SONY DSC
Modem Wifi USB yang dapat bekerja dengan menggunakan energi dari charger portable seperti ini memberikan kepraktisan dan dinilai menjadi tren masa depan.

Ada dua tren utama besar yang mengubah tingkah laku masyarakat modern di Indonesia belakangan ini. Yang pertama adalah kebutuhan untuk menggunakan lebih dari satu handset. 

Presiden Qualcomm International Asia Tenggara John Stefanac mengatakan bahwa kedepannya orang cenderung memiliki lebih dari satu perangkat komunikasi mobile (multiple device), baik itu laptop, tablet, ataupun smartphone.

”Karena setiap piranti komunikasi mobile itu memiliki fungsi dan kebutuhannya sendiri-sendiri,” katanya.

Berbagai gadget yang ada memiliki life-changing capabilities karena interaksinya dengan internet dan jejaring sosial. Baik itu membuat pekerjaan jadi lebih mudah (email, word processing), memudahkan berhubungan dengan orang lain (BBM, WhatsApp, sosial media), faktor fun (game), hingga aplikasi penunjang gaya hidup (GPS, foto).

Hal itu berkaitan dengan tren yang kedua : munculnya masyarakat ”always on”. Yakni, mereka yang merasa harus selalu terhubung ke internet setiap waktu. Untuk bekerja, mengakses sosial media, ataupun mencari informasi tertentu.

Kedua tren tersebut membuat pengguna terus mencari solusi terbarik dalam mendapat koneksi data berlimpah yang bisa digunakan oleh beberapa gadget mereka sekaligus.

Salah satu solusinya adalah ini: USB modem WiFi portable. Tidak seperti router WiFi umumnya yang kurang praktis, USB modem WiFi portable menawarkan lebih banyak keuntungan.

Pertama karena energi listrik yang fleksibel. Smartfren DF79B, misalnya, dapat dipasang ke slot USB Desktop PC jika kebetulan Anda sedang berada di rumah atau di laptop saat sedang bekerja di café.

Ketika sedang berada di jalanan Jakarta yang sedang macet, colokkan saja Smartfren DF79B ke slot USB di sistem audio mobil. Maka pengguna bisa mendapatkan koneksi WiFi di atas kendaraan yang sedang berjalan. Betapa praktisnya. Pengguna bisa mendapatkan koneksi data nyaman dari tablet maupun smartphone miliknya.

USB modem WiFi portable seperti Smartfren DF79B dapat langsung aktif bekerja selama ada sumber listrik sebesar dan sekecil apapun. Ketika berada di rumah dan tidak ingin slot USB Anda terpakai, colokkan saja ke power supply lewat colokkan yang sudah ada di dalam paket pembeliannya.

Dan ketika Anda benar-benar butuh koneksi WiFi di saat mendesak, modem tersebut dapat dicolok ke baterai portable atau power bank yang biasa digunakan untuk cadangan baterai BlackBerry atau smartphone Anda.

Tentu saja cepatnya konektifitas jaringan data tergantung dari seberapa banyak orang yang berinternet di lokasi Anda dan seberapa dekat Anda dengan BTS. Namun, spesifikasi modem seharga Rp599 ribu ini cukup mumpuni. Modem CDMA 2000 1x EV-DO Rev B itu memiliki batas maksimum unduhan hingga 14,7 Mbps dan unggah 5,4 Mbps.

Ketika berfungsi sebaga WiFi, dapat menampung lima pengguna sekaligus. Sudah mendukung Windows XP, Vista dan 7 serta Mac OS X 10.5-10.7. Hal menarik lainnya adalah pengguna sudah mendapatkan bonus data sebesar 6 GB (volume based) dalam pembelian hingga 30 Juni 2013 mendatang.

Iklan