Pieno1
Model memperlihatkan produk kotak kontak Pieno yang memiliki desain modern dan futuristik.

Komponen saklar dan soket acap dianggap tidak lebih penting dibandingkan elemen lampu. Padahal, seperti diungkapkan oleh Product Manager LifeSpace Business Schneider Electric Indonesia Amelia, kedua benda tersebut memiliki pengaruh sama besar terhadap hasil desain sebuah ruangan.

Yang dilakukan Schneider Electric adalah ini: mendesain saklar dan kotak kontak dengan desain elegan namun juga dibenamkan teknologi tinggi. Namanya, Pieno. Dalam bahasa Italia, Pieno memiliki arti ”penuh”. ”Inspirasinya datang dari dimensi ruang tanpa batas,” jelas Country President Schneider Electric Indonesia Riyanto Mashan.

Warna elegan dalam desain Pieno terlihat dari bentuk tombol yang melebar memenuhi seluruh permukaan saklar. Alhasil tampilannya terlihat sangat tipis, jauh lebih tipis dibandingkan saklar dan kontak yang ada di pasaran saat ini. Karena ukurannya yang tipis itu pula Pieno yang memiliki beberapa model itu cocok untuk dipadupadankan dengan konsep interior minimalis dan modern yang sedang tren saat ini.

Desain tobol yang besar namun tipis itu berasal dari teknologi ”slim rocker”. Menurut Riyanto, inovasi ”SS Mechanism” memungkinkan sudut tekan tombol hanya 3 derajat atau setengah sudut tekan tombol saklar konvensional (tiper rocker) yang ada di pasaran saat ini.

Tidak hanya tombol Pieno lebih mudah dan nyaman ditekan, saklar yang dibanderol mulai Rp22 ribu itu ternyata juga sangat halus dan bebas getaran. Menurut Riyanto, itu karena adanya teknologi lain yang disebut mekanisme “sure click”.

Tak ketinggalan adalah penggunaan arsitektur PerfectFace, yakni tombol dan bingkai terintegrasi menjadi satu kesatuan. Selain untuk meningkatkan estetika desain, juga kualitas dan efisiensi saat proses instalasi. Karena tombol dan bingkai terintegrasi, proses instalasi pun jadi lebih mudah dan singkat.

”Badan saklar dirancang sehingga rata dengan dinding. Proses pemasangannya pun sangat mudah,” ujar Riyanto, semberi menyebut bahwa Pieno hadir dalam dua pilihan warna, yakni putih dan lavender silver.

Pieno merupakan produk dari Clipsal, perusahaan saklar dan soket yang diakuisisi Schneider Electric sejak 2003. Kini, merek Clipsal dilebur menjadi satu dengan Schneider Electric. ”Kami akan terus menghasilkan produk elektronik berestetika tinggi,” jelas Adi Darmadi, Marketing Director Schneider Electric Indonesia.

Iklan