Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Cepatnya perkembangan desain dan teknologi pada smartphone membuat pengeras suara (speaker) mau tak mau ikut berubah. Yang dicari kini adalah speaker portabel dengan suara cemerlang, fitur nirkabel, namun harga tetap terjangkau.

Pengeras suara yang di desain untuk mempermanis meja kerja dianggap sudah ketinggalan zaman. Sekarang, pengeras suara tidak hanya mempermanis meja kerja, tapi juga bisa dipindah-pindah ke ruang keluarga, atau bahkan kamar tidur lantaran ukurannya yang portabel.

Kalaupun pengeras suara itu memiliki bentuk yang cukup besar, namun di dalamnya harus sudah memiliki banyak fungsi. Misalnya saja konektivitas nirkabel untuk mempermudah memutar lagu melalui fungsi Bluetooth yang ada di smartphone Anda.

Dengan Advanced Audio Distribution Profile (A2DP), Anda cukup memanfaatkan Bluetooth yang ada di smartphone untuk memutar lagu kesayangan di speaker. Tak perlu lagi kabel-kabel yang merepotkan. Dan Anda bisa memutar lagu sambil tetap asik membaca atau melakukan kegiatan lainnya.

Generasi baru speaker portabel kini hadir dalam ukuran yang sangat kompak, hingga tetap ergonomis diletakkan di samping tempat tidur. Colokkan iPod atau iPhone Anda untuk mengisi daya, sambil mendengarkan lagu favorit menemani kegiatan membaca buku sebelum tidur.

Keesokan harinya Anda akan dibangunkan dengan alarm lagu yang telah Anda pilih dan mendapati ponsel sudah terisi penuh, siap untuk diajak beraktifitas.

Tidak hanya itu, beberapa speaker portable di desain khusus untuk dapat dibawa-bawa pepergian. Misalnya saja Logitech Portable Tablet Speaker yang berguna sebagai penguat suara dari iPad atau tablet Android Anda. Aktivitas menonton film atau bermain game tentu saja jadi lebih seru.

Bagaimana dengan kualitas suara? Teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan speaker membuat size doesnt matter. Ternyata speaker portable yang kelihatannya berukuran mini, memiliki suara yang sangat jernih dan bahkan lantang.

Misalnya saja Jambox Wireless Speaker keluaran perusahaan asal San Francisco JawBone yang dibanderol Rp1,5 jutaan. Dengan dimensi 151mm x 40mm x 57mm, ukuran Jambox tak lebih besar dari sebuah Hard Disk Drive 3,5 inci yang Anda miliki. Tapi, kualitas suara speaker yang memiliki koneksi Bluetooth ataupun kabel stereo 3,5 mm itu sangat merdu.

Selain Jambox, vendor speaker premium seperti Bose juga menjamin kualitas suara speaker portable mereka lewat model Bose Sound Dock yang dibanderol Rp5 jutaan. Meski ukurannya tidak terlalu besar, suara yang dihasilkan sangat jernih dan bertenaga. Membuat Anda ingin membuang sound system lama yang berat dan boros tempat.

Tapi, tidak perlu biaya mahal jika Anda tertarik untuk membeli speaker portable ini. Karena cukup banyak model yang memiliki harga dibawah Rp1,5 juta namun dengan kualitas yang cukup baik.

Memang tidak bisa dibandingkan dengan produk keluaran Jawbone atau Bose. Tapi, sudah cukup untuk membuat ruangan lebih meriah dengan lagu-lagu yang Anda favoritkan. Apa saja? nah berikut diantaranya.

JBL On Stage Micro

JBL punya dua varian speaker portabel yang cukup popular untuk smartphone, khususnya iOS. Yakni JBL On Stage Micro III dan JBL On Stage Micro IV. Modelnya sama persis. Hanya berbeda ukuran (Micro IV sedikit lebih besar). Keunikan JBL On Stage ini ada pada desain futuristik. Dengan posisi speaker saling melilit.

Harga: Rp1,2 jutaan.

Logitech Portable Tablet Speaker

Portabel speaker ini menjadi pasangan tablet. Memiliki clip on yang membuatnya dapat terus melekat di tablet Anda. Konektivitasnya tetap menggunakan kabel 3,5 mm. Baterainya bertahan hingga 8 jam. Anda pun sudah dibekali travel case agar lebih praktis membawanya. Kompatibel untuk iPad atau tablet Android seperti Samsung Galaxy Tab.

Harga: Rp400 ribu.

Altec Lansing Optiv Mini M102

Selain sebagai docking iPhone dan iPod yang dapat mengisi tenaga baterai, Optiv Mini M102 punya fungsi tambahan sebagai alarm. Cukup mengunduh aplikasi Alarm Rock di iOS, maka Anda akan dibangunkan dengna lagu sesuai pilihan. Desainnya kompak, muat untuk ruang yang kecil sekalipun.

Harga: Rp580.000.

Logitech Bedside Dock

Serupa Optiv Mini, Logitech Bedside Dock ini menjadi speaker yang praktis diletakkan di sisi tempat tidur. Memiliki FM Tuner, dan dapat mengisi baterai iPod, iPhone, bahkan iPad! Suaranya sudah full stereo, serta jam dan alrm.

Harga: Rp620 ribu.

Logitech Mini Boombox

Inilah definisi portabel speaker sebenarnya. Ukurannya sangat ringkas, tapi suaranya tetap nyaring. Anda dapat memanfaatkannya sebagai speaker saat melakukan conference call di kantor. Konektifitasnya menggunakan bluetooth (A2DP). Mini Boombox ini dapat terkoneksi dengan mudah di smartphone atau tablet. Baterainya mampu bertahan 10 jam. Juga memiliki panel kontrol sentuh.

Harga: Rp720.000

Altec Lansing Octiv Duo M202

Speaker ini penting jika Anda memiliki iPhone dan iPod touch sekaligus. Sesuai namanya, Octiv Duo memiliki docking ganda yang dapat mencharge iPhone dan iPod touch Anda sekaligus. Suaranya cukup oke, plus bonus sebuah remote untuk mengatur lagu.

Harga: Rp980.000

Creative Portable iPod Dock D120

Creative terkenal dengan suara bass yang berenerji. Ukurannya ringkas dan stylish. Karena menggunakan port aux-in, Anda juga dapat memasangkannya dengan smartphone atau pemutar musik lainnya. Tenaganya juga hemat, bertahan 25 jam non stop hanya dengan 4 baterai AA.

Harga: Rp989 Ribu

Philips Docking Speaker Fidelio DS 1200

Desainnya melingkar cantik. Fidelio DS 1200 berfungsi sebagai docking iPod, iPhone, ataupun iPad. Bisa membangungkan Anda dengan alarm, serta mengisi daya ketiga perangkat tersebut. Klaim mereka, metode omni-directional neodymium mampu memberikan suara yang berisi. Di malam hari, ada lampu LED yang menyala lembut.

Harga: Rp 1,2 juta-Rp1,5 jutaan

Iklan