online-datingTernyata ada garis merah yang menghubungkan situs jasa kencan online dengan pengguna sosial media seperti Facebook di Indonesia yang sangat tinggi. Menurut statistik, 40-50 persen dari 40an juta pengguna Facebook di Indonesia ternyata masih lajang. Padahal layanan Facebook sendiri tidak fokus ke ”social dating”.

Hampir 20-an juta pengguna internet yang lajang ini tentu merupakan pasar yang sangat besar. Tentu saja mereka bisa menggunakan dating site atau biro jodoh online yang banyak tersedia dan cukup sukses di Indonesia. Sebut saja IndonesianCupid.com, Caricinta.detik.com, dan Portalcinta.com yang buatan lokal. Juga, zoosk.com, speeddate.com, id.match.com, dan badoo.com/id keluaran non lokal.

Meski demikian, Product Manager Social Network & Game XL Riskha Adam Muharadi mengatakan bahwa jasa yang ditawarkan dating sites itu umumnya mahal, serta sistem pembayaran hanya terbatas pada kartu kredit. ”Layanan mereka juga belum terintegrasi dengan sosial media,” ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh PT XL Axiata adalah memfasilitasi kebutuhan pasar terhadap layanan “cari jodoh online” yang sangat tinggi itu. Bekerja sama dengan content provider Mocoplus Technology, mereka meluncurkan Panah Cinta, media yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berteman dan mencari pasangan.

Panah Cinta terintegrasi dengan teknologi mobile, sehingga dapat diakses setiap saat. Tapi yang membuat layanan ini sangat baik adalah fasilitas aksesnya yang dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Pengguna dapat mengakses melalui mobile browser di m.panahcinta.com, juga platform lain seperti USSD, Location Base Service (LBS), WAP, dan MMS.

Bahkan dalam kondisi offline pun pengguna bisa mendapatkan notifikasi melalui SMS untuk aktifitas yang terjadi di akunnya.

Layanan yang dapat diakses mulai 28 November 2012 silam itu tersebut menggunakan tarif berlangganan dengan sistem potong pulsa. Misalnya Rp1000 untuk berlangganan harian, Rp5000 mingguan, dan Rp15.000 bulanan.

Setelah membayar keanggotaan, pengguna dapat menikmati fitur seperti berbagai foto, chatting, hingga update status yang dapat di share ke Facebook dan Twitter.

Pihak XL sendiri memastikan bahwa konten dalam Panah Cinta aman dan nyaman bagi pelanggan. Aman, karena menurut VP Teknologi, Konten dan News Bussiness XL Joedi Wisoeda ada moderasi terhadap konten yang dinilai melanggar pornografi atau SARA. ”Konten yang seperti itu akan dihapus,” katanya.

Nyaman karena pihak XL dan Mocoplus Technology akan menggelar kegiatan kopi darat secara berkala. Mereka juga menggandeng komunitas seperti kapanlagi.com dan Bachelora.

Psikolog Sonia Wibisono mengatakan bahwa layanan kencan online seperti Panah Cinta ini akan sangat berguna bagi para lajang yang sedang mencari pasangan. “Karena seluruh aktifitas dapat dilakukan hanya dengan ponsel dan internet,” ujarnya. (danang arradian)

Layanan Kencan Online di Indonesia:

Lokal:

IndonesianCupid.com

caricinta.detik.com

portalcinta.com

 

Internasional :

zoosk.com

speeddate.com

id.match.com

badoo.com/id

singlesaroundme.com

Iklan