All New Honda Accord generasi kesembilan resmi diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Kamis (25/4) silam. Selain mengalami perubahan desain secara keseluruhan, midsize sedan itu juga mengusung teknologi mesin baru Earth Dreams.
All New Honda Accord generasi kesembilan resmi diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Kamis (25/4) silam. Selain mengalami perubahan desain secara keseluruhan, midsize sedan itu juga mengusung teknologi mesin baru Earth Dreams.

Inilah legenda Honda Accord: sebuah sedan premium dengan catatan penjualan terlama dan tertinggi di Indonesia. Mobil tersebut telah mengaspal di jalanan Indonesia sejak 35 tahun silam dan membukukan penjualan hingga 77.052 unit.

Tak heran jika Honda Accord acap dijadikan tolak ukur sedan premium dalam hal ukuran, tampilan, teknologi, maupun keselamatan. Sebuah ikon sedan Jepang yang kental dengan aura prestisius dan citra aristokrat, yang memiliki eksterior dan interior mewah, yang memiliki kaki-kaki nyaman, teknologi unggul, serta tampilan mewah.

”Tidak mudah bagi sebuah merek untuk konsisten selama puluhan tahun. Banyak model yang datang dan pergi,” beber Presiden Direktur PT HPM Tomoki Uchida di Jakarta, Kamis (25/4) silam.

Karena itu pula, ketika mendesain All New Honda Accord improvisasi yang dilakukan tak jauh-jauh dari DNA yang diusung mobil tersebut. ”Yakni durabilitas, reliabilitas, serta kualitas,” jelas       Large Project Leader (LPL) Assistant Honda Motor Co Ltd Junji Sugimoto.

Dari sisi luar, terlihat bodi baru All New Honda Accord lebih fresh. Garis bodinya tetap tegas, namun meninggalkan kesan kaku. Desain LED Daytime Running Light, grill dan bumper depan, serta fog lamp dengan reflektor persegi justru mengentalkan unsur modern. Separuh atas mobil berbentuk seperti barrel, sementara underbody cover ditempatkan dibawah lantai. Dibanding model sebelumnya, aerodinamis mobil meningkat 4%.

Menurut Junji, ada beberapa sektor All New Honda Accord yang menjadi jauh lebih baik. Yang pertama adalah visibilitas. Desain beltline sengaja dibuat lebih rendah agar pengemudi mendapat visibilitas lebih luas. ”Visibilitas penting, karena informasi yang diperoleh mata berpengaruh besar terhadap keputusan yang diambil pengemudi,” jelas Junji.

Untuk memangkas blindspot, dibenamkan teknologi baru yang disebut Lane Watch. Kamera di kaca spion di sebelah kiri menampilkan gambar jalanan lebih lebar dari dua jalur di layar i-MID (intelligent-Multi Information Display).

i-MID adalah layar 8 inci di konsol tengah yang menampilkan berbagai informasi seperti peta, pengoperasian handsfree telepon, status kendaraan, serta audio. Fitur itu akan aktif otomatis melalui lampu sein (dapat dinyalakan atau dimatikan).

Kamera juga tersedia di bagian belakang. Multi-Angle Rearview Camera memberikan visibilitas pada layar i-MID saat berjalan mundur. Pengemudi dapat memilih sudut kamera, apakah 180 derajat, 130 derajat, hingga Top Down.

Perbaikan kedua terkait efisiensi bahan bakar. All New Honda Accord menerapkan mesin baru 2.4 liter DOHC i-VTEC dengan teknologi yang disebut Earth Dreams.

Mesin yang dirancang dari nol itu tidak hanya 4,5% lebih ringan, tapi juga memiliki efisiensi pembakaran lebih tinggi.  ”Mesin Earth Dreams dirancang untuk mencapai tenaga dan torsi puncak lebih cepat pada berbagai kecepatan RPM, namun tetap ramah lingkungan,” ujar Junji.

Ketika, All New Honda Accord sangat mengedepankan kualitas berkendara. ”Kesenangan mengemudi selalu menjadi ciri khas Accord,” bebernya. Artinya, ketika duduk di bangku depan pengemudi akan menikmati sensasi berkendara yang responsif dan nyaman. Misalnya lewat smart key system yang memudahkan membuka kunci; One Push Ignition System  untuk mematikan/menyalakan mesin dengan sentuhan; Paddle Shift yang memberikan sensasi berkendara manual, dan masih banyak lagi.

Sementara ketika duduk sebagai penumpang di bangku belakang, kenyamanan juga makin terasa lewat fitur-fitur seperti Dual Zone Auto AC yang mengatur suhu antara pengendara dan penumpang depan secara independen, hingga Auto Dimming Rearview Mirror untuk menggelapkan kaca belakang.

Namun, pembaruan yang signifikan  pada All New Honda Accord ini ada pada kemampuannya mengatasi kebisingan dan getaran di dalam kabin. Salah satunya lewat penerapan isolator kedap suara yang disebut Active Noise Control dan Active Voice Control.

Kebisingan kabin akan di deteksi lewat mikrofon di langi-langit, untuk kemudian mengirim gelombang suara dari speaker untuk menghalau kebisingan. ”Percakapan di dalam kabin pun terdengar jauh lebih jelas,” katanya.

All New Honda Accord yang menggunakan transmisi otomatis 5 percepatan hadir dalam 6 pilihan warna, dipasarkan dalam dua tipe berbeda. Yakni tipe 2.4 VTi seharga Rp499 juta dan tipe 2.4 VTi-L seharga Rp549 juta (on the road wilayah Jabodetabek).

Model baru All New Honda Accord ditargetkan terjual hingga 200 unit perbulannya. Ini angka yang cukup tinggi mengingat pada Januari-Maret 2013 Honda Accord tipe sebelumnya hanya terjual 105 unit (menguasai pangsa pasar 7% di kelas medium sedan).

”Tahun ini market medium sedan mengalami peningkatan yang cukup baik. Bahkan sudah sama dengan small sedan,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM.

Jkt_AllNew Accord_Astrabonardo 12 Jkt_AllNew Accord_Astrabonardo 17 Jkt_AllNew Accord_Astrabonardo 16 Jkt_AllNew Accord_Astrabonardo 6 Jkt_AllNew Accord_Astrabonardo 18 Jkt_AllNew Accord_Astrabonardo 5

Iklan