Lebih dari satu dekade layanan kartuHalo tidak berubah. Akhir pekan lalu Telkomsel menyegarkan produk paska bayar tersebut dengan memberikan lebih banyak benefit bagi penggunanya. ”Sekarang pelanggan kartuHalo kami manjakan,” tegas Head of Corporate Account Management Group Telkomsel Irlamsyah Syam di Jakarta, Jumat (29/6).

Irlamsyah menyebut ada tiga fitur kartuHalo yang benar-benar baru. Pertama menyangkut soal tarif layanan roaming internasional yang kini lebih terjangkau. Ini untuk menjawab keluhan pelanggan terhadap mahalnya tarif saat mereka berada di luar negeri. ”Sekarang kami memberi penawaran terbaik kepada mereka yang sering bepergian,” ungkap Irlamsyah.

Lebih dari 50 persen pengguna kartuHalo mengakses data lewat ponselnya. Sekarang mereka akan mendapat prioritas akses ke layanan data di jaringan High Speed Packet Access (HSPA) yang diklaim mencapai 7.2 Mbps. ”Kita akan menjamin pengguna kartuHalo akan mendapat kecepatan data yang stabil. Ketika jaringan penuh, mereka diutamakan,” jamin Head of Area Jabotabek Jabar Group Telkomsel Venusiana Papasi.

Fitur baru kedua terkait mobile entertaintment. Pelanggan mendapat lebih banyak fasilitas hiburan baik film dan video dengan mengakses *111#. Layanan tersebut di dukung oleh GrooviaLite milik TelkomVision.

Yang ketiga adalah potongan harga khusus paket bundling smartphone seperti iPhone, Samsung, hingga HTC yang jumlahnya mencapai Rp2,7 juta. Mereka juga mendapatkan berbagai program loyalty customer eksklusif. Seperti fasilitas airport lounge, valet parking, undian berhadiah Harley Davidson, hingga diskon tiket penerbangan.

300 Ribu Pelanggan Baru

Saat ini kartuHalo memiliki 2,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Sekitar 1 juta diantaranya berada di Telkomsel Area II Jabotabek Jabar. Meski hanya 2 persen dari total jumlah pelanggan Telkomsel, namun kontribusi pendapatan pengguna kartuHalo mencapai 10 persen. Ini karena average revenue per user (ARPU) pengguna kartuHalo rata-rata 6 kali lebih besar dibandingkan pengguna pra-bayar.

Head of Product Marketing Group Telkomsel Ririn Widaryani mengakui bahwa pertumbuhan kartu paskabayar cenderung lambat dibandingkan pra-bayar. Selain persyaratannya yang berlapis, menurut Ririn karena marketnya sendiri memang kecil.

”Total market pengguna paskabayar sama dengan kartu kredit yang memiliki pengguna unique hanya 6-7 orang. Market share Telkomsel sudah mencapai 53 persen dari total pengguna paskabayar di Indonesia,” ujarnya.

Hingga akhir tahun ini Telkomsel menargetkan penambahan 300.000 pengguna baru. Selain melalui ketiga fitur baru yang sudah disebutkan diatas, Telkomsel kini mempermudah pengguna dalam memilih paket paskabayar lewat HaloFit.

Pelanggan baru yang mengaktifkan Halofit dapat memilih paket mulai Rp80 ribu, Rp125 ribu, Rp250 ribu, Rp500 ribu, Rp1,5 juta, hingga Rp 3 juta per bulan. ”HaloFit dikemas sesuai sesuai kebutuhan pelanggan. Mereka bisa memilih sesuai topping,” kata Ririn.

Untuk itu, pendaftaran kartuHalo edisi terbaru semakin dipermudah. Head of Area Jabotabek Jabar Group Telkomsel Venusiana Papasi mengatakan selain mendaftar di GraPARI, pelanggan juga dapat melakukan registrasi online di http://www.telkomsel.com/halo, dan selanjutnya kartu akan dikirim ke alamat pelanggan. ”Proses aktivasi sim card kini dapat dilakukan dalam 60 menit,” ujar Venusiana.

Iklan