Tablet 10 inci memiliki form-factor yang lebih kompak, harga semakin terjangkau, dan fungsi yang lengkap. Konsumen pun mulai memfungsikan tablet ini dengan notebook.
Tablet 10 inci memiliki form-factor yang lebih kompak, harga semakin terjangkau, dan fungsi yang lengkap. Konsumen pun mulai memfungsikan tablet ini dengan notebook.

Fungsi Notebook kini makin tergeser oleh Tablet. Fenomena tersebut  diyakini karena fungsi Tablet lebih fun, lebih stylish, serta tentunya sarat dengan fungsi-fungsi entertainment.

Terutama setelah maraknya Tablet yang memiliki ukuran 9.7 inci sampai  10 inci. Diyakini dengan layar yang semakin besar fungsi Tablet akan lebih optimal dan lebih nyaman untuk pengguna.

“Tablet 10 inci akan menjadi trend pada 2013 karena masyarakat sudah teredukasi menggunakan Tablet. Disamping itu, Tablet 10 inci benar-benar bisa mengakomodir kegiatan kantoran,” ungkap Teguh Prasetya, pengamat Telekomunikasi.

Ditegaskan Teguh karena layar  dengan ukuran 10 inci sangat memberikan kenyamanan, pengguna bisa mengedit dokumen, presentasi, dan hal yang berhubungaan dengan aktivitas kantor.

”Saya kira Tablet layar besar akan menjadi kebutuhan utama pengguna. Untuk  membaca buku dan  majalah digital lebih pas. Apalagi jika harganya sangat terjangkau, diprediski akan ada migrasi pengguna Tablet 7 inci ke 10 inci sekitar 30-35 persen pada 2013. ” ungkapnya.

Sekarang ini menurut Teguh yang bermain di layar 10 inci bisa dihitung dengan jari, pengguna, lanjutnya pasti merujuknya ke iPad. Hanya saja, lanjutnya iPad  kurang bersabat harganya. Apalagi untuk konsumen dengan segmen C+ dan B.

”Masyarakat kita kebanyakan yang berada di kelas C+ ingin  merasakan Tablet layar lebar dengan harga yang terjangkau. Katakanlah  istilahnya “iPad murah”. Jika ada produk tablet seperti iPad namun harganya bersahabat, ini akan  menjadi pasar yang  dahsyat,”  jelas Teguh.

Pilihan Merek Lokal

Adanya migrasi pengguna Tablet dari 7 inci ke 10 inci menjadi satu faktor semakin maraknya merek lokal menawarkan Tablet 9,7 inci dan 10 inci dengan banderol harga lebih terjangkau.

Hal ini diyakini oleh Candra Lijanto, Direktur Marketing Advan. Menurutnya, kecenderungan pengguna Tablet 7 inci bermigrasi ke 10 inci dikarenakan kebutuhan akan kenyamanan. Selain itu, kecenderungannya tablet sekarang ini benar-benar sudah dijadikan  perangkat yang menunjang pekerjaan.

Advan sendiri mengandalkan Vandroid T3i yang memiliki layar 9.7  inci. Tablet tersebut di dukung dengan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), serta slot kartu SIM untuk fungsi telefoni dan modem WCDMA 3G.

Prosesornya sendiri menggunakan ARM Cortex A9 berkecepatan 1.0 Ghz, RAM 512 MB, serta media penyimpanan internal 4GB. Selain itu dilengkapi ekspansi penyimpanan data melalui kartu memori MicroSD hingga kapasitas 32 GB.

Tablet Android tersebut juga berisi aplikasi umum untuk kebutuhkan hiburan (foto, musik, FM radio dan HD video player) dan kebutuhan untuk mengakses internet (browsing, email, dan chatting).

Adapun untuk mengakses ke koneksi internet, lanjut Candra, Advan T3i sudah dilengkapi perangkat modem 3G terintegrasi, WiFi (WLAN) dan konektivitas bluetooth v2.1+EDR terintegrasi.

Selain itu, Tablet PC ini juga dilengkapi dual kamera (depan dan belakang) dengan fungsi foto dan perekam video serta dukungan fasilitas standar Google Android seperti Gmail, Maps, Android Market, Google Search, hingga Google Talk.

Jika melihat spesifikasi yang dimiliki, Candra optimistis T3i akan menjadi pilihan utama konsumen untuk tablet 9.7-10 inci.” Advan Vandroid T3i unggul di berbagai hal, mulai dari harga, hanya Rp2.199 ribu,  spesifikasi dan kinerja,” ungkap Candra.

Iklan