Mungkin sekarang lah saatnya Anda harus beralih ke digital organizer, yakni beragam aplikasi di smartphone yang berfungsi untuk menyimpan, mencari, serta mencatat berbagai informasi yang Anda anggap penting.

Disaat penyebaran informasi di web ataupun sosial media saat ini sudah sangat ”bising”, pengguna dihadapkan pada jumlah informasi yang terlalu banyak. Karena itu mereka butuh sebuah aplikasi yang bisa dengan mudah melakukan kurasi, catatan, ataupun merekam informasi secara cepat.

”Yang terjadi saat ini adalah pengguna tidak bisa segera melakukan sesuatu ketika menemukan informasi yang mereka anggap menarik,” ujar Jeff Janer, co-founder dan Vice President Springpad melalui email kepada saya.

Disinilah, menurut Jeff, pentingnya kehadiran aplikasi digital organizer di smartphone atau tablet. ”Untuk bisa menyimpan, mengatur, serta menindaklanjuti informasi yang Anda anggap penting sesegera mungkin, juga mengaksesnya kembali kapan dan dimana saja,” ia menambahkan.

Bayangkan Anda ada di sebuah mal dan melihat sebuah tas cantik. Anda ingin membelinya di akhir bulan nanti. Yang Anda lakukan cukup catat harga dan mereknya, potret dengan kamera smartphone, beri sedikit kata dibawah foto: ”barang yang harus dibeli!”, lantas simpan filenya di aplikasi digital organizer yang ada di smartphone Anda.

Aplikasi digital organizer yang ada saat ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tapi, tujuannya hampir sama, menyimpan semua informasi dan konten yang Anda anggap penting secara cepat.

Springpad adalah salah satu perusahaan digital organizer yang baru saja membenahi layanan mereka. Pekan lalu mereka mendesain ulang fungsi dan tampilan aplikasi untuk iOS dan Android itu dan memberinya label baru: Springpad 3.0.

Springpad 3.0 tidak hanya berfungsi sebagai digital organizer. Fitur baru mereka mampu membuat informasi yang disimpan oleh pengguna dibagikan ke orang lain (lewat fitur sosial) atau mengembangkannya ke tingkat lanjut.

Misalnya saja Anda membuat catatan tentang ”menonton film The Raid”, maka Springpad 3.0 dapat memindai kata atau kalimat yang telah Anda tulis, memberikan rekomendasi terkait harga tiket, jadwal pemutaran film, dan lainnya.

Atau, Anda juga bisa membagi catatan sesederhana daftar belanjaan dengan pengguna Springpad 3.0 lain secara mudah. Saat ini Springpad memiliki 3 juta anggota dan diharapkan tahun ini jumlah penggunanya bisa berlipat ganda.

Aplikasi digital organizer lain yang tidak kalah fungsional adalah Evernote. Aplikasi yang ada hampir di semua platform smartphone ini memungkinkan Anda mencatat apa saja, mulai dari tulisan, foto, halaman web, serta audio. Evernote bahkan lebih fungsional dibandingkan buku catatan atau organizer tebal yang memakan ruang di tas Anda.

Hal-hal penting selama rapat, misalnya, bisa langsung dicatat. Jika ada produk atau materi presentasi yang harus diingat tinggal difoto lewat kamera smartphone. Sewaktu butuh, Anda tinggal membuka aplikasi Evernote dan mengakses semua konten yang sudah Anda catat.

Semua file yang Anda simpan di smartphone akan di-backup di server Evernote. Jadi, Anda bisa mengakses semua konten Anda yang telah tersimpan di Evernote baik lewat komputer, smartphone, ataupun tablet. Hebatnya lagi, Evernote bisa digunakan hampir di semua platform. Mulai dari Android, Symbian, Windows Phone, hingga iOS.

Aplikasi digital organizer lain yang lebih sederhana adalah Catch. Startup asal San Francisco ini menawarkan simplisitas untuk membuat catatan secara sederhana dan cepat. Seperti sebuah kertas kosong yang siap dicoret.

”Menggunakan Catch, Anda bisa membuat jurnal pribadi atau mencatat hal-hal penting lainnya. Anda juga bisa melakukan pencarian berdasarkan kronologis, prioritas, ataupun tagar,” papar Steve Brown, chief executive officer Catch.

Fitur terbaru Catch yang baru saja diluncurkan adalah teknologi near field communication (NFC). Sentuhkan dua ponsel NFC maka pengguna bisa saling berkolaborasi untuk membuat catatan di aplikasi Catch dalam waktu simultan.

Fitur itu disampaikan oleh Chief Technology Officer dan co-founder Catch Andreas Schobel. ”NFC akan merubah bagaimana orang berinteraksi menggunakan Catch,” katanya.

Adapun CEO Catch Steve Brown mengatakan bahwa layanan digital organizer membuat orang lebih mudah dalam mendokumentasikan hal-hal penting dalam kesehariannya. ”Dengan terbiasa mencatat jurnal seperti ini orang akan merasa hidupnya jauh lebih mudah dan berarti,” bebernya.

Sementara itu co-founder dan Vice President Springpad Jeff Janer berpendapat bahwa tren aplikasi digital organizer, terutama yang memiliki fitur sosial dan berbasis cloud, terus menunjukkan pertumbuhan. ”Pasar saat ini semakin dewasa. Dulu digital organizer hanya digunakan oleh early adopter. Tapi kini sudah menggapai pasar mainstream.

Ini memang wajar seiring semakin teredukasinya pengguna smartphone untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada handset mereka.
”Dua tahun lalu smartphone hanya digunakan untuk menelpon, ber-SMS, dan berinternet. Seiring posisi smartphone dan tablet sebagai media komputasi utama, kebutuhan untuk melakukan personalisasi data menjadi lazim,” ujarnya.

”Sebagai penyedia layanan cloud dan digital organizer, kami melihat peningkatan dramatis dan stabil terhadap pengguna layanan ini dalam dua tahun terakhir,” ia menambahkan.

Jadi memang sekaranglah saatnya Anda mulai mempensiunkan buku catatan tebal yang membuat tas berat dan penuh, lantas mulai memilih aplikasi digital organizer yang paling cocok di Google Play, Windows Marketplace, atau Apple App Store, untuk menggantikannya. Selamat mencari!

Mencatat di Cloud
Tidak ada salahnya membiasakan diri untuk ”mengelola” kehidupan Anda dengan lebih baik melalui aplikasi di smartphone ini. Toh tidak ada ruginya dicoba karena aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh secaragratis.

Baik Evernote, Catch, maupun Springpad memiliki fungsi yang kurang lebih sama, walau fitur dan tampilannya berbeda-beda. Maka, coba unduh di Google Play, Apple Store, BlackBerry App World, atau bahkan di web, dan coba mana yang paling cocok dengan Anda.

Evernote
Layanan ”digital organizer” terlengkap. Nyaris semua kegiatan bisa dilakukan. Mulai menyimpan halaman web, membuat catatan, daftar tugas, dan lainnya. Sudah dibekali fitur voice to text untuk Android 4.0. Khusus Android, dan memiliki tampilan Widget yang sangat menarik (badi Android).
Platform: Android, iOS, Windows, Web, BlackBerry, dan Windows Phone.

Catch
Memiliki fungsi serupa Evernote, tapi tampilan antarmuka Catch lebih simpel. Simplisitas UI ini yang jadi keunggulan. Pengguna bisa menulis cepat, serta mencari dengan cepat pula menggunakan tagar. Tidak banyak menu yang membuat pusing.
Platform: Android, iOS, dan Web.

Springpad
Dibentuk pada 2008 dengan tujuan sederhana: ”membantu penggunanya mengingat rencana dan kegiatan hari ini sehingga bisa mengambil keputusan dengan baik keesokan harinya”. Fungsinya sebagai personal organizer yang sophisticated. Tampilannya cantik, menu-menunya modern, dan fiturnya sangat lengkap. Fitur Springpad 3.0 seperti Evernote dan Pinterest digabungkan.
Platform: Android, iOS, dan Web.


Mengapa Menggunakan Digital Organizer
?
Sinkronisasi
Semua catatan penting, file, gambar, atau laman website yang ingin dibaca diwaktu senggang ada pada satu tempat dan bisa diakses di komputer, smartphone, atau tablet yang berbeda-beda.

Catat Hal Menarik
Catat, potret, atau rekam hal menarik yang Anda lihat online ataupun di kehidupan nyata. Foto, rekam suara Anda, dan simpan! Semudah itu.

Menyimpan Website Favorit
Website yang menarik bagi Anda bisa langsung disimpan di akun Evernote atau Catch secara penuh (teks, gambar, links). Lupakan metode bookmark yang ribet.

Memudahkan Riset
Anda bisa mengumpulkan berbagi informasi dan “meletakkannya” pada satu tempat. Dari teks, web, file, foto, dan lainnya.

Berbagi
Sebagian layanan sudah mendukung fitur sharing, untuk teman, keluarga dan lainnya.