Nokia Lumia 920 dan Lumia 820 yang menggunakan OS Windows Phone 8.

Oktober depan sistem operasi Windows Phone 8 siap diluncurkan. Bukan hanya untuk tablet, namun juga smartphone. Para vendor ponsel menyambut dengan agresif. Bagaimana persaingannya?

Unjuk gigi smartphone yang telah diinjeksikan Windows 8 sudah mengemuka di pameran consumer electronics IFA 2012 di Berlin, Jerman, yang berakhir awal September silam. Kategori ini semakin memanas setelah Nokia mengenalkan produk flagship Lumia 920 dan Lumia 820 di Espoo, Finlandia dan New York, Amerika Serikat, pekan lalu.

Kedua smartphone itu memiliki spesifikasi tinggi dan mengeksplorasi banyak fitur-fitur baru Windows 8. Mulai kamera PureView 8.7 MP, kemampuan charging nirkabel, prosesor Snapdragon milik Qualcomm, teknologi augmented reality baru, serta layar 4,5 inci yang besar dan cerah.

Adapun Windows Phone 8 jika dibandingkan dengan Windows Phone 7.5 punya banyak kelebihan. Yang paling kelihatan tentu saja tampilan antarmuka ”Metro style” yang semakin variatif. Ikon-ikon persegi itu kini hadir dalam tiga ukuran berbeda yang lebih mudah dikustomisasi.

Windows 8 juga mendukung handset dengan prosesor dual core atau lebih (multi-core), memungkinkannya bersaing dengan smartphone Android yang sudah mengusung quad-core.

Beberapa keunggulan lainnya antara lain dukungan layar lebih besar dengan resolusi 720p, memori eksternal, asisten suara seperti Siri (keluaran Apple) dan S Voice (milik Samsung), integrasi panggilan video Skype, peta digital yang dapat diakses offline, transaksi nirkabel Near Field Communication (NFC), hingga Internet Explorer 10 yang diklaim lebih smooth dan cepat.

Greg Sullivan, Microsoft Senior Marketing Manager untuk Windows Phone mengatakan bahwa Windows Phone 8 adalah penyempurna dari generasi Windows Phone sebelumnya. Sistem operasinya dirancang mampu mengkomodir spesifikasi hardware lebih tinggi, serta memiliki tampilan lebih intuitif dan fungsionalitas sangat berbeda.

Karena itulah, para vendor lebih antusias menyambutnya dibandingkan saat Windows Phone 7.5 (generasi penerus/transisi) dilucurkan. Samsung, yang mencuri perhatian IFA 2012 dengan memamerkan diversifikasi produk baru dari beragam segmen tak ketinggalan dengan lini produk Ativ.

Ativ adalah keluarga baru tablet, PC, dan smartphone Samsungyang ditenagai Windows Phone 8. Kata Ativ jika dibalik berarti Vita yang dalam bahasa latin bermakna ”hidup”. Nantinya akan ada Ativ Smart PC, Ativ Smart PC Pro, Ativ Tab, dan Ativ S. Ativ S, untuk smartphone, ditenagai prosesor dual-core 1.5GHz, layar Super AMOLED 4.8 inci, RAM 1 GB, dukungan microSDHC, kamera 8 MP, baterai 2.300 mAh, serta tebal hanya 8,7 mm.

”Kami menghadirkan portofolio Ativ dalam beragam perangkat, dengan Windows 8 atau Windows Phone 8, untuk menyasar konsumen dengan kebutuhan berbeda-beda,” tegas Seong Woo Nam, Executive VP IT Solutions Business Samsung Electronics.

Diam-diam HTC asal Taiwan juga siap dengan lini produk Windows Phone 8. Mereka sudah mengumumkan bahwa pada 19 September 2012 mendatang akan mengenalkan setidaknya tiga lini produk baru, yakni HTC 8X, 8S, dan 8V. Ketiganya menggunakan nomenklatur (tata nama) serupa dengan seri One untuk Android. HTC 8X adalah flagship (model terbaik) untuk Windows Phone.

Raksasa hardware asal China, Huawei dan ZTE juga tidak mau kalah. Meski belum memberikan pengumuman resmi, Huawei sudah memastikan ikut ambil bagian di Windows Phone 8 lewan keluarga Ascend. Sedangkan ZTE kabarnya akan mulai merilis smartphone Windows Phone 8 pada 2013 mendatang.

Satu-satunya vendor yang kemungkinan besar tidak ikut bersaing adalah LG. Karena kecilnya market share di kue pasar Windows Phone yang sebelumnya, mereka memutuskan untuk lebih berkonsentrasi di ponsel Android.

Bagi Microsoft sendiri, aliansi dengan raksasa seperti Nokia, Samsung, HTC, bahkan Huawei dan ZTE adalah kesempatan terbaik mereka untuk kembali bisa bersaing di segmen smartphone. Pangsa pasar Microsoft di pasar ponsel memang termarjinalisasi oleh iPhone serta ponsel yang menggunakan sistem operasi Android. Menurut survei IDC, kombinasi Android dan iOS mengakomodir 85 market share smartphone secara global.

Semua produk Windows 8, baik ponsel ataupun tablet, ataupun PC, rencananya akan diluncurkan pada 26 Oktober mendatang. ”Tahun ini adalah tahunnya Windows,” beber CEO Microsoft Steve Ballmer.

Sulit Menyusul

General Manager Samsung Inggris Damian Cusick menunjukkan varian Ativ S.

Mungkin satu-satunya hal yang dibutuhkan Windows Phone 8 sekarang adalah ini: waktu. Sistem operasi tersebut memang mendapatkan banyak pujian dari media dan pengamat. Namun, beberapa analis memprediksi bahwa sistem operasi Windows yang telah disempurnakan itu tidak akan merubah keadaan.

Pier Ferragu, analis dari firma riset Bernstein Research menyebut bahwa kecilnya penjualan ponsel yang ditenagai Windows Phone selama ini karena pasar sendiri kurang tertarik. Walau, fitur-fitur yang Windows Phone sendiri tak kalah menarik.

”Windows Phone adalah pendatang baru (platform ketiga) setelah Android dan iOS yang sudah matang di pasar. Pengguna smartphone umumnya sangat setia dengan kedua OS tersebut karena merasa familiar dan nyaman,” ujarnya kepada Forbes.

Nokia mengklaim telah menjual 4 juta unit Lumia (dengan Windows Phone 7) di Amerika pada kuartal pertama 2012. Angka tersebut terlihat kecil dibandingkan penjualan 26 juta unit iPhone pada momen yang sama. Penjualan itu juga tidak membantu menaikkan market share global Nokia yang mencapai 40 persen pada 2008, menjadi 29 persen di 2011.

Bahkan, sesaat seusai mengenalkan Lumia 920 dan 820 ke pasar, saham Nokia justru merosot, menyentuh level terendah sejak 1990an (turun 16 persen).

”Problemnya adalah ini: ketika dunia sudah sedang sibuk memproduksi edisi keempat, kelima, dan keenam dari handset mereka, Nokia baru mulai lagi dari chapter 1. Sehingga akan sangat sulit untuk bisa cepat menyusul,” ujar pengamat dari RBC Mark Sue.

Menurut laporan dari Strategy Analytics, Windows Phone saat ini hanya memiliki 3,7 persen dari market share smartphone global. Jo Harlow, executive vice president smart devices Nokia, mengandaikan jika market share Windows Phone global bisa menembus 10 persen pada akhir 2013, ia sudah sangat puas.

Tentang Windows Phone 8

  • Sebagai platform ketiga setelah Android dan iOS, Windows Phone 8 sebagai penyempurna hadir dengan sederet tantangan. Pengunjung yang hadir di peluncuran Nokia Lumia 920 dan 820 tidak melihat Lumia sebagai ancaman signifikan bagi iPhone.
  • Lalu, dapatkah sistem operasi tersebut mendongkrak market share smartphone global dari 3.7 persen menjadi 10 persen pada akhir 2013 mendatang? berikut beberapa fakta tentang Windows Phone 8:
  • Kehadiran Windows Phone 8 disebut sebagai evolusi, bukan revolusioner.
  • Konsumen menunjukkan sedikit ketertarikan pada Windows Phone, sejak versi 7 dan 7.5. +Maka yang harus dilakukan Microsoft dan para OEM adalah memenangkan hati konsumen untuk mau beralih.
  • Aplikasi Windows Phone hanya 100 ribu, sedangkan Android atau iPhone sudah mencapai beberapa kali lipat dari angka tersebut.
  • Posisi iOS dan Android terlalu kuat. Konsumen sudah berinvestasi di aplikasi dan konten, membuat mereka enggan untuk beralih ke sebuah platform yang sama sekali baru.
  • Windows Phone 8 memiliki kesamaan dengan Windows 8 untuk desktop dan tablet, memudahkan pengembang/developer untuk menulis aplikasi ke OS tersebut. Ini adalah harapan Microsoft untuk mendongkrak popularitas OS tersebut.
  • Magnus Jern, founder dan CEO Golden Gekko, developer untuk Windows Phone, yakin bahwa selama Windows Phone mencapai customer base yang cukup, maka OS ini akan cepat berkembang.
  • Pengembang yang sudah terlanjur fokus di iOS atau Android, bisa memilih alternatif HTML5, standar pemrograman web yang dapat bekerja di platform berbeda.
  • Nokia dan vendor Windows Phone lainnya dapat mencuri kesempatan dari menurunnya pangsa pasar BlackBerry milik RIM. Di Amerika, kemenangan Apple atas Samsung di pengadilan dapat mengerek popularitas Windows Phone 8.
Iklan