Perusahaan asal Brazil mendapatkan lisensi menggunakan nama iPhone untuk menjual ponsel Android.
Perusahaan asal Brazil mendapatkan lisensi menggunakan nama iPhone untuk menjual ponsel Android.

Sebuah perusahaan asal Brazil menjual smartphone dengan merek iPhone di Brasil. Anehnya, perusahaan itu bukan Apple. Dan yang pasti produk smartphone yang dipasarkan bukanlah iPhone seperti yang kita kenal.

Perusahaan itu, bernama Gradiente SA. Di Brasil, mereka telah mendapatkan hak resmi untuk menjual smartphone dengan nama iPhone di Brazil. Dan yang mungkin akan menampar Apple dua kali adalah produk mereka menggunakan sistem operasi Android buatan Google Inc.

Dalam pernyataannya, Gradiente SA mengaku telah mengajukan permintaan untuk menggunakan merek iPhone sejak tahun 2000. Tentu mereka tidak tahu bahwa beberapa tahun selanjutnya Apple melalui produk iPhone telah merevolusi pengguna ponsel berlayar sentuh dan internet.

Pada 2008, pemerintah Brazil memberikan ijin bagi Gradiente SA untuk menggunakan nama iPhone pada produk mereka. Jubir Kementrian Hak Cipta Brazil Maratan Marques beralasan bahwa Gradiente mengajukan ijin sebelum Apple dan memiliki hak eksklusif untuk menggunakannya hingga 2018.

Juru bicara Apple Brazil Maria Parra Rodriguez sendiri menolak memberikan komentarnya. Gradiente mulai menjual produk iPhone mereka dengan harga USD300 atau dibawah Rp3 juta. Produk yang menyasar segmen menengah kebawah itu menggunakan model lama Android Gingerbread (2.3), memiliki layar 3,7 inci, bluetooth, dual SIM, 3G, Wi-fi, dan kamera. Bentuknya sendiri sangat mirip dengan iPhone.

Kenapa baru sekarang merilis produk dengan nama iPhone sejak 2008? Ternyata, mereka beralasan bahwa prioritas utama perusahaan saat itu adalah merampungkan restrukturisasi.

Iklan