Booth Lazada di FKI 2012. foto dokumentasi Lazada.co.id
Sebagai konsumen yang sudah puluhan kali bertransaksi lewat online, saya memiliki beberapa kriteria tentang toko online yang menurut saya bisa sukses di masa depan. Nah, berikut beberapa diantaranya:

Varian Barang
Buat saya toko online harus mampu menyediakan barang yang tidak hanya menarik. Akan lebih baik jika barang tersebut membuat orang yang tadinya tidak tertarik, menjadi ingin membeli.

Toko online juga bisa mengambil tema atau klasifikasi tertentu. Misalnya barang unik, fokus ke fashion, bayi, atau malah benda-benda unik yang sulit didapat di toko offline.

Ada toko onlie yang punya premis: “barang kami adalah bergaransi resmi”. Yea right, itu bukan sesuatu yang harus dibanggakan. Tapi sudah jadi kewajiban dari pihak toko untuk menyediakan barang berkualitas. www.lazada.co.id sendiri bagi saya punya banyak koleksi barang yang menarik untuk dibeli.

Harga Barang
Ini penting untuk barang seperti gadget. Dengan membeli iPad atau Galaxy Note yang sedang diskon, pembeli akan semakin tertarik untuk berbelanja di toko online. Harga yang murah dari toko offline adalah daya tarik utama toko online.

Kemudahan transaksi
Apa yang dilakukan www.lazada.co.id ini bisa dicontoh. Transaksi COD membuat pengguna tertarik untuk mencoba karena tidak perlu membayar dulu. Metode pembayaran merkea juga lengkap, misalnya transfer BCA/Mandiri dan kartu kredit akan memberikan pilihan bagi mereka yang sudah biasa berbelanja online. Gratis ongkos kirim adalah faktor plus. Begitupun navigasi situs yang sangat memudahkan. Tinggal pilih barang, masukkan data, dan selesai.

Promosi
Cara paling efektif untuk mengajak pembeli terus berbelanja di toko online adalah dengan memberikan alasan bagi mereka untuk berbelanja. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat banyak promosi dan penawaran menarik bagi pembeli yang dikabarkan lewat newsletter/email. Bisa jadi pembeli yang tadinya tidak ingin berbelanja tertarik untuk membeli karena ada promosi tertentu. Hal ini juga penting untuk community building, mengikat pembeli dengan toko online.

Customer Service
Seperti yang saya sebut diatas, dukungan customer service sangat penting. Karena di belanja online pembeli tidak bertemu dengan penjual. Padahal, karakter masyarakat Indonesia dalam bertransaski adalah harus saling bertemu. Karenanya, CS menjadi garda depan dan tempat kepercayaan pembeli di pasrahkan dan dibangun.

Kecepatan Pengiriman
Sering saya berbelanja online jadi kesal karena barang yang tidak kunjung datang. Atau, datangnya terlambat dari yang dipastikan. Ini adalah hal yang paling tidak menyenangkan dari belanja online, bagi saya. Memang ini diluar kontrol toko online. Tapi, dengan pengiriman barang lebih cepat, dan tepat waktu, konsumen tentu akan semakin senang.

Garansi
Masih ada hubungan dengan pengiriman. Toko online seperti www.lazada.co.id memberikan garansi 30 hari untuk pengembalian produk jika produk yang diterima pengguna rusak. Ini jelas penting, membuat pengguna merasa aman.

Iklan