Peluncuran perdana Samsung Galaxy SIII mendapat sambutan meriah. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga beberapa negara Eropa. Smartphone dengan prosesor quad core ini berupaya mengejar sukses iPhone dan meneruskan saga keluarga smartphone Galaxy.

Ada alasan kuat mengapa Samsung Electronics ingin cepat-cepat melepas Galaxy SIII ke pasar. Mereka berharap produk flagship terbaru itu mendapat traksi di pasar sebelum iPhone terbaru diluncurkan. iPhone 5 yang menjadi penerus iPhone 4S itu bakal diluncurkan di kuartal ketiga 2012 mendatang.

Karena itu, sekaranglah saatnya Samsung jor-joran untuk mendorong penjualan Galaxy SIII di seluruh dunia.

Smartphone dengan kemampuan mendeteksi gerakan mata pengguna agar layar tidak redup saat dipakai itu mulai menyapa pasar Eropa dan Timur Tengah pada 28 Mei, Indonesia pada 2 Juni, dan Amerika pada dua pekan mendatang.

Respon terhadap Galaxy SIII ternyata tidak kalah dibandingkan iPhone. Di Berlin, 50 calon pembeli mengantre di toko elektronik Base untuk menjadi pembeli pertama Galaxy S3. Hal serupa juga terjadi di Frankfrut. Ada 100 orang mengantre di kawasan perbelanjaan The Zeil sebelum toko buka.

Menurut staf toko Steven Bart, 21, jumlah pengantre Galaxy S3 sebanding dengan peluncuran iPhone 4S. ”Kampanye yang dilakukan Samsung cukup efektif. Ada ratusan unit yang terjual dalam sehari,” katanya kepada Reuters.

Peluncuran Galaxy SIII di Indonesia juga tidak kalah heboh. Sekitar 700 konsumen menunggu sejak pukul 5 Sabtu (2/6) dini hari di Central Park, Jakarta. Smartphone tersebut juga dirilis serentak di 23 kota di Indonesia.

Product Marketing Senior Manager of Business Department PT Samsung Electronics Indonesia Fabian Kayatmo menilai respon konsumen terhadap Galaxy SIII cukup bagus. ”Banyak pembeli mengantre padahal kami tidak memberikan potongan harga khusus,” ujarnya saat dihubungi kemarin.

Samsung Galaxy SIII menandai era baru smartphone yang disebut superphone. Menggunakan sistem operasi Android terbaru Ice Cream Sandwich, penampang layarnya mencapai 4,8 inci atau terluas dari model smartphone yang ada saat ini. Terlihat sangat masif dibandingkan iPhone 4S yang hanya 3,5 inci.

Operator rekanan Samsung juga terlihat agresif untuk mempromosikan smartphone terbaru itu. Mulai Vodafone di Inggris hingga SingTel di Singapura. Namun di Indonesia Galaxy SIII tidak di-bundling eksklusif dengan operator tertentu. ”Kami bekerja sama dengan lima operator sekaligus,” ujar Fabian Kayatmo.

Axis, adalah salah satu operator yang memberikan bonus berupa layanan data gratis di setiap pembelian Galaxy SIII. ”Sejak peluncuran perdananya, Samsung Galaxy S III telah menarik minat konsumen di berbagai negara,” ujar Chief Marketing Officer Axis Daniel Horan melalui keterangan resminya.

Respon pasar yang positif ini membuat Galaxy SIII digadang-gadang bisa melebihi penjualan pendahulunya, Galaxy SII yang sudah tembus 20 juta unit di seluruh dunia. ”Kami optimistis hal itu dapat tercapai,” ujar Budi Janto, HHP Director of Samsung Electronics Indonesia.

Samsung mengenalkan model Galaxy pertama pada 2010 atau tiga tahun setelah iPhone menyapa pasar kali pertama. Keluarga Galaxy yang tersebar dari model low end hingga premium itu dimaksudkan untuk menghadang iPhone, Nokia maupun BlackBerry.

Strategi jitu itu terbukti sukses. Saat ini Samsung telah menggeser Nokia sebagai vendor ponsel terbesar di dunia. Pada periode Januari hingga Maret 2012 silam, Samsung telah menjual 44,5 juta unit smartphone atau 21 ribu unit per jam dan merampas market share smartphone global hingga 30,6 persen. Apple sendiri telah menjual 35,1 juta iPhone dengan perolehan market share 24,1 persen.

Francisco Jeronimo, analis dari IDC London berpendapat bahwa Galaxy SIII adalah penantang terkuat iPhone terbaru yang kabarnya akan memiliki layar lebih lebar itu. ”Inilah kandidat smartphone terlaris tahun ini. Meski, ujian sesungguhnya dimulai ketika iPhone terbaru diluncurkan nanti,” katanya.

Perjuangan meraih supremasi smartphone global memang penuh hiruk pikuk. Apple menuduh Samsung menjiplak produk iPhone. Sedangkan Samsung membalas dengan tuntutan Apple melanggar hak paten. Hingga kini proses pengadilan masih berlanjut.

Strategi lain yang diusung Samsung adalah membenahi struktur konten mereka. Salah satunya meluncurkan layanan musik pada Galaxy S3. ”Samsung dikenal dengan produk hardware yang bagus, tapi layanan konten kami kurang populer. Sekarang kami berupaya merubahnya,” ujar T.J. Kang, senior VP Media Solution Center Samsung Electronics.

Keuntungan divisi Samsung Mobile meningkat tiga kali lipat pada Januari-Maret 2012 menjadi USD3,6 miliar. Para analis menilai kampanye global Samsung untuk memasarkan Galaxy S3 akan meningkat beberapa juta dollar.

Di Amerika, Samsung baru akan meluncurkan Galaxy S3 pada pertengahan bulan. Namun, secara serentak dengan empat operator terbesar: yakni Verizon Wireless, AT&T Inc., Sprint Nextel Corp. and T-Mobile USA.

Iklan