Apple Inc memperkuat persenjataan mereka dengan mengumumkan fitur baru iOS 6, desain MacBook Pro yang lebih seksi, serta OS X Mountain Lion yang siap meluncur dalam waktu dekat.

Apple Worldwide Developer’s Conference (WWDC) di San Francisco, Senin (11/6), sudah dinanti oleh para developer maupun konsumen. Karena di ajang itulah Apple biasa memberikan informasi terkait produk terbaru mereka, baik software maupun hardware.

Meski tidak ada produk baru yang mengejutkan, namun upgrade yang dilakukan Apple terhadap produk mereka langsung memberikan tamparan telak pada kompetitor mereka. Salah satunya Apple Maps yang mengancam layanan Google Maps.

Yang pasti akan Apple melakukan semua upaya untuk mempertahankan posisi incumbent mereka sebagai vendor dengan ”ekosistem terbaik”.

iOS 6 yang kemungkinan akan dirilis pada September mendatang adalah senjata utama Apple untuk memenangkan hati pengguna iPhone. VP iPhone Software Scott Forstall menyebut perubahan pada iOS 6 ”total dan menyeluruh”.

Fitur baru yang diandalkan adalah Apple Maps dengan fitur pemetaan 3D yang disebut ”3D Flyover”, navigasi turn by turn, serta informasi lalu lintas secara real-time.

Fitur Apple Maps baru dijamin membuat pengguna Apple akan meninggalkan Google Maps. Sehingga Tim Bajarin dari Creative Strategies berpendapat bahwa Apple seperti sedang menampar Google dengan telak.

Kecerdasan buatan pada asisten suara Siri yang baru berusia 8 bulan itu juga diperbaiki. Siri yang nantinya akan tersedia di iPad, makin pintar. Database-nya diinjeksikan berbagai informasi baru, khususnya tentang olah raga, restoran, dan film. Siri juga bisa menjadi penunjuk jalan saat penggunanya berkendara.

Yang menarik, Facebook kini menjadi aplikasi native (bawaan) di iOS 6. Dampaknya, ,elakukan update status atau berbagi foto jadi lebih mudah (bahkan bisa melalui Siri), pengguna juga dapat merekomendasikan aplikasi, begitupun sinkronisasi pada daftar kontak, kalender, serta App Store.

Sekali lagi, ini jadi tamparan kedua bagi Google karena akan semakin sulit bagi mereka untuk mendapatkan trafik Google Plus, jejaring sosial mereka yang memiliki 170 juta pengguna (Facebook memiliki 900 juta user).

Ada juga aplikasi bawaan lain yang disebut dengan Passbook, yakni semacam organizer yang berisi berbagai tiket elektronik. Misalnya tiket penerbangan, tiket nonton, ataupun kupon restoran. Passbook menyasar pembayaran elektronik dan mobile commerce yang beranjak populer di Amerika.

iOS6 bisa di-update di iPhone 3GS, iPhone 4 dan 4S, iPod touch generasi keempat, iPad 2 dan iPad baru. Meski, tidak semua fitur iOS6 akan berjalan di setiap handset. Analis Forrester Charles Golvin menyebut Apple sentuhan baru Apple di iOS 6 akan menyulitkan kompetitor.

Selain iOS 6, Apple juga mengumumkan lini produk baru MacBook Pro. Ukurannya jauh lebih ramping. Tebalnya hanya 1,7 cm dan beratnya dipangkas jadi 2 kg (sebelumnya 2,5 kg).

Bisa jadi ini siasat Apple untuk melawan maraknya segmen ultrabook. MacBook Pro baru juga memiliki teknologi retina display di layar 2880 x 1800 inci yang 4x lebih tajam dari layar MacBook Pro saat ini. Selain tidak memiliki drive DVD, MacBook Pro baru hanya menggunakan flash drive untuk penyimpanan serta slot thunderbolt dan USB 3.0. Sayangnya, MacBook Pro 15.4 inci dipasarkan dengan harga sangat mahal: mencapai USD2,199 atau Rp20 jutaan.

Apple juga mengumumkan upgrade terhadap fitur MacBook Air. Menurut Senior VP of worldwide marketing Phil Schiller, MacBook Air baru akan lebih murah Rp1 juta dibandingkan kompetitor.

Pembaruan ini menunjukkan bagaimana Apple berupaya agar strategi “ekosistem tertutup” mereka tetap terjaga. CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa saat ini konsumen telah mengunduh 30 miliar aplikasi dari total 650.000 aplikasi yang tersedia di Apple App Store, perpustakaan aplikasi terbaik di dunia.

Selain itu, Apple juga mengungkap ketersediaan sistem operasi Mac OS X 10.8 atau Mountain Lion mulai bulan depan seharga USD19,99.
Diklaim Mountain Lion memiliki 200 fitur baru. Integrasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Flickr, misalnya, jadi lebih baik. Ada pula aplikasi Messages baru yang menggantikan iChat, fitur iCloud, serta Game Center.

Namun para analis menyayangkan mengapa Apple tidak mengumumkan rencana pengembangan produk TV mereka, Apple TV, serta bocoran soal iPhone 5. Tampaknya pengguna harus lebih bersabar lagi.

Iklan