Google semakin agresif. Sistem operasi Android 5.0 atau Key Lime Pie sudah diambang mata. Namun, mereka juga menyiapkan tablet Nexus dengan layar lebih besar, juga smartphone Nexus baru.

Belakangan Google semakin fokus mengembangkan hardware untuk mendukung OS Android. Google Nexus 7 buatan Asustek Inc itu langsung dibanding-bandingkan dengan Amazon Kindle Fire karena harganya yang sangat terjangkau. Harga termurah Kindle Fire hanya USD159.
Di Amerika kedua tablet merajai pasar tablet 7 inci yang permintaannya terus-menerus bertumbuh.

Begitu Apple merilis iPad mini, Google langsung merespon dengan memangkas harga Nexus 7. Harganya memang masih sama: USD199 atau Rp1,8 jutaan. Namun, kini pengguna sudah mendapat memori 16 GB dari yang dulunya hanya 8 GB, serta dukungan 3G (sebelumnya hanya versi wi-fi).

Google Nexus yang memiliki memori internal 8 GB dan koneksi wi-fi langsung di-diskontinyu. Masih ada Nexus 7 dengan 32 GB yang dibanderol dengan harga USD249. Nexus 7 dijual melalui Google Play, juga toko retail seperti GameStop, Office Depot, Office Max, Staples, dan Wal-Mart.

Selain Nexus 7, ternyata Google sudah menyiapkan beberapa model lainnya. Ada smartphone Nexus 4 yang produksi oleh LG Electronics Inc. Nexus 4 menggunakan Jelly Bean dengan sedikit modifikasi. Untuk dicatat, Android saat ini sudah digunakan lebih dari 500 juta handset di seluruh dunia. Android versi terbaru, Key Lime Pie akan diluncurkan tahun depan.

Key Lime Pie berasal dari makananpencuci mlut khas Amerika yang terbuat dari kombinasi adonan jus jeruk nipis, ditambah telur dan susu yang dilapiskan pada kue pie. Key Lime Pie melanjutkan “tradisi” nama makanan penutup sebagai kode Android.

Tradisi ini dimulai dari Android sebelumnya yaitu Cupcake, Donut, Eclair, Froyo (frozen yoghurt), Gingerbread, Honeycomb dan Ice Cream Sandwich.

Google merilis “Ice Cream Sandwich” di awal 2012 dan menggunakannya pada Samsung Galaxy Nexus untuk pertama kalinya.

Beberapa fitur barunya, antara lain Gesture Typing, yang dapat memprediksi kata yang ingin diketik saat mereka menulis. Analisis ini berdasarkan struktur kalimat dan penggunaannya di sebelum-sebelumnya.

Fitur lainnya adalah Photo Sphere yang berfungsi untuk mengambil gambar 360 derajat dalam resolusi tinggi. Sehingga hasilnya bisa dibandingkan dengan Google Street View.

Google juga bersiap untuk meluncurkan Nexus 10 yang akan dibuat oleh Samsung Electronics Co. Ukuran diagonal layarnya 10 inci, berbeda tipis dengan iPad

Ini artinya Google sudah masuk ke semua segmen. Baik smartphone ataupun tablet. Dari berukuran 4 inci, 7 inci, hingga 10 inci. Lini produk Nexus ini akan bersaing dengan produk keluaran Apple Inc., Amazon.com Inc., Barnes & Noble Inc., Samsung, juga Microsoft Corp. yang baru saja merilis Surface pekan lalu.

Analis memperkirakan bahwa Google telah menjual beberapa juta tablet Nexus 7 hingga saat ini. Meski, Google sendiri tidak memberikan angka pasti berapa jumlah tablet yang telah dikapalkan.

Hugo Barra, director of product management Android hanya menyebut bahwa tablet Nexus 7 “sangat sukses”. ”Kami harus bekerja ekstra keras untuk memenuhi tingginya permintaan dari konsumen,” ujarnya.

Kesuksesan Nexus 7 lah yang membuat Google yakin merilis Nexus 10 dengan Samsung. Tablet dengan memori internal 16 GB itu akan terjual hingga USD399 atau USD100 lebih murah dibandingkan model iPad terbaru (sama dengan iPad 2). Nexus 10 mulai dijual di online store Google pada 13 November 2012 mendatang.

Nexus 4 memiliki ukuran layar 4,7 inci, lebih besar dibandingkan Apple iPhone 5 dan hanya sedikit lebih kecil dibandingkan model flagship Samsung, Galaxy S III. Model 16 GB Nexus 4 akan dilego seharga USD199 bersyarat kontrak 2 tahun dengan oprator (T-Mobile).

Tapi, ada juga model tanpa kontrak yang dipasarkan seharga USD299 untuk 8 GB dan USD349 untuk model 16 GB. Sebagai perbandingan, Galaxy Nexus buatan Samsung yang sudah dirilis di Indonesia 2 tahun lalu saat ini masih dipasarkan di angka Rp4 jutaan. Yang lebih menarik lagi, Nexus 4 ini akan memiliki kemampuan charging nirkabel seperti yang dimiliki Nokia Lumia 920 dan 820.

Tingginya penetrasi smartphone dan tablet menunjukkan bagaimana perubahan industri teknologi. Penjualan Desktop PC dan laptop secara global terus menurun. Ini berdampak pada perusahaan seperti Microsoft yang mendapat untung dari penjualan software Windows, serta pabrikan laptop seperti Dell Inc. dan Hewlett-Packard Co.

Meski demikian, perubahan tren ini juga berdampak pada Google. Sebab, nilai iklan pada tablet dan ponsel tidak setinggi desktop dan laptop. Padahal, iklan adalah pendapatan terbesar Google.

CAPTION: Director of Product Management Android Hugo Barra menyebut bahwa tablet Galaxy Nexus 7 buatan Asus sangat sukses. Kini, mereka bersiap untuk meluncurkan Nexus 10 buatan Samsung yang berukuran 10,1 inci dan smartphone Nexus 4 (berukuran 4,7 inci) buatan LG.