Acer mempertajam posisi mereka di pasar smartphone Indonesia dengan merilis tiga model sekaligus untuk berbagai segmen, yakni Acer Liquid Z110, Liquid Gallant E350, serta Cloud Mobile S500.
Acer mempertajam posisi mereka di pasar smartphone Indonesia dengan merilis tiga model sekaligus untuk berbagai segmen, yakni Acer Liquid Z110, Liquid Gallant E350, serta Cloud Mobile S500.

Fitur Lebih Banyak, Harga Semakin Terjangkau

Pengguna smartphone Indonesia menuntut sebuah perangkat yang memiliki harga terjangkau, daya tahan baterai baik, serta mampu membantu mereka terhubung—baik melalui sosial media maupun internet–. Selain itu, smartphone dengan layar lebih lebar juga semakin diminati seiring meningkatnya konsumsi terhadap hiburan. Demikian hasil riset yang dilakukan oleh Acer Indonesia.

ST Liew, President of Smartphone Business Group Acer Inc mengatakan bahwa pihaknya telah mengembangkan rangkaian produk yang di desain secara khusus untuk menjawab kebutuhan itu.

Produk tersebut, antara lain Acer Liquid Z110, Liquid Gallant E350, serta Cloud Mobile S500. ”Ketiganya dikembangkan secara khusus untuk pasar Indonesia,” ujar Liew.

Sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia, Acer sudah masuk ke segmen Android baik smartphone sejak beberapa tahun lalu. Namun, produk smartphone mereka masih kalah populer dengan vendor seperti Samsung, HTC, Sony, bahkan vendor Android lokal.

Karena itu, meluncurkan produk yang dirajut khusus untuk pasar Indonesia tentunya menjadi strategi penting. Karena ”kue” yang diperebutkan ternyata masih dan akan terus akan membesar.

Data dari GFK Indonesia menyebut bahwa smartphone berbasis Android telah mendominasi pasar Indonesia sebesar 36%. Pertumbuhannya sendiri mencapai 80% dibandingkan tahun lalu.

”Kami ingin memperkuat posisi yang sebelumnya hanya fokus di PC dan tablet ke pasar smartphone,” ujar Liew. ”Indonesia sendiri merupakan pasar penting untuk Acer di Asia Tenggara,” tambahnya.

Liquid Z110 adalah smartphone yang ditargetkan untuk remaja atau ”first-time Android user”. Ukurannya ringkas, dengan layar 3,5 inci (320×480), serta dual GSM.

Prosesornya singlecore 1 GHz dengan chipset keluaran MediaTek, RAM 512 MB, kamera 3,15 MP, micro USB, Bluetooth, wi-fi dan FM radio. Smartphone dengan OS Ice Cream Sandwich itu di banderol hanya Rp1 jutaan.

Model Liquid Gallant E350 berada setingkat diatas Liquid Z110. Ditujukan untuk para ”gadget enthusiast” dengan layar 4,3 inci HD (540 x 960), CPU 1 GHz ARM Cortex-A9, RAM 1 GB, dan memori internal 4 GB.

Kamera 5 MP E350 diklaim mampu melakukan burst shot hingga 4, 8, dan 16 kali. Ada juga mode high dynamic range (HDR) untuk menghasilkan ketajaman gambar lebih. Seperti halnya Z110, E350 sudah dilengkapi dual GSM. Harga Dibanderol Rp1,9 juta.

Yang terakhir, Cloud Mobile S500 ditujukan untuk kalangan profesional. Layarnya 4,3 inci HD IPS (720 x 1280). Suaranya sudah surround, menggunakan kamera 8 MP yang juga dilengkapi fitur burst dan HDR.

Ponsel tersebut menggunakan prosesor dual-core 1.5 GHz Krait, RAM 1 GB, memori internal 8 GB, serta NFC. Fasilitas pembeda lainnya adalah kapasitas penyimpanan awan Acer Cloud. Ponsel dengan micro-SIM tersebut dibanderol Rp4 jutaan.

Masuknya vendor global seperti Acer ke smartphone dengan harga yang lebih terjangkau ini tentu saja memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, rangkaian ponsel terbaru Acer itu sudah tersedia di jaringan peritel seperti Erafone.

Karena itu pengguna tinggal memilih dan memandingkan model mana yang paling cocok, fitur seperti apa yang dibutuhkan, serta produk mana yang paling sesuai dengan bujet. Di rentang harga Rp1 jutaan-Rp4 jutaan itu pula para vendor seperti Samsung, Sony, Lenovo, LG, bersaing ketat.

”Yang kami lakukan sebagai vendor adalah menyediakan rangkaian mobile devices yang mampu menjawab setiap jenjang kebutuhan pasar,” ujar Presiden Direktur Acer Indonesia Jason Lim.

Iklan