CEO Malesbanget.com Christian Sugiono.
CEO Malesbanget.com Christian Sugiono.

Disela-sela kesibukannya syuting, Christian Sugiono ternyata juga merupakan digital entrepreneur. Ia adalah CEO dari website komedi/humor Malesbanget.com. ”Setiap hari saya ke kantor (Malesbanget.com). Menjelang siang baru melanjutkan aktifitas lain,” beber pria kelahiran Jakarta, 25 Februari 1981 ini.

Malesbanget.com berawal dari proyek iseng Christian bersama dua temannya: Aryo Sayoga dan Arianji pada 2002. Ketiganya bertemu melalui chatting mIRC. Saat itu Christian tengah berkuliah di jurusan Teknologi Informasi di Technische Universität Harburg, Jerman.

”Ide awal Malesbanget.com adalah membahas tentang hal-hal yang sebenarnya males banget untuk dibahas,” ujarnya sembari tertawa. ”Kebetulan saya suka menulis dan teknologi,” tambahnya, yang mengaku terinspirasi situs seperti Collegehumor.com dan Cracked.com.

Namun sejak 2007 Malesbanget.com menjadi proyek serius, sudah terdaftar sebagai perusahaan resmi dengan nama PT MBDC Media. ”Saya merasa bahwa momennya saat ini sudah tepat. Pengakses internet di Indonesia sangat tinggi, sementara industri startup di Indonesia juga mendukung,” paparnya.

Saat ini perusahaan tersebut memiliki 14 orang staff. Terbagi dalam tim produksi, hingga kreatif. Konten di Malesbanget.com pun semakin kaya, tidak hanya artikel dan tips. Namun juga tutorial, review, komunitas, kamus, hingga web series.

Web series merupakan serial video pendek yang hanya dirilis lewat internet. Durasinya singkat, sekitar 3-7 menit saja, dengan tema yang  beragam. Jalan Jalan Man adalah web series terpopuler di Malesbanget.com. Konsepnya hampir sama dengan acara traveling di televisi, namun dibawakan dengan ngocol dan penuh canda.

Menurut Christian, portal berita atau gosip mendominasi industri internet di Indonesia. Namun, belum ada situs humor yang benar-benar besar. Malesbanget.com, yang mencatat 3 juta pageviews perbulan itu diharapkan menjadi situs humor terbesar di Indonesia.

Christian memang sangat hobi dengan teknologi. Saat ini ia menjadi brand ambassador Windows 8. ”Tugas saya adalah mengedukasi orang untuk menggunakan Windows 8. Baik melalui media konvensional ataupun sosial media,” ujar pria yang sehari-hari menggunakan tablet Acer Iconia ini.

Tim Malesbanget.com.
Tim Malesbanget.com.
Iklan