Akhirnya Apple merilis iPad yang lebih kecil dan lebih terjangkau. iPad mini tidak hanya dirilis untuk menghadang ”ancaman” pertumbuhan tablet Android, namun juga menggemukkan penjualan iPad pada 2013 mendatang.

Apple adalah satu dari sedikit perusahaan dunia yang mampu menciptakan ruang pasar sendiri dan membiarkan kompetisi tidak lagi relevan.

Dengan iPhone, mereka mendefinisikan ulang smartphone yang desainnya begitu indah dan ekosistemnya begitu kaya. Melalui iPad, Apple populerkan kembali komputer tablet yang lebih mudah dan nyaman digunakan dibandingkan laptop atau PC.

Tapi, kali ini Apple terpaksa mengalah. Mengalah terhadap kebutuhan pasar akan sebuah tablet yang lebih kecil ukurannya dan terjangkau harganya.

Lembaga survei Gartner menilai bahwa penjualan tablet pada 2012 akan mencapai 118,8 juta unit pada 2012 (naik 98 persen dari 2011 yang hanya 60 juta unit). Dari angka yang sangat besar itu, sekitar 61,4 persennya diprediksi menjadi milik iPad.

iPad memang tetap menjadi pemimpin. Meski demikian, Apple tidak bisa menutup mata akan pertumbuhan segmen tablet yang lebih kompak dan murah seperti Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire yang luar biasa di Amerika.

Kedua tablet berukuran 7 inci itu dipasarkan dengan harga dibawah USD200 atau tak sampai Rp2 jutaan. Baik Kindle Fire maupun Google Nexus 7 mencapai sukses yang luar biasa. Keduanya diprediksi akan terjual 3-4 juta unit hingga akhir 2012 mendatang.

Dilema terbesar Apple untuk menciptakan tablet yang lebih kecil bisa dibilang berasal dari Steve Jobs sendiri. Founder Apple itu pernah mengolok-olok tablet dengan ukuran 7 inci yang disebutnya terlalu kecil.

Tapi, kali ini Apple terpaksa mengalah. Di satu sisi, mereka harus mempertahankan iPad sebagai pemimpin pasar tablet. Namun, di sisi lain Apple tidak bisa membiarkan segmen tablet dengan layar lebih kecil dan lebih terjangkau itu menjadi terlalu besar dan bahkan ”mengganggu” market share iPad.

Maka, Selasa (23/10) silam di California Theatre, San Jose, AS, Apple resmi meluncurkan iPad mini. Ukuran diagonal layar iPad mini hanya 7.9 inci. Fitur-fiturnya sama persis dengan iPad standar.

Bedanya, teknologi retina display yang ada pada iPad generasi ketiga dicabut. Ini membuat resolusi iPad mini sama dengan iPad 1 dan iPad 2. Bisa jadi langkah ini dilakukan untuk memangkas harga iPad mini agar tetap terjangkau.

Meski, pada kenyataannya “terjangkau” versi Apple tetaplah ”mahal” jika dibandingkan dengan kompetitornya.

iPad mini dibanderol mulai USD329, meleset dari perkiraan analis yang memprediksi iPad terbaru tersebut bakal dijual di kisaran USD249 hingga USD299. Dengan harga itu maka Apple secara sengaja tidak akan memposisikan diri untuk bersaing head to head dengan Kindle Fire dan Google Nexus 7.

Para analis menilai harga iPad mini sengaja dipertahankan ”mahal” untuk menjaga positioning Apple sebagai merek premium. ”Apple memposisikan dirinya sebagai manufaktur hardware mewah,” ujar Michael Yoshikami, CEO Destination Wealth Management.

”Konsumen membeli produk Apple untuk mendapatkan kualitas hardware yang baik, gengsi, serta dukungan ekosistem (konten dan aplikasi) yang lebih baik dibandingkan Android,” ia menambahkan.

Saat mengenalkan iPad mini, bos marketing Apple Phil Schiller secara terang-terangan membandingkan produk tersebut dengan Android. ”Produk mereka (Android) terbuat dari plastik. Bahkan umumnya produk Android tebal dan berat,” katanya. Menurut Schiller, pihalnya yakin bahwa konsumen Apple rela membayar lebih mahal karena yakin mendapatkan sebuah produk yang kualitasnya sebanding.

iPad mini menggunakan sistem operasi terbaru iOS 6 dan chip dual core A6. Tinggi 20 cm dan lebar 13,5 cm membuat iPad mini lebih nyaman digenggam dibandingkan iPad standar. Begitupun tebalnya yang 23 persen lebih kecil dari iPad (7,2 mm). Saat ditenteng pun akan terasa ringan karena beratnya hanya 308 gram atau 53 persen lebih ringan dari iPad generasi ketiga.

Kamera belakang iPad mini memiliki resolusi 5 MP, mampu merekam video full HD 1080 MP. Sedangkan kamera depannya 1,2 MP. Daya tahan baterai iPad mini kurang lebih sama: 10 jam. Pilihan warnanya pun hanya dua: hitam dan putih.

iPad mini versi wi-fi pasarkan mulai USD329 untuk 16 GB, USD429 untuk 32 GB, dan USD529 untuk 64 GB. Sedangkan versi wi-fi dan jaringan seluler dibanderol mulai USD459 untuk versi 16 GB, USD559 untuk 32 GB, dan USD659 untuk 64 GB.

Analis perusahaan riset Canaccord Geunity Michael Walkley memprediksi bahwa Apple akan menjual 102 juta unit iPad pada 2013. Angka itu akan dicapai dengan bantuan dari iPad mini. Sebagai catatan, butuh waktu 2,5 tahun bagi Apple untuk menembus angka 100 juta unit iPad yang dicapai pada September silam.

Iklan