android_v_appple_starwars
Android dan Apple menguasi 92 persen total pasar OS di seluruh dunia.

 Windows Phone 8

Penetrasi Windows Phone memang masih rendah. Namun, di negara seperti Italia atau Inggris market share Windows Phone menunjukkan pertumbuhan signifikan. Nokia akan bertarung habis-habisan lewat varian Lumia. Vendor lain juga bersiap membanjiri pasar lewat handset berbasis Windows Phone 8 mereka. Yang dibutuhkan Windows Phone 8 saat ini adalah waktu, untuk membuat pengguna mau bertransisi ke OS tersebut.

+ Sistem operasi dengan tampilan dan fitur yang fresh dan modern. Misalnya fitur People yang terintegrasi dengan Facebook atau Twitter.

+ Dibangun menggunakan kernel sama dengan Windows 8, memudahkan developer dalam membangun aplikasi.

– Jumlah aplikasi masih sedikit dibanding Android dan iOS. Beberapa aplikasi populer seperti WhatsApp atau Path tidak tersedia.

– Keterbatasan model hardware, terutama segmen menengah dan low end.

– User-interface dianggap kurang user friendly. Konsumen merasa tidak ada alasan kuat untuk berganti ke Windows Phone 8.

BlackBerry 10

Perbaikan Research in Motion di BlackBerry 10 sangat menjanjikan. Tampilannya jauh lebih baik, modern, dan cantik. Fiturnya pun lebih banyak dan berkelas. Misalnya kemampuan BlackBerry Messenger yang semakin dahsyat. RIM menjanjikan BB 10 akan memiliki aplikasi variatif serta dukungan keamanan untuk perusahaan. BB10 dikenalkan pada 30 Januari, tapi baru tersedia pada XXX.

+ RIM memiliki basis pengguna perusahaan yang besar. Kehadiran BB 10 seiring dengan pertumbuhan segmen Bring Your Own Device (BYOD) sangat tinggi.

+ Sistem operasi BB10 yang dirombak total untuk sentuhan. Lebih user friendly, fungsional, dan seimbang dengan iOS atau Android.

+ BB10 memiliki banyak fitur baru yang atraktif. Mulai kibor, cara menggunakan BBM, setting profile, dan lainnya.

– Harganya relatif mahal, mulai Rp7 jutaan.

– Peluncuran BB10 dinilai sangat terlambat. RIM butuh waktu untuk meyakinkan kembali pengguna.

Linux Ubuntu Mobile 

Canonical, pembuat Ubuntu, mengklaim Ubuntu for Phones memiliki fitur dan fleksibilitas sama dengan versi Desktop. Sistem operasi ini dirancang untuk mempopulerkan Ubuntu, menghadirkannya dalam versi mobile, dan open source. Developer bisa membuat aplikasi lewat HTML5, dan memasarkannya di toko aplikasi Ubuntu Software Centre. Versi mobile ini baru tersedia pada 2014.

+Memiliki layanan cloud yang baik (Ubuntu One).

+Dapat bersinergi mudah dengan Ubuntu Desktop.

+ memiliki basis pengguna besar, terutama perusahaan yang sudah menggunakan Ubuntu.

– Ubuntu kurang populer bagi masyarakat awam. Pangsa pasar mereka terbilang kecil: para fanatik Linux.

-Ekosistem yang baru dibentuk dan masih butuh penyempurnaan.

-Dukungan hardware belum jelas.

Firefox OS

Peramban Firefox memiliki basis pengguna sangat besar dan fanatik. Mereka juga punya strategi solid untuk membidik mereka yang baru mengenal smartphone kali pertama. Di pasar seperti Indonesia, bukan tidak mungkin OS tersebut mendapat respon positif. Terutama karena sasaran mereka yang middle-low. Firefox OS akan tersedia di awal 2013.

+ Dirancang dengan HTML5, memudahkan developer untuk membangun aplikasi.

+ Memiliki reputasi brand yang sangat besar.

+ Segmen yang disasar membuat mereka cepat berkembang.

-Tampilannya tidak untuk semua orang. Sebagian mungkin menganggapnya kurang menarik.

-Masih butuh waktu panjang untuk membentuk ekosistem, baik hardware, aplikasi, juga meyakinkan developer.

Sailfish

Sistem operasi open source yang menyimpan banyak potensi. Dikembangkan oleh tim yang merancang MeeGo. Setelah Nokia meninggalkan MeeGo untuk Windows Phone, tim developer keluar dan membentuk Jolla Mobile. Mereka berambisi membuat sistem operasi yang mendunia lewat platform MeeGo. Hasilnya adalah Sailfish yang akan diluncurkan akhir 2013 ini.

+ Sailfish kompatibel dengan Android. Dapat menjalankan aplikasi Android ataupun aplikasi bawaan Sailfish.

+ Dapat bekerja hampir di semua perangkat elektronik. Mulai dari ponsel, tablet, bahkan smart TV.

– Meski menjanjikan, MeeGo belum teruji di pasar yang luas. Karena itu Sailfish masih memiliki PR yang berat.

– Nama Jolla ataupun Sailfish masih asing. Sedangkan mereka adalah perusahaan kecil yang tidak memiliki bujet marketing besar.

Tizen

Dalam Consumer Electronics Show 2013 Samsung mengumumkan bahwa mereka akan melebur sistem operasi Bada dengan Tizen. Tizen adalah OS open source hasil kerjasama Intel dan Linux Foundation yang ditulis ulang dari kernel MeeGo. Integrasi Tizen-Bada membuat program yang ditulis di SDK Bada dapat berjalan di Tizen. Tahun ini akan muncul ponsel dengan OS Tizen yang dirilis oleh Samsung.

+ Sebagai vendor ponsel terbesar dunia, Bada punya potensi besar untuk bisa berkembang lagi.

+ Dengan Bada, Samsung sendiri lebih memiliki kontrol terhadap device dan lebih bebas melakukan deferensiasi produk dibandingkan ke kompetitor.

+ Ada kemungkinan Tizen akan dikembangkan pula ke perangkat Samsung lainnya seperti smart TV.

– Tizen ataupun Bada akan tetap menjadi prioritas kedua. Sebab, fokus Samsung tetap pada Android yang memberikan kontribusi signifikan.

– Masih butuh sosialisasi dan diferensiasi fungsi dan produk untuk membedakan Tizen dengan kompetitor yang sudah ada.

Iklan