekat mereka.

WeChat adalah salah satu penyedia layanan IM yang terus berinovasi. Perusahaan yang menjalankan usahanya secara joint venture dengan Global Mediacom (MNC Group) di Indonesia itu baru saja mengumumkan bahwa saat ini jumlah pelanggan mereka diluar China sudah menembus 50 juta orang.

Ini membuktikan bahwa adopsi layanan perusahaan asal China tersebut secara global tidak kalah dengan kompetitornya yang asal Korea Selatan (Line dan Kakao Talk) serta WhatsApp. Saat ini, Line mengklaim memiliki  lebih dari 150 juta pengguna, sedangkan Kakao Talk  82 juta pengguna, dan WhatsApp sendiri memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif.
 WeChat, yang di China dikenal dengan sebutan Weixin, sejak Januari 2013 silam menglaim bahwa mereka telah memiliki lebih dari 300 juta pemilik akun terdaftar. Jika ditotal, pengguna WeChat secara global saat ini diperkirakan bisa mencapai  400 juta user.

Pihak WeChat sendiri mengatakan bahwa perkembangan layanan mereka didukung oleh adopsi yang solid di berbagai negara berpopulasi tinggi. Aplikasi WeChat telah menempati posisi nomor satu sebagai aplikasi paling banyak diunduh, baik di App Store Apple maupun Google Play di sejumlah negara, termasuk di India, Malaysia, Meksiko dan Filipina.

Di Indonesia, kendati masih kalah dengan Kakao Talk dan Line, namun layanan WeChat yang datang belakangan itu sudah cukup bersaing. Mereka mengklaim sekitar 30 persen pemilik dan pemakai smartphone tercatat telah memiliki akun serta aktif menggunakan WeChat.

Pada akhir Maret, pengguna aktif kedua aplikasi yang tersedia pada iOS, Android, Symbian, BlackBerry dan Windows Phone itu tumbuh sebesar 228% hingga mencapai 194,4 juta. WeChat, bersama-sama dengan Weixin, merupakan aplikasi social media paling popular di seluruh dunia, yang turut membentuk cara baru berkomunikasi dan berinteraksi.

Menurut saya sendiri keunggulan WeChat ada pada kemudahannya untuk berkirim suara. Memang, dalam hal variasi emoticon atau sticker, aplikasi tersebut memang masih kalah dibandingkan dengan Line dan Kakao Talk.

Tapi, berkirim suara dengan mudah menggunakan fitur “Hold to Talk” memberikan cara baru dalam berkomunikasi. Fitur inilah yang disebut walkie talkie, karena memang seolah-olah memfungsingkan ponsel sebagai walkie talkie. Di Malaysia, misalnya, fitur walkie talkie ini sangat diminati.

Saya sendiri sering berkomunikasi menggunakan Walkie Talkie ini di grup teman dekat, atau dengan istri saya. Saya rasa fitur ini mudah karena tidak perlu lagi kita mengetik panjang-panjang. Tinggal bicara, sent, bicara, sent…

 

Berikut adalah beberapa keunggulan lain WeChat:
• Moments. Berbagai foto/gambar, pesan teks, dan tauan ke berbagai URL kepada teman dan kontak tertentu.
• Shake. Terhubung dengan cara cara mengguncangkan gadget, pengguna bisa langsung melakukan chatting. Cukup cool.
• Look Around. Mencari dan berkenalan dengan kontak yang ada di sekitar posisi Anda. Tapi, jangan berharap banyak untuk nyari jodoh ya.
• Drift Bottle. Mengirim pesan tertulis dan suara di dalam ‘botol’, membuangnya ke ‘laut’ dan menunggu siapa yang akan menangkap pesan tersebut. Ini adalah cara baru dalam berkenalan. Idenya menarik, tapi tidak tahu bagaimana hasilnya nanti.
• Official Accounts. Ini sudah dimiliki oleh Line dan Kakao Talk. Terbukti, selain untuk branding, cara ini cukup efektif—terutama di Indonesia—untuk meningkatkan jumlah pengguna. Offical accounts ini dapat digunakan untuk merchant atau perusahaan tertentu untuk memperkuat interaksi mereka dengan konsumen atau follower.
• Web WeChat. Fitur chatting bersama orang lain melalui komputer.

Iklan